Review Honor GS Pro: Rekan Sehat untuk Bertualang

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 09 Desember 2020
share
(inilahcom)

SAAT pandemi COVID-19 seperti saat ini, posisi arloji pintar atau biasa disebut smartwatch tampaknya semakin terlihat di tengah masyarakat. Hal tersebut dinilai karena kemunculan tren di masyarakat untuk berolahraga baik di dalam rumah maupun bersepeda.

Bahkan, peneliti menemukan metode untuk mendeteksi tanda-tanda infeksi dari data kesehatan smartwatch. Para produsen gawai ini pun terus memperkenalkan produk barunya.

Terakhir, salah satu pemain ponsel pintar, Honor, mulai menjual smartwatch terbarunya, Honor GS Pro, di Indonesia pada Rabu (9/12/2020).

Kali ini, redaksi INILAHCOM kebetulan sudah lebih dulu kedatangan produk review Honor GS Pro dan menjajalnya selama kurang lebih sebulan. Penasaran dengan ulasan produk yang kabarnya ditargetkan untuk menyasar pengguna muda ini? Simak ulasannya!.

Desain

Mari kita mulai dari bodinya berwarna hitam berukuran 48mm, menggunakan material aluminium. Bukan plastik, jadi terlihat kokoh dan sangat premium. Tak perlu khawatir jadi berat, karena bobotnya relatif ringan di 45 gram dengan ketebalannya yang hanya sekitar 15mm.

IMG20201029091146

Tali pengikatnya cukup panjang dengan bahan terbuat dari fluororubber, yang menurut kami halus dan nyaman dipakai, dan tidak begitu mengiritasi kulit.

IMG20201029092303

Talinya memiki banyak lubang, yang memberi Anda ruang untuk mencocokkan seberapa ketat atau longgar yang pengguna inginkan dari jam tangan dan memastikan jam tangan sesuai dengan sebagian besar ukuran pergelangan tangan, dan juga membuat tali jam sedikit nyaman untuk bernapas.

IMG-20201031-100153

Saat kami pakai Honor Watch GS Pro terlihat pas dengan ukuran penulis yang cukup besar, meski begitu untuk beberapa orang dengan pergelangan tangan yang lebih kecil khususnya kaum wanita mungkin menganggap jam tangan itu terlalu besar untuk mereka.

Ketika diikat ke pergelangan tangan kami, itu cukup menonjol, yang tidak mengenakkan kadang-kadang kami tersenggol meja atau furnitur lain meski tidak perlu khawatir karena GS Pro telah lulus uji IL-STD-810G tingkat militer, tahan air hingga 50 meter, dan memiliki bezel baja tahan karat - tidak mengherankan jika terasa kokoh dan terlindungi dengan baik dari berbagai elemen.

Untuk sesuaikan dengan strap maupun pakaian, tersedia total 103 watch face yang bisa dipilih dari aplikasi Huawei health. Kita juga bebas untuk membuat watchface personal dengan gambar dari galeri.

Layar

Secara dimensi bentang layar, Nonor Watch GS Pro punya diameter 1, 3 inci dengan pane layar AMOLED ditambah resolusinya yang cukup tinggi di 454 x 454 piksel dan bisa menyala dengan maksimal 800 nits membuatnya dapat melihat konten yang ditampilkan cukup mudah dan jelas walau berada di bawah terik matahari sekalipun.

Layar sentuhnya pun mudah digunakan dan intuitif, dan kami jarang mengalami masalah dengan sentuhan tidak merespon.

IMG-20201031-130049

Layar tersebut dapat dioperasikan lewat gestur sentuh, dan dibantu oleh dua tombol yang ada di sebelah kanan.

Saturasi warna serta tingkat kontrasnya juga cukup baik. Ditambah dengan adanya fitur auto, kita tak perlu mengatur kecerahan layar secara manual. Akurasinya pun selalu pas, sesuai kondisi cahaya.

Fitur

Fitur yang dimiliki Honor Watch GS Pro ini seperti yang kami sebutkan di atas cukup komplit. Honor Watch GS Pro dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pelacak detak jantung dan olah raga.

IMG-20201031-110724

Terdapat hingga 100 jenis pilihan olah raga, dari mulai yang umum seperti lari, bersepeda, renang, triathlon, elliptical, rower, mendaki, hingga badminton, bela diri, dance,HIIT, yoga, dan olahraga lainnya.

Karena mendukung mode renang, Honor Watch GS Pro secara otomatis sudah tahan air hingga 50 meter (5ATM).

Dalam fitur Running Courses, jam tangan pintar ini akan memberikan paket olah raga lari dengan berbagai tujuan, misalnya bakar lemak atau MAF 180. Saat berolah raga, Honor Watch GS Pro akan menampilkan berbagai data seperti jumlah kalori terbakar, detak jantung, VO2 Max dan lainnya.

Kerennya lagi tidak seperti jam tangan lainnya, GS Pro sudah memiliki GPS internal, jadi kita tidak perlu memiliki ponsel yang dipasangkan dengan Bluetooth terus menerus untuk mendapatkan data lokasi yang akurat.

IMG20201031113541

Smartwach ini juga telah memiliki Built-In Speaker + Mic, sehingga tidak hanya dapat memainkan musik Anda dapat juga menerima dan membuat panggilan telfon langsung dari jam.


Photo-Grid-Plus-1607406729840


Selain terdapat fitur notifikasi dan fitur wajib dalam sebuah smartwatch tidak terkecuali dalam Honor Watch GS Pro terdapat fitur menarik lainnya, seperti dukungan aplikasi pihak ketiga, Find My Phone, Weather, Barometer, Compass, Stopwatch dan lainnya, termasuk juga disediakan banyaknya pilihan watchface full color yang ditampilkan di layar sentuh AMOLED.

Performa

Kami mencoba menggunakan smartwatch ini untuk berolahraga indoor cycle dan outdoor run serta berjalan.

Pada saat digunakan untuk beraktivitas indoor cycle, GS Pro akan menunjukkan performa latihan kita apakah pada tahapan warm up, fat burning, aerobic ataupun extreme.

Semua itu diindikasikan dengan berapa besar BPM detak jantung kita saat berolahraga.

IMG20201029054458

Dalam pengujian kami, semua metrik ini tampak cukup akurat, dan kami tidak pernah merasa bingung dengan statistik yang tampak aneh. Satu-satunya kritik kami terhadap pelacakan kebugaran adalah ketajaman arloji di atasnya - GS Pro mencoba mendeteksi latihan berjalan secara otomatis, tetapi ini sering terdeteksi perjalanan singkat ke toko akan memicu pemberitahuan konstan dari perangkat yang menanyakan apakah kita sedang memulai latihan.

Honor Watch GS Pro juga telah hadir serangkaian kursus lari virtual, yang tidak dimiliki jam pintar lain, meskipun Magiv Watch 2 memilikinya.

Ini dapat memandu Anda melalui lari tertentu, memberi tahu Anda cara mengatur kecepatan untuk membangun stamina atau meningkatkan kecepatan - misalnya, HIIT Run bergantian berlari dan joging, dan jam tangan akan memberi tahu Anda kapan harus mengganti.

Bagi orang yang ingin menjadi lebih baik dalam berlari, terutama lari lintas alam (bagaimanapun juga ini adalah jam tangan yang tangguh) ini bisa sangat berguna.

2020-honor-watch-gs-pro-use-6

Dari semua fitur yang ada di Honor Watch GS Pro, mungkin yang paling menarik adalah mode Route Back.

Fitur GPS ini memungkinkan Anda untuk melacak petualangan luar ruangan, dan kemudian membantu Anda menavigasi rute Anda untuk kembali ke titik awal, sehingga memungkinkan kita tidak akan tersesat saat melakukan perjalanan di perbukitan.

IMG-20201031-130015

Saat Anda tidak berolahraga, GS Pro memiliki beberapa pelacak ambien yang berguna untuk mendeteksi detak jantung, langkah, stres, dan tidur yang bisa dilihat hasilnya dalam aplikasi Huawei Health.

Semua ini terasa akurat, terutama langkah-langkahnya, karena jam tangan pintar Honor lebih mahir dalam membedakan gerakan non-langkah.

Kami tidak terlalu tertarik menggunakan jam tangan untuk memantau tidur, hanya karena ukurannya yang membuatnya tidak nyaman dipakai saat tidur.

Jam tangan pintar Honor cenderung sangat berguna untuk penggemar kebugaran, terutama orang yang bukan pelari yang sangat berpengalaman tetapi ingin menjadi lebih baik, dan mereka yang memiliki minat olahraga khusus; dan dengan GS Pro Honor telah menambahkan 'orang-orang luar ruangan' ke daftar peminatnya.

Kami selalu terkesan dengan rangkaian kebugaran di perangkat jam tangan honor sebelumnya dan kini bertambah lagi kesan baik itu.

Baterai

Honor Watch GS Pro memiliki masa pakai baterai yang sangat mengesankan, dan orang-orang yang terbiasa dengan Apple Watch atau sejenisnya, yang cenderung hanya dapat bertahan sekitar satu hari, akan sangat iri bahwa jam tangan ini bahkan bisa bertahan lebih dari satu hari.

Dalam klaim spesifikasi Honor Watch GS Pro menyatakan bahwa jam pintar GS Pro dapat bertahan selama 28 hari antara pengisian daya, atau ini sama dengan satu bulan penuh.

Dalam pengujian, kami menempatkan angkanya mendekati tiga minggu, tetapi kami menggunakan jam tangan secara intensif, jadi empat minggu tampaknya mungkin bisa pemakaian yang normal saja.

IMG20201208124229

Empat minggu, tiga minggu apa pun itu waktunya terbilang sangat mengesankan untuk sebuah jam tangan pintar, dan hal itu membuat pengisian daya perangkat menggangur lebih lama dan bisa jadi Anda mungkin akan lupa menaruhnya.

Dengan GS Pro yang bertahan selama ini, Anda tidak akan pernah merasa khawatir tentang kehabisan daya saat Anda bepergian, dan ini juga menjadikannya bagus untuk ekspedisi yang lebih lama di mana Anda tidak dapat sering mengisi daya perangkat.

Kami menduga masa pakai baterai yang kuat tersebut berkat pengoptimalan perangkat lunak cerdas yang sedang dimainkan, karena perangkat wearable Honor cenderung memiliki baterai yang hebat.

Pengisian daya dilakukan melalui pad berpemilik yang dijepit secara magnetis ke jam tangan dan dihubungkan ke port USB.

Meskipun baterainya jelas berkapasitas tinggi, pengisian daya tidak memakan waktu terlalu lama, kami mendapati perlu waktu sekitar satu jam untuk mengisi penuh jam tangan dari keadaan kosong.

Infografis

Honor-Wach-GS-Pro-1


Kesimpulan

Honor berhasil menyuguhkan salah satu jam tangan pintar terbaik yang ada di pasar saat ini dengan meluncurkan GS Pro. Dengan harganya yang masih cukup terjangkau, jam tangan ini membuktikan bahwa GS Pro bisa menjadi pesaing jam pintar yang sudah ada di pasaran.

Fitur yang dimiliki Honor GS Pro terbilang sangat lengkap, baik itu fitur kesehatan dan olahraga maupun fitur pelengkap lainnya. Terlebih durasi baterainya yang bisa diandalkan apalagi buat heavy user yang rajin berolahraga ini sangat berguna dan bisa menjadi teman yang asyik bagi orang-orang yang suka bertualang.

Tapi karena tidak ada yang sempurna di dunia, GS Pro juga memiliki kekurangan dari segi notifikasi yang hanya satu arah dan beberapa orang mungkin kaum wanita menganggapnya jam pintar ini terlalu besar untuk dipasang dengan nyaman di pergelangan tangan mereka yang rata-rata lebih kecil dari pria.

Secara keseluruhan, Honor GS Pro membawa banyak inovasi dari segi fitur dan spesifikasi dibanding seri jam pintar Honor lainnnya.

Kerennya lagi semua fitur dan kemewahannya harus ditebus dengan harga yang tidak menguras kantong dalam-dalam yaitu Rp2.799.000 selama masa pre order dari harga normal Rp2.999.000 yang tersedia exclusive di Honor Official Shopee. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA