Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Nyaman

IN
Oleh inilahcom
Jumat 20 November 2020
share
 

MERAWAT mobil tidak hanya membersihkan bagian luar saja, karena bagian kabin juga perlu diperhatikan agar tetap nyaman. Tentunya dengan membersihkan kabin juga mencegah kuman penyakit bersarang.

Namun berbeda dengan eksterior mobil, bagian kabin atau interior ini terdiri dari berbagai material dan juga sudut-sudut yang sulit dijangkau. Di lokasi yang tidak terlihat dan sulit dijangkau itulah banyak kotoran atau debu yang tersimpan.

Sebenarnya cara membersihkan kabin mobil cukup mudah, hanya saja memang butuh ketelitian dan juga kesabaran. Alat untuk membersihkannya juga mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk material yang terbuat dari kain atau fabric, dapat dibersihkan menggunakan penyedot debu dan juga sikat yang halus. Bisa juga menggunakan cairan khusus yang biasanya dijual bebas. Tapi ingat, untuk bagian yang dilapis kulit harus menggunakan cairan khusus yang berbeda.

Bagian dasbor dan panel yang biasanya terbuat dari material plastik juga sebaiknya dibersihkan dengan lap dan cairan pembersih. Gunakan kain microfiber agar tidak membuat baret atau lecet pada bagian dasbor tersebut. Untuk meraih ke sudut-sudut yang sempit sebaiknya gunakan sikat gigi atau kuas.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian karpet dan juga di bawah jok. Di sini biasanya area yang banyak debu dan kotoran, namun jarang dibersihkan karena tidak terlihat.

Kalau semuanya sudah bersih, tinggal membuat kabin mobil menjadi wangi dan segar kembali.

Jika Anda jarang membersihkan kabin, biasanya akan timbul bau tidak sedap. Untuk menjaga aroma kabin adalah menggunakan pembersih khusus yang dapat menghilangkan bakteri dan juga jamur di dalam kabin.

Bagi pemilik mobil Mitsubishi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyediakan perawatan khusus untuk ini. Ada dua jenis, yaitu Evaporator Cleaner dan Antibacterial Air Freshner.

Evaporator Cleaner digunakan untuk membersihkan bagian evaporator kendaraan sehingga dapat menjaga kebersihan udara yang keluar dari Air Conditioner (AC).

Sedangkan Antibacterial Air Freshner digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin, sekaligus mencegah bakteri dan jamur serta menjaga interior mobil tetap bersih dengan kualitas udara yang lebih sehat.

Semua perawatan kabin ini sudah tersedia di diler resmi Mitsubishi di Indonesia.

Demi kenyamanan Anda dan keluarga, MMKSI menyarankan jika sebaiknya perawatan menyeluruh pada kabin mobil ini dilakukan secara rutin setiap enam bulan sekali.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA