Review Samsung Galaxy Tab A7: Tabletnya Keluarga

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Selasa 24 November 2020
share
(inilahcom)

PERMAINAN Samsung dalam dunia tablet semakin matang ketika mengeluarkan Samsung Galaxy Tab di Jerman pada 2010. Sejak itu, Samsung secara teratur merilis puluhan seri tablet baru dengan fitur-fitur yang semakin canggih.

Baru-baru ini, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan seri tablet terbarunya, Samsung Galaxy Tab A7 di Jakarta pada Oktober lalu. Produk ini diklaim cocok untuk digunakan dalam pekerjaan sekaligus hiburan terlebih gawai semacam ini ternyata banyak dicari selama masa pembatasan sosial terkait COVID-19.

Lalu apakah benar klaim tersebut? untuk itu tim INILAHCOM telah mengujinya dalam sepekan. Berikut ulasannya


Desain

Galaxy Tab A7 tampil dengan bahasa desain yang ramping dengan cangkang logam di bagian belakang. Bobotnya 477gr masih terbilang sangat ringan dan mudah dibawa-bawa dengan mudah.

IMG20201116073105


Model Dark Grey terlihat cantik di bawah sinar matahari. Selain itu, ia juga hadir dalam dua warna- Emas dan Perak.
Di bagian depan, ia menampilkan layar WUXGA + 10,4 inci (2000x1200p) dengan bezel seragam dan memiliki rasio layar ke bodi 80%. Layarnya memiliki teknologi LCD berbasis TFT (Thin-Film-transistor).

IMG20201116073333

Meskipun agak membosankan dibandingkan dengan teknologi Tab S7 yang sudah berbasis layar LTPS (Low-Temperature Polycrystalline Silicon) ultra-premium, layar Tab A7 benar-benar bagus untuk kisaran harganya.

IMG20201116072909

Tablet ini memiliki suara stereo dengan quad speaker, masing-masing dua di sisi berlawanan dalam mode lansekap. Klaim Samsung tentang perangkat ini memberikan pengalaman sinematik yang imersif. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan port jack audio 3.5mm, yang menjadi fitur langka belakangan ini.

IMG20201110070653

Kami sangat senang menonton video streaming semisal Netflix dan Youtube dan ukuran layar Tab A7 yang cukup lega sangat cocok untuk berlama-lama membaca e-book.


Kamera

Fungsi Kamera pada galaxy tab mungkin sejatinya bukan untuk mereka yang suka fotografi mobile namun kami lebih menyarankan untuk dijadikan sebagai alat penterjemah,mengambil jepretan halaman buku teks atau dokumen apa pun untuk mengubahnya menjadi PDF atau dokumen kata lalu untuk mengkopi teks dari gambar dan melakuan pencarian karena kamera utama 8MP di belakang dan kamera 5MP mungkin terasa agak kurang mumpuni.

IMG20201116072836

Tapi jika diperuntukkan hanya untuk semacam panggilan Zoom atau google duo dengan kamera depan berjalan lancar. saja, bahkan lebih baik dibanding kamera laptop kelas menengah.

IMG-20201119-082205

Tidak seperti tablet lain yang hadir dengan kamera dalam mode potret, Samsung juga telah memasukkan kamera depan 5MP di tengah dalam mode lanskap, menawarkan sudut tampilan lebar sehingga pengguna dapat menggunakan dudukan untuk menghadiri kelas online selama berjam-jam.

Kamera belakang tergolong biasa namun sudah memiliki fitur live focus, timelapse, mode makanan hingga hyperlapse.
Selain itu, tablet ini dapat merekam full HD (1920 x 1080) pada 30fps dan berguna untuk panggilan video resolusi tinggi.


Performa

Samsung Galaxy Tab A7 menjalankan Android 10 berbasis One UI 2.5 yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 662 octa-core (2.0GHz x 4 core + 1.8GHz x 4 core) dengan RAM 3GB, dan penyimpanan 32GB (diperluas hingga 1TB).

Galaxy Tab A7 melakukan pekerjaan dengan baik dalam melakukan semua tugas sehari-hari dengan lancar. Paling cocok untuk konsumsi video dan menghadiri kelas online. Apalagi jika ditambah aksesoris lain seperti keyboard, yang berguna untuk menulis dokumen atau mengerjakan proyek sekolah sederhana.

IMG20201110070510

Dengan 7040mAh, ini bisa bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal. Tapi, jika Anda menggunakan data seluler 4G melalui SIM, pasti akan lebih cepat habis.

Kami menyarankan pelanggan menggunakan media di Galaxy Tab A7 atau tablet apa pun di Wi-Fi untuk menonton video lebih lama. Satu kekurangan yang sedikit menganggu dengan tablet ini adalah dibutuhkan waktu hampir empat jam untuk mengisi penuh dari nol hingga 100% baterai.

Spesifikasi

spek-galaxy-tab-a7


Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Tab A7 adalah tablet Android yang andal untuk harganya. Tablet Samsung menawarkan masa pakai baterai yang lama dan yang terpenting, tampilannya cukup bagus untuk menonton konten multi media selama berjam-jam.

Tablet ini kami rekomendasikan bagi anda yang sedang mencari tablet kelas menengah untuk anak-anak untuk menghadiri kelas online dan juga membaca e-book.

Bagi orang dewasa dengannya dapat bersenang-senang menonton film di platform streaming multi-media, menjelajahi internet, dan berbelanja di aplikasi e-commerce.

Galaxy Tab A7 telah tersedia di Indonesia dalam warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA