Startup Berbasis VR Primeskills Resmi Meluncur

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 28 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Startup berbasis Virtual Reality (VR) di bawah perusahaan modal ventura UMG IdeaLab, Primeskills, resmi meluncur dalam acara Hari Ritel Nasional 2020 yang digelar oleh Kementerian Perdagangan.

Dibuka oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam acara luring dan daring di Jakarta, Rabu (25/11/2020), Primeskills hadir sebagai penyedia solusi teknologi berbasis VR untuk booth digital yang dapat diakses di https://hariritelnasional.com/exhibition/index.htm.

Meski pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap ekonomi Indonesia secara makro, Menteri Agus menyampaikan kontribusi bisnis ritel bagi pertumbuhan ekonomi tetap tinggi pada kuartal ketiga (Q3) 2020.

"Jika melihat sumbangsihnya bagi produk domestik bruto pada triwulan ketiga 2020, kontribusi ritel dari sisi perdagangan tercatat sebesar 12,83 persen dan dari sisi konsumsi 57,31 persen," jelas Menteri Agus di sesi webinar yang digelar oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Menyadari hal ini, menurut Mendag, pemerintah terus berupaya memastikan kinerja bisnis ritel tetap tumbuh di tengah pandemi ini melalui pemberian stimulus ekonomi untuk sektor ritel nasional.

"Kehadiran Primeskills, bersama partner kami VirtuInc.id di event Hari Ritel Nasional pertama di Indonesia ini dapat membawa UMKM Indonesia menuju industri 4.0 yang kedepannya diharapkan akan menjadi tulang punggung teknologi yang membantu ekonomi nasional," kata William Irawan, CEO Primeskills.

Managing Partner dan co-founder UMG IdeaLab, Kiwi Aliwarga, menekankan pentingnya integrasi teknologi berbasis VR dengan aktivitas para pelaku ritel nasional untuk meningkatkan ekonomi Indonesia pada 2021.

"Kehadiran pemain teknologi berbasis industri 4.0 melalui berbagai startup akan berperan penting untuk membantu industri ritel nasional melalui sinergi dan kolaborasi kedepannya," ujar Kiwi dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Menurut Menteri Agus, sektor perdagangan selalu berkontribusi lebih dari 10 persen terhadap PDB, sedangkan konsumsi selalu memberikan kontribusi lebih dari 50 persen terhadap PDB.

Dia juga menekankan pentingnya transformasi digital di sektor ritel mengingat perilaku belanja daring masyarakat Indonesia yang meningkat bersama dengan kemajuan teknologi digital di Indonesia.

"Niaga elektronik yang menjadi salah satu strategi penanganan Covid-19 dapat dimaanfaatkan untuk menjaga kinerja dan mengembangkan bisnis di sektor retail," ucap Menteri Agus.

Beroperasi di Indonesia sejak 2016 sebagai perusahaan modal ventura (Corporate Venture Capital/CVC), UMG Idealab telah berinvestasi ke dalam enam perusahaan startup pada tahun 2020, termasuk tiga startup yang bergerak di industri teknologi, satu startup UKM dan dua lainnya untuk venture builders.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA