Review Telkomsel Orbit: Internet Rumah Praktis

IN
Oleh inilahcom
Minggu 08 November 2020
share
 

KETIKA masyarakat kini dipaksa mampu beradaptasi dengan format bekerja, belajar, dan beribadah dengan mengandalkan koneksi internet akibat wabah COVID-19 yang melanda Indonesia.

Pengguna internet di Indonesia hingga 2019 diprediksi mencapai 175,4 juta dengan penetrasi mencapai 64 persen. Artinya, dari total 272,1 juta populasi Indonesia, 64 persen telah terkoneksi internet. Angka ini diprediksi kian meningkat seiring peningkatan internet yang masif saat harus bekerja, belajar, dan beribadah di rumah

Penyelenggara jaringan pun melakukan berbagai upaya agar kecepatan dan kapasitas internet dapat membantu aktivitas yang harus dilakukan di rumah saat wabah Covid-19. Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi seluler merilis Telkomsel Orbit sebuah layanan home wireless internet yang didukung dengan jaringan kuat 4G LTE dari Telkomsel.

Layanan ini didedikasikan untuk pengguna rumahan demi mendukung segala aktivitas online seperti WFH, sekolah dari rumah, dan untuk menikmati hiburan bareng keluarga.

Tim ototekno INILAHCOM memiliki kesempatan untuk menguji Telkomsel Orbit selama hampir satu bulan. Bagaimana hasilnya? Simak ulasannya dibawah ini.

Kelengkapan Perangkat

Di dalam dus, kami mendapatkan satu buah modem Orbit Star 2 milik Huawei B312, buku manual, power adaptor 12V, kartu perdana Telkomsel, dan kabel ethernet.

IMG20201107093109

Spesifikasi singkat untuk modem ini adalah sebagai berikut:

Konsumsi Daya: 12 Watt.
Wi-Fi: 802.11 b/g/n.
Bisa digunakan hingga 32 perangkat sekaligus.
Wireless Data Rate: Download Up to 150 Mbps & 50 Mbps Upload


Aktivasi dan Penggunaan

Proses pembelian dan aktivasi Telkomsel Orbit cukup modern. Semua proses bisa dilakukan melalui situs MyOrbit.id dan aplikasi MyOrbit. Anda tidak perlu memanggil teknisi karena aktivasi bisa dilakukan sendiri melalui aplikasi MyOrbit.

Bagi yang ingin membeli bisa mengunjungi situs MyOrbit dan mengecek kualitas jaringan Telkomsel Orbit di rumah Anda. Caranya dengan memilih menu Cek Jangkauan yang berada di situs tersebut.

Proses aktivasi Telkomsel Orbit ini cukup sederhana, kita hanya diminta mendownload aplikasi MyOrbit, login menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan ketika memesan modem hingga melakukan pendaftaran kartu menggunakan no KK dan KTP.

Pada paket ini, kami juga sudah mendapatkan gratis kuota Internet sebanyak 50 GB untuk pemakaian selama 30 Hari.

Bicara desain modem, Di bagian belakang perangkat ini memiliki satu buah port antena eksternal yang dapat pengguna manfaatkan untuk menambah gain sinyal. Selain itu, di bagian bawah kita dapat menemukan port adaptor, LAN, dan tombol reset.

IMG20201107093229

Beralih ke bagian depan, modem ini memiliki tampilan yang cantik dan dapat diletakan di mana pun. Terdapat juga lampu indikator seperti power, WLAN, dan sinyal.

Untuk instalasinya tidak akan memakan waktu lama seperti pemasangan kabel fiber yang membutuhkan waktu hampir seharian. Cukup 5-10 menit dengan hanya memasukkan kartu ke perangkat dan mencolokkan power adaptor ke stopkontak.

Setelah itu, pengguna tinggal menyetel modem tersebut seperti mengganti nama dan memberikan password melalui aplikasi MyOrbit.

Kecepatan jaringan yang dimiliki Telkomsel Orbit sangat stabil dan dapat diandalkan untuk segala aktivitas digital. Selain karena sinyal Telkomsel memang kuat di daerah penulis, modem yang digunakan pun juga sangat andal.


Uji jaringan telkomsel orbit

Secara teknis, Telkomsel Orbit mengandalkan menara base transceiver station (BTS) dengan frekuensi 4G. Saat ini, layanan Telkomsel Orbit menjangkau 50 kota di Indonesia dengan mengandalkan 11.000 BTS. Dari 219.000 BTS milik Telkomsel, sebanyak 160.000 BTS memiliki frekuensi 4G.

Oleh karena mengandalkan BTS yang ada, aspek pengecekan jangkauan menjadi krusial sebelum konsumen membeli layanan.

Wilayah pengujian kami sendiri berada di perumahan pondok indah kebayoran lama. Setelah aktivasi dan internet aktif, kami langsung melakukan pengetesan jaringan menggunakan Speedtest. Hasilnya ternyata sangat memuaskan. Walaupun, kadang kecepatannya naik turun dan ada putusnya. Namun, untuk streaming di YouTube dan download, kecepatanya sudah memadai kisaran 5-10MBps.

Photo-Grid-Plus-1604705036475

Kami juga menggunakan Speedtest pada beberapa kesempatan, malam, sore, dan ketika cuaca mendung dan hujan. Kecepatan download bisa mencapai 15Mbps dan upload 10Mbps. Menurut kami ini sudah cukup kencang untuk ukuran jaringan 4G. Kecepatannya menurut kami sudah cukup untuk memenuhi aktivitas WFH dan belajar dari rumah.

Photo-Grid-Plus-1604705132230

Dipakai untuk bermain game seperti Genshin Impact pun, jaringan Telkomsel Orbit masih bisa diandalkan dengan rata-rata ping 20ms-30ms.


Fitur lain

Pengguna sangat dimudahkan dalam segala urusan mengatur perangkat seperti merubah nama dan password wireless, pengaturan perangkat yang terhubung, website filtering, pengaturan akses tamu, dan melihat statistik pemakaian.

Photo-Grid-Plus-1604717755118

Photo-Grid-Plus-1604704901332

Yang paling kami sorot dari fitur-fitur diatas adalah pengaturan akses tamu. Kita bisa membuat username dan password untuk tamu sekaligus menyetel durasi pemakaiannya.


Harga Paket

Produk paket data My Orbit lah yang menurut kami amat menarik. Selama periode promo ini My Orbit menawarkan harga diskon 50% untuk seluruh paket data yang dijual. Padahal menurut kami, harga paket data My Orbit sebelum didiskon saja sudah cukup terjangkau.

Paket 30 GB didiskon menjadi Rp 65.000,- dari harga normal Rp 130.000,-. Paket 50 GB didiskon menjadi Rp 80.000,- dari harga normal Rp 165.000,-. Paket 100 GB didiskon menjadi Rp 130.000,- saja dari harga normal Rp 260.000,-. Semua kuota tersebut berlaku selama 24 jam dan berlaku di semua jaringan Telkomsel baik 4G, 3G, maupun 2G.

Sepanjang yang kami tahu sampai saat ini My Orbit merupakan produk yang paling kompetitif menawarkan paket data. Harga yang ditawarkan, apalagi dengan diskon besar selama periode tertentu belum tertandingi oleh paket yang ditawarkan oleh operator 4G/LTE lain yang menjangkau wilayah dimana penulis tinggal.

Kesimpulan

Pada akhirnya Telkomsel Orbit kami sangat rekomendasikan bagi pengguna yang ingin memiliki akses internet yang di mana lokasinya belum terjangkau layanan fiber optik. Produk internet berbasis jaringan 4G/LTE seperti ini bisa menjadi solusi. Mulai dari Instalasinya yang mudah, dan harga paket untuk berlangganan setiap bulannya pun tergolong murah, yakni mulai dari Rp65.000 (harga promo) untuk kuota 30 GB.

Layanan internet nirkabel untuk tempat tinggal ini kami nilai sangat strategis dalam perkembangan teknologi ke depan. Khususnya sebagai stimulus adopsi jaringan 5G.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA