MMC Rilis Eclipse Cross Baru, Ada Varian PHEV

IN
Oleh inilahcom
Jumat 04 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meluncurkan model terbaru dari SUV crossover andalan mereka, Eclipse Cross, yang kini hadir dengan dua varian powertrain, yakni plug-in hybrid (PHEV) dan bensin, di Jepang.

Pertama kali meluncur secara global pada perayaan 100 tahun Mitsubishi Motors pada 2017, kini Eclipse Cross hadir dengan desain baru yang diklaim membawa dinamika SUV ke level baru, sekaligus mencapai bentuk yang anggun dan mengalir.

Untuk kali pertama, MMC memperkenalkan varian PHEV baru yang menggabungkan sistem 4WD motor ganda dari Outlander PHEV yang terbilang cukup sukses di pasaran.

Dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM, Jumat (4/12/2020), MMC mengatakan bahwa mereka telah membuka pra-pemesanan Eclipse Cross baru itu sejak pertengahan Oktober lalu di Jepang dan sedikitnya 2.000 unit pesanan masuk dalam enam pekan terakhir.

"Kami bertujuan untuk menyediakan produk-produk menarik yang juga menawarkan ketenangan pikiran kepada pelanggan di seluruh dunia, dengan meningkatkan teknologi ramah lingkungan merek dagang kami sambil juga membawa teknologi 4WD kami ke tingkat berikutnya," kata CEO MMC Takao Kato.

Eclipse Cross, menurut dia, menghadirkan fitur 4WD (penggerak empat roda) yang dibangun dari pengalaman reli Mitsubishi. Pada tahun 2030 mendatang, Mitsubishi akan meningkatkan proporsi kendaraan listrik dalam total penjualan menjadi 50 persen, dengan fokus pada PHEV seperti Eclipse Cross.

Eclipse Cross baru hadir dengan bodi lebih panjang dari sebelumnya, dengan bagian belakang dan depan didesain ulang, menciptakan tampilan ramping dan dinamisme SUV yang ditingkatkan.

Bagian depan mengadopsi versi Dynamic Shield yang telah berevolusi, yang mengekspresikan performa tangguh SUV dengan keamanan untuk melindungi penumpang.

Tata letak cahayanya yang disegarkan melengkapi desain depan dengan tampilan yang tajam dan sporty. Skid plate di bagian bawah kedua bumper menambah kesan SUV yang bertenaga.

Bentuk elegan namun sporty berlanjut hingga ke belakang. Desainer telah memperbarui kaca depan ganda dari model sebelumnya menjadi kaca depan tunggal untuk gaya yang ramping dan bentuk yang anggun, pada saat yang sama memberikan visibilitas belakang yang lebih jelas.

Lampu belakang tiga dimensi Eclipse Cross yang ikonik ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi untuk tampilan khas yang juga mudah dilihat di jalan. Panel bodi dan bumper tugas berat memproyeksikan ketegasan dan kekuatan, sementara dikombinasikan dengan desain segi enam yang mengingatkan pada ban serep yang dipasang di belakang untuk mengekspresikan ketangguhan dan handling di jalan raya dari sebuah SUV.

Di dalam kabin, trim level atas diberi interior hitam baru dengan jok yang terbuat dari kombinasi bahan berbasis suede timbul dan kulit sintetis, sedangkan pilihan jok kulit dari pabrikan kini tersedia dalam warna abu-abu terang di samping warna hitam konvensional. Trim pintu juga serasi dengan warna jok mobil untuk menghasilkan ruang interior yang sporty dan berkualitas tinggi.

Eclipse Cross baru tersedia dalam warna Red Diamond dan White Diamond baru yang memancarkan kilau putih mutiara dan nuansa logam nan halus, yang mencerminkan keanggunan energik namun glamor.

Untuk varian PHEV, Eclipse Cross baru ini menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang dimodifikasi dari Outlander PHEV. Arsitekturnya terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2.4 liter, yang memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga dan gesit.

Baterai penggeraknya 13,8 kWh dengan jangkauan untuk berkendara dengan tenaga listrik sepenuhnya 57,3 km, cukup untuk berkendara sehari-hari di dalam kota.

Ada tiga mode pilihan berkendara, yakni Mode EV menggerakkan dengan motor listrik menggunakan tenaga dari baterai penggerak, Mode Hybrid Seri menggunakan mesin bensin untuk menghasilkan tenaga untuk motor listrik yang menggerakkan kendaraan, dan Mode Hibrid Paralel yang menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan motor listrik.

Perpindahan otomatis di antara mode-mode ini sesuai dengan kondisi berkendara memungkinkan pengemudi merasakan kenikmatan berkendara saat berkendara di berbagai lingkungan.

Stop kontak on-board AC 100 volt dengan daya maksimum 1.500 watt dapat memasok daya ke elektronik dan peralatan untuk bersantai di luar ruangan, juga sebagai sumber listrik yang andal dalam keadaan darurat.

Kendaraan ini juga dapat berfungsi sebagai baterai isi ulang yang memberi daya pada seluruh rumah tangga dengan energi yang tersimpan dengan menghubungkan perangkat V2H6 ke port pengisian daya cepat. Karena dapat menghasilkan tenaganya sendiri, kendaraan dapat memasok daya hingga 10 hari ke rumah tangga umum saat terisi penuh dan diisi bahan bakar.

Sementara untuk varian bensin, SUV Crossover anyar ini dilengkapi sistem S-AWC yang mengintegrasikan Active Yaw Control (AYC) untuk mengatur gaya pengereman antara roda depan kiri dan kanan untuk menikung lebih tajam, serta Anti-Lock Brake System (ABS) dan Active Stability Control (ASC) untuk mengatur gaya pengereman pada basis 4WD yang dikontrol secara elektronik yang mendistribusikan torsi secara optimal antara roda depan dan belakang.

Kontrol terintegrasi dari sistem ini menghasilkan perilaku kendaraan yang sangat stabil yang sesuai dengan maksud pengemudi. Ditambah dengan pengoptimalan suspensi, Eclipse Cross memberikan penanganan yang stabil dan tepat dalam kehidupan sehari-hari dan penanganan yang lebih baik di jalan licin.

Pengemudi juga dapat memilih mode berkendara yang berbeda sesuai dengan kondisi jalan dan mengemudi. Mode Normal memberikan kemudi dan stabilitas yang sesuai untuk berbagai skenario mengemudi. Mode Salju mempertahankan pergerakan kendaraan yang stabil di permukaan licin seperti jalan bersalju. Mode Gravel menghasilkan penanganan jalan dan stabilitas yang unggul pada permukaan yang buruk.

Untuk varian PHEV juga memiliki Mode Tarmac, yang memberikan tingkat menikung dan stabilitas yang lebih tinggi terutama pada permukaan yang kering dan beraspal agar pengemudi dapat merasakan kegembiraan berkendara dengan ketenangan pikiran ekstra.

Di Jepang, Eclipse Cross anyar ini ditawarkan dengan harga mulai dari 3.848.900 yen (sekitar Rp524 juta) hingga 4.477.000 yen (sekitar Rp610 juta) untuk varian PHEV. Sedangkan untuk varian bensin, dibanderol dengan harga mulai dari 2.531.100 yen (sekitar Rp345 juta) hingga 3.346.200 yen (sekitar Rp455 juta).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA