Siap-siap, Harbolnas 12.12 Tebar Banyak Diskon

IN
Oleh inilahcom
Kamis 03 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) menilai hari belanja nasional (harbolnas) 12.12 pada tahun ini memiliki skema yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Arshi Adini, Executive Director idEA mengatakan bahwa terdapat optimisme pada festival belanja di tanggal kembar (double days) di tahun ini lantaran pandemi Covid-19 yang menjadi katalisator untuk meningkatkan transaksi harian.

"Bisa dikatakan dengan festival 12.12 memberikan kenaikan transaksi yang signifikan pada pelaku usaha, karena dengan program tersebut masyarakat diarahkan untuk membeli barang lebih banyak dan cepat, dengan insentif yang diberikan melalui promosi dan strategi tiap pelaku [seperti diskon]," katanya melalui agenda virtual, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa festival belanja di tanggal kembar sejak 2012 telah terbukti meningkatkan transaksi daring hingga 200 persen. Adapun pada 2019 terdapat peningkatan transaksi penjualan perhari meningkat hingga 32 persen dibandingkan 2018 dengan total Rp9,1 triliun.

"Untuk peserta pun terus meningkat, di mana pada 2015 hingga 2019 terus meningkat dari 142 peserta hingga 253 peserta. Covid-19 juga mengubah perilaku konsumen, baik dari sisi melonjaknya minat konsumen, pertumbuhan pengguna baru, dan lebih banyak penjual daring," katanya.

Dia pun mengatakan bahwa pada pasca pandemi diprediksi ada 25 persen kenaikan di total transaksi, 100 persen kenaikan di barang barang kebutuhan primer, dan 60,34 persen kenaikan penjualan barang-barang kesehatan.

Sepakat, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti pun mengatakan bahwa momentum tanggal kembar memberikan dampak yang signifikan pada penjualan, karena menyasar berbagai kalangan.

"Dari anak muda saja, yang saat ini modis atau modal diskon, sehingga tidak hanya orang tua saja, tetapi anak muda turut berburu diskon, harbolnas juga mendukung perekonomian Indonesia, karena mendongkrak pembelian produk buatan Indonesia," katanya.

Adapun, dia menyebutkan bahwa pada 2019 penjualan produk lokal di harbolnas mencatatkan 51 persen dari total penjualan sehingga dia optimis bahwa harbolnas juga memberikan implikasi pada pertumbuhan wirausaha ke depan.

"Pada 2019 produk fesyen, kosmetik, dan travel menjadi kategori paling diminati, tetapi tahun ini prediksi kami beralih ke produk kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan konsumen di Indonesia berada di rumah sehingga pola konsumsinya juga akan beralih," kata Yuana.

Harbolnas 2020 akan dibagi menjadi dua hari penyelenggaraan. Pada 11 Desember, konsumen bisa berbelanja khusus produk lokal saja. Yuk bangga buatan Indonesia! Sementara puncak perayaannya adalah pada 12 Desember 2020. Pada hari kedua ini, konsumen bisa membeli aneka produk baik lokal, maupun umum.

Konsumen bisa mengecek merek-merek apa saja yang menebar promo selama gelaran harbolnas 2020 di www.harbolnas.idea.or.id. Klik banner-nya, Anda akan langsung diarahkan ke laman promosi merek tersebut.

Selain taburan promo, akan ada live giveaway dari beberapa marketplace yang menjadi peserta Harbolnas kali ini. Setiap hari akan ada live giveaway pada pukul 09:00, 12:00, 16:00, dan 19:00 WIB. Jadi, rajin-rajin deh buka website Harbolnas ya! Semua info ada di sana.

Yang menarik pada Desember 2020, juga akan digelar Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16- 31 Desember 2020. Acara FDN ini khusus diperuntukkan bagi pedagang dan konsumen produk lokal saja. Acara ini merupakan salah satu dukungan Kementerian BUMN untuk produk lokal yang juga bagian dari Gerakan Nasiona Bangga Buatan Indonesia.

Di beragam acara selama Desember 2020 menyimpan asa bahwa roda perekonomian Indonesia akan terdorong maju. Aneka dukungan promo ini diharapkan akan dapat mendorong peningkatan transaksi para peserta Harbolnas 2020 yang Sebagian besar adalah UMKM Indonesia. Selain itu juga memberi dorongan pada daya beli masyarakat karena tidak perlu membayar mahal untuk produk kebutuhan incarannya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA