Samsung Kembangkan Sensor Kamera Ponsel 600MP

IN
Oleh inilahcom
Selasa 08 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Samsung kabarnya tengah berencana mengembangkan sensor kamera ponsel yang sangat besar, yakni 600MP, agar menyerupai penglihatan manusia.

Phone Arena melaporkan bahwa rencana ini pernah diungkapkan oleh wakil direktur eksekutif Samsung untuk sensor, Yongin Park, pada awal 2020 lalu, yang menyebut bahwa raksasa teknologi Korea Selatan itu ingin membuat sensor yang bahkan melebihi penglihatan manusia.

Adapun resolusi mata manusia diperkirakan sekitar 576MP.

Dalam laporan tersebut, Park mengungkapkan kendala memasukkan banyak piksel ke dalam sensor akan berakibat pada ukuran perangkat. Pilihan lainnya, mengurangi ukuran individu piksel, namun, akan berdampak pada kualitas gambar.

Samsung dikabarkan akan membuat sensor 600MP dengan besaran piksel 0,8 mikrometer sementara ukurannya 1/0,57 inci. Sensor ini akan memakan 12 persen dari luas ponsel dan menambah ketebalan sekitar 22 milimeter.

Jika dibandingkan dengan rata-rata sensor kamera yang digunakan di ponsel, 600MP akan mampu merekam video 4K dan 8K dengan kemampuan pembesaran yang baik.

Sementara untuk mengatasi ukuran fisik kamera, Samsung diperkirakan menggunakan teknologi ISOCELL pixel binning agar kamera tidak terlalu tebal.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA