XL Siapkan 30 Ribu MBTS Hadapi Nataru 2020

IN
Oleh inilahcom
Jumat 18 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pada perayaan Natal dan pergantian tahun, XL Axiata memperkirakan akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa. Untuk itu, XL Axiata telah melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi adanya lonjakan trafik data tersebut.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan, untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi.

"Kami perkirakan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa. Masyarakat akan tetap merayakannya secara virtual, begitu juga untuk mengisi libur panjang hingga akhir tahun. Selain bepergian, masyarakat luas kemungkinan akan mengisi masa libur panjang dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah," kata Gede dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2020).

Gede menambahkan, lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata untuk penguatan sinyal, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api.

Tim XL Axiata juga telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November-Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap. Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu di atas 95 persentelah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 persen bersinyal kuat.

Persiapan lain berupa pengerahan tidak kurang dari 30.000 mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

"Selain lokasi tujuan wisata dan jalur transportasi, XL Axiata juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman," kata Gede.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA