Daftar Perangkat yang Mendukung macOS Big Sur

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 14 November 2020
share
 

INILAHCOM, Cupertino - Pengguna Mac akhirnya sudah bisa mengunduh macOS Big Sur. Hal ini sesuai dengan janji Apple dalam acara virtual bertajuk 'One More Thing' beberapa waktu lalu.

Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan MacBook Air dan MacBook Pro terbaru sekaligus memastikan tanggal peluncuran sistem operasi macOS Big Sur.

macOS Big Sur menjadi sistem operasi pertama yang berjalan di ekosistem Mac dengan 'otak' berbasis ARM.

Sekilas, antarmuka macOS Big Sur mirip dengan tampilan iOS dan iPadOS. Sistem operasi anyar ini juga kompatibel dengan perangkat MacBook Pro, MacBook Air, dan Mac mini yang diotaki chip M1 berbasis ARM.

Apple pun mengatakan telah mengoptimalkan macOS Big Sur agar bisa berjalan maksimal di perangkat dengan chipset berbasis ARM.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kemampuan menjalankan aplikasi berbasis iOS dan iPadOS. Kemampuan tersebut sebelumnya tidak ditemukan komputer Mac dengan chip Intel.

Namun, perlu diingat, tidak semua komputer Mac yang saat ini berjalan dengan sistem operasi macOS Catalina bisa upgrade ke macOS Big Sur. Seperti MacBook Air 2012 dan sebelumnya, MacBook Pro yang rilis pertengahan tahun 2013 hingga awal 2013, Mac Mini 2013 ke bawah, serta iMac 2013 ke bawah.

Untuk memastikan apakah perangkat Anda kompatibel dengan macOS Big Sur atau tidak ikuti langkah yang ada di situs resmi Apple berikut.

Adapun perangkat yang kompatibel dengan Big Sur adalah sebagai berikut:

- MacBook 2015 ke atas
- MacBook Air 2013 ke atas
- MacBook Pro akhir 2013 ke atas
- Mac mini 2014 ke atas
- iMac 2014 ke atas
- iMac Pro 2017 ke atas
- Mac Pro 2013 ke atas.

Fitur

Dibanding macOS Catalina, macOS Big Sur membawa perubahan yang cukup signifikan. Pada desain ikon misalnya, kini berbentuk persegi dengan sudut membulat dengan sedikit bayangan yang mengesankan bentuk 3D.

Ada pula fitur widget yang diperkenalkan di iOS dan iPadOS juga akan muncul di layar Mac. Widget ini akan memuat beberapa informasi harian seperti cuaca, waktu, kalender, dan sebagainya.

Selain itu, Apple juga melengkapi aplikasi Messages dengan stiker emoji baru serta pesan yang bisa disematkan dan dihubungkan ke antar perangkat.

Fitur Maps juga mendapat peningkatan, seperti dukungan peta di dalam ruangan, panduan perjalanan, hingga lokasi favorit yang sering dikunjungi.

Apple juga meningkatkan peramban Safari yang kini turut dibekali fitur baru yang bisa memantau kata sandi (password) yang disimpan oleh pengguna. Ada juga fitur Privacy Report utnuk mengetahui data apa saja yang diambil oleh situs yang dikunjungi.

Fitur Control Center juga diperbarui. Kini, Control Center bisa ditampilkan dengan menekan tombol dropdown yang terletak di sisi kanan atas layar. Di sini, pengguna bisa mengatur volume, tingkat kecerahan, dan koneksivitas (bluetooth, WiFi, dll).

Untuk mengunduh pembaruan ini, pengguna bisa mengunjungi halaman Software Update pada komputer Mac dengan meng-klik ikon Apple > System Preferences > Software Update.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA