Laporan Canalys

Q3 2020, Penjualan Realme Terus Naik di Indonesia

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 14 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Laporan pasar smartphone dunia untuk kuartal kedua 2020 mulai keluar. Lembaga riset Canalys merilis daftar vendor smartphone teratas di Indonesia pada periode Juli hingga September 2020.

Pada laporan terbaru Canalys, OPPO tetap berada di posisi teratas. Sementara Realme meningkatkan penjualannya sebesar 15%, sementara saudara satu perusahaan Vivo juga tumbuh secara signifikan.

Baik Xiaomi maupun Samsung sama-sama mengalami penurunan pengapalan yang signifikan dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Xiaomi turun 27 persen, sedangkan Samsung 34 persen keduanya mengalami penurunan penjualan dan pangsa pasar cukup drastis.


pasar-ponsel-q3-2020-indonesia-versi-canalyst-1

Yang menjadi sorotan Realme vendor paling baru masih konsisten berada di posisi kelima vendor HP dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia namun menariknya punya pangsa pasar realme terus tumbuh sebesar 14 persen, dengan peningkatan pengapalan sebesar 15 persen dari tahun ke tahun.

Meski masih tergolong sebagai "pemain baru" di industri smartphone, Vendor yang identik dengan warna kuning itu cukup agresif di pasar ponsel Indonesia

Sejak awal 2020 hingga sekarang, Realme telah meluncurkan setidaknya sepuluh model smartphone dari beragam segmen. Selain smartphone, Realme juga telah merilis produk aksesori pendukung yang dikategorikan sebagai ekosistem AIoT (Artificial Intelligence-of-Things). Ekosistem AIoT sendiri merupakan "mainan" baru bagi perusahaan asal China tersebut.

Kiprah Realme yang cemerlang di pasaran tak pelak mengusik pabrikan lain, terutama para vendor yang mengincar segmen harga serupa, dan juga banyak mengandalkan jalur pemasaran online.

Strategi Realme sendiri dipandang efektif karena didukung produk berharga lebih murah dan desain menarik. Realme bahkan mengklaim selama masa pandemi, pengguna ponselnya naik 40 persen menjadi 35 juta pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia, penggunanya tumbuh mendekati angka 6 juta pengguna.

Untuk memaksimalkan akhir tahun 2020, realme juga telah meluncurkan beragam strategi. Salah satunya dengan meluncurkan realme 7 series yang digadang akan memainkan peran penting pencapaian target sebagai tiga besar di pasar Indonesia.

Di sisi lain, Realme juga telah menggunakan strategi "dua kaki" dengan merilis ponsel dan perangkat AIoT sekaligus untuk pasar Indonesia. Realme merilis suksesor Realme Narzo 20 series serta perangkat jam tangan pintar,kamera pengawas, tws hingga sikat gigi Seluruh produk tersebut diklaim membawa trend setting technology dan trendsetting design di kelasnya dengan harga terbaik.

"Peluncuran Leap to Next Gen adalah komitmen tertinggi kami untuk memberikan pengalaman bagi setiap anak muda Indonesia, agar mereka dapat menikmati gaya hidup baru yang pintar dengan trendsetting technology, membuat mereka lebih keren dengan teknologi smartphone yang trendi dan produk AIoT dari realme." kata Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi, pada peluncurannya beberapa waktu lalu.

Alhasil strategi tersebut terbukti berhasil dengan pencapaian rekor sebagai No. 1 Best Selling Smartphone pada program 11.11 Salebration. Tidak hanya pencapaian untuk produk smartphone, setiap produk AIoT Leap to Next Gen yang dihadirkan realme di 11.11 Salebration juga mencatatkan rekornya tersendiri.

realme-narzo-20-Series-achievement

Realme Narzo 20 Series misalnya, smartphone yang sengaja dirancang sebagai smartphone gaming berhasil memikat hati pelanggan pada program 11.11 Salebration.

Realme Narzo 20 Series berhasil menjadi the real champion smartphone dimana 35.000 unit Realme Narzo 20 Series terjual habis di Shopee, Lazada, Akulaku, dan realme.com. Khusus versi Pro sendiri menjadi No. 1 Best Selling New Smartphone di segmen harga Rp 3 Jutaan pada program 11.11 di Lazada.

Terakhir selain strategi produk, realme juga terus menambah jaringan distribusi dan layanan purna jual mereka secara omni. Mulai dari memperkuat toko daring, hingga menambah jaringan official store di berbagai kota.

"Kami melihat, ketika kami berhasil menawarkan kualitas produk dan layanan purna jual yang baik, maka konsumen akan membantu brand ini. Mereka akan mencintai dan merekomendasikan realme," tutup Palson Yi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA