Ini Para Pemenang #BestofTweets 2020 Indonesia

IN
Oleh inilahcom
Minggu 13 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tahun 2020 memberikan tantangan tersendiri bagi berbagai aspek kehidupan semua orang, termasuk para pelaku industri yang mengharuskan adaptasi cepat dengan kondisi normal baru di mana semua harus dilakukan secara berjarak.

Namun, tidak sedikit pemasar yang sukses mendobrak keterbatasan karena PSBB dengan menghasilkan kampanye yang semakin mendekatkan brand dengan konsumen. Twitter pun merayakan hal ini melalui Penghargaan #BestofTweets 2020 Indonesia.

Berbagai keterbatasan yang tercipta di tahun 2020 akibat pandemi COVID-19 membuat tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan tantangan baru bagi pemasar. Banyak rencana seperti peluncuran produk, acara tahunan, dan kampanye yang harus diubah, ditunda, atau dibatalkan karena PSBB yang berlaku secara luas di Indonesia.

Oleh karena itu, penghargaan ini bertujuan untuk merayakan dan memberi apresiasi pada jajaran brand yang berhasil menembus kompleksitas dan perubahan besar di pasar, sekaligus menciptakan kampanye yang tak terlupakan tahun ini.

Kesulitan yang harus dihadapi pemasar justru menghasilkan inovasi-inovasi bermanfaat. Banyak brand unggul di Indonesia menggunakan kesempatan ini untuk mengubah cara beriklan dalam memberikan informasi, dukungan, dan hiburan bagi konsumennya yang juga sedang menghadapi ketidakpastian ini.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan insight percakapan Twitter untuk tingkatkan hubungan dengan para konsumen mereka, atau menggunakan rangkaian produk dan fitur di Twitter untuk rencana peluncuran produk atau layanan

Dengan memanfaatkan Twitter, brand diharapkan dapat lebih adaptif dan relevan tahun ini.

Brand apa saja yang berhasil dan sukses? Apa yang menarik perhatian konsumen? Apa yang dapat dipelajari saat merencanakan strategi untuk tahun 2021?

Berikut ini adalah brand dan kampanye yang memenangkan Penghargaan #BestofTweets 2020 Indonesia:

1. Best Campaign for Driving Positive Change in Society

Pandemi tahun ini berdampak tinggi bagi para pekerja, khususnya pekerja informal yang kehilangan sumber penghasilan.

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi non-profit Gojek (@gojekindonesia) bekerja sama dengan situs penggalangan dana, Kitabisa, dan grup musik rock legendaris Slank, untuk meluncurkan kampanye #SumbangSuara; sebuah kampanye penggalangan dana yang hasilnya akan disumbangkan kepada para pekerja informal terdampak.

Gojek memanfaatkan fitur Twitter Promoted Trend & First View untuk memastikan luasnya cakupan kampanye tersebut di Twitter, yang akhirnya berhasil mengumpulkan Rp11 miliar untuk didonasikan.

Selain itu, Gojek juga banyak menuai dukungan dari konsumen karena kampanye ini mampu mengerti kebutuhan para pemangku kepentingan Gojek.

2. Best Brand Voice

Sebagai sebuah brand, Tokopedia (@tokopedia) mengasosiasikan diri mereka dengan kerendahan hati, dinamis dan aspiratif. Kampanye #TokopediaWIB diluncurkan tanggal 25 setiap bulannya, yaitu ketika karyawan di Indonesia menerima gaji bulanan mereka.

Kampanye ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia karena menawarkan berbagai kemudahan dan penawaran menarik; seperti diskon, cashback, serta pengiriman gratis.

#TokopediaWIB memukau konsumen mereka di Twitter dengan video-video kreatif, meluncurkan acara berjudul 'WIB TV Show', serta mengundang grup band K-Pop favorit Indonesia seperti BTS dan Blackpink.

Serangkaian acara dan penawaran di #TokopediaWIB membuat Tokopedia menjadi brand yang selalu konsisten dengan identitasnya yang selalu menawarkan kelengkapan produk sesuai kebutuhan konsumen.

3. Best Virtual Event

Di saat masyarakat Indonesia harus merayakan Bulan Suci Ramadan lalu di rumah dengan segala keterbatasannya, IM3 Ooredoo (@IM3Ooredoo) menyelenggarakan 'Konser Silaturahmi Ramadan' secara live di Twitter.

Rangkaian konser ini pada awalnya direncanakan untuk digelar secara offline di kota-kota besar di Indonesia dari bulan Februari sampai Juli, namun pandemi membuat IM3 Ooredoo harus beradaptasi dan melakukan konser virtual.

Konser virtual ini diramaikan dengan tagar #SilaturahmiSetiapHari dan #Collabonation selama acara berlangsung.

#Collabonation merupakan panggung bagi talenta muda Indonesia untuk berkolaborasi melalui musik dan seni. Dengan lebih dari 8 juta views, IM3 Ooredoo memperlihatkan kekuatan Twitter sebagai tempat di mana brand dapat meluncurkan aktivasi yang baru untuk tetap terhubung dengan audiens selama Bulan Ramadan walaupun di rumah.

Sesi livestream juga didukung oleh solusi Twitter yang dapat diatur, Like to Remind, dan take over products untuk memastikan brand dan event tetap menjadi pusat perhatian sebelum dan saat acara berlangsung.

4. Best Use of Video

Dengan berkembangnya layanan perbankan digital di Indonesia, Bank Mandiri (@BankMandiri) melihat peluang dari tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia; yaitu keraguan untuk mengunduh aplikasi karena keterbatasan ruang penyimpanan di ponsel mereka, atau tidak memiliki paket internet untuk mengunduh.

Dengan kampanye #GakPakeDonlot, Bank Mandiri memanfaatkan fitur video Twitter untuk menginformasikan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna mendaftar rekening bank baru hanya dengan menggunakan situs yang dioptimalkan untuk seluler, tanpa mengunduh aplikasi apa pun.

Highlight dari kampanye ini adalah video informatif yang mencerminkan identitas Bank Mandiri yang konsisten dalam mengkomunikasikan pesan kampanye mereka: yaitu pendaftaran rekening bank baru yang sederhana dan mudah.

5. Most Tweeted about Brand

Percakapan tentang belanja di Twitter menunjukkan peningkatan seiring dengan perkembangan pesat e-commerce di tahun 2020.

Data Twitter menunjukkan, bahwa percakapan tentang belanja meningkat sebanyak 60 persen sejak Maret 2020 jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu.

Dengan banyaknya kampanye sukses yang menargetkan hari-hari belanja terbesar, serta kolaborasi mereka dengan grup K-Pop, tak mengherankan jika akhirnya Shopee Indonesia (@ShopeeID) menjadi brand yang paling banyak dibicarakan di Twitter di Indonesia tahun ini.

6. Best Launch on Twitter

Botol galon air mineral bukanlah produk menarik yang berpotensi menuai percakapan. Namun demikian, Aqua (@sehatAQUA) memutuskan untuk menjawab tantangan ini dengan meluncurkan kampanye dengan menggaet penyanyi ternama Indonesia, Raisa.

Melalui kampanye ini, Aqua meminta pengguna Twitter untuk menjawab pertanyaan: "Apakah Raisa mengangkat botol galonnya sendiri?"

Kampanye ini mengikuti praktik terbaik Peluncuran: Tease-Reveal-Reinforce dari Twitter dan memanfaatkan berbagai produk iklan Twitter, seperti Spotlight & Video Promosi untuk mendorong eksposur maksimum selama periode peluncuran.

Pemahaman mendalam Aqua tentang audiens Twitter dan penggunaan influencer yang strategis mampu memicu percakapan seputar peluncuran kampanye, bahkan masuk ke jajaran trending topic Twitter secara organik dengan tagar #MisteriGalonRaisa. Hal ini pun kemudian berhasil diberitakan di berbagai media massa di Indonesia.

7. Best Connection to Culture

Brand yang sukses adalah brand yang tetap terhubung dengan audiens, menjadi bagian dari masyarakat dan menyajikan produk atau kampanye yang relevan.

Sebagai negara dengan peringkat ketiga dalam percakapan K-Pop, fans K-Pop di Indonesia mencari informasi tentang grup favorit mereka di Twitter agar tetap mengetahui update walaupun tetap di rumah.

Dengan adanya peluncuran film dokumenter Blackpink berjudul 'Light Up the Sky', Netflix Indonesia (@NetflixID) menyatukan fandom Blackpink, Blinks, serta seluruh fans K-Pop dengan menceritakan perjalanan anggota Blackpink yang menuai antusiasme percakapan di Twitter.

Netflix Indonesia juga meluncurkan emoji spesial tentang dokumenter ini untuk mengajak audiens meramaikan percakapan di Twitter.

8. Best #OnlyonTwitter

Bagi para brand, Bulan Ramadan tahun ini menjadi tantangan tersendiri, termasuk bagi Samsung Indonesia (@SamsungID). Di saat Ramadan menjadi waktu yang ditunggu masyarakat dengan adanya 'bonus' Hari Raya, kali ini masyarakat harus menahan keinginan mereka untuk membeli sesuatu yang diidamkan-idamkan, misalnya gadget baru.

Yang sangat disayangkan, keinginan berkonsultasi kepada pihak sales dan merasakan pengalaman menggunakan gadget tersebut terhalang PSBB.

Sebagai brand yang memanfaatkan teknologi dan fitur di Twitter, Samsung memberikan kemudahan bagi konsumennya melalui solusi chatbot pada Direct Message.

Chatbot ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi resmi tentang produk-produk Samsung, menyesuaikan dengan budget yang mereka miliki, dan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian.

Chatbot ini pun menjadi solusi kreatif yang tepat sasaran untuk tetap melayani konsumen di kondisi apapun.

Brand dan kampanye yang terpilih menunjukkan, bahwa ketidakpastian dan keterbatasan bukanlah suatu masalah bagi pemasar untuk tetap terhubung dengan audiens, dan di saat yang sama memaksimalkan penyampaian pesan dengan efektif melalui ide yang kreatif dan mengesankan.

Tentunya hal ini menjadi awal yang baik bagi brand maupun konsumen sebelum memasuki tahun 2021.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA