Tips Hemat Kuota Internet dari Para Ahli IT

IN
Oleh inilahcom
Senin 21 Desember 2020
share
 

DATA menyebutkan jika Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia menempati posisi keempat dunia sebagai negara dengan populasi netter paling banyak, mencapai hampir 200 juta orang.

Fakta ini terbilang cukup mencengangkan sebab lebih dari 70 persen populasi Indonesia sudah paham tentang dunia maya dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Pada anjuran New Normal oleh pemerintah pun masyarakat seakan tidak butuh waktu lama untuk bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara online.

Ya, akses internet di Indonesia memang terbilang cukup tinggi. Terlebih dengan banyaknya pengguna smartphone yang memudahkan penggunanya untuk bisa terhubung ke internet kapan pun dan dimana pun.

Cukup menyediakan layanan paket data internet, siapa saja dapat dengan mudah menjelajah dunia maya di perangkat tersebut.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, paket internet dibanderol dengan harga yang cukup menguras isi dompet. Ditambah dengan semakin meningkatnya kebutuhan internet saat pandemi seperti sekarang ini.

Pengeluaran membengkak karena sering membeli paket data internet bukanlah hal yang baru lagi.

Pengeluaran yang terlalu besar tentu dapat menjadi permasalahan serius jika tidak segera dicarikan solusi yang tepat.

Oleh karena itu, agar pemakaian kuota internet bisa menjadi lebih hemat, berikut adalah sejumlah tips yang dibocorkan langsung oleh para ahli IT.

1. Kurangi Penggunaan Fitur Video

Sudah umum diketahui jika streaming atau mengunduh video memakan kuota internet dalam jumlah yang besar. Sebagai contoh, video dengan durasi 10 menit pada platform YouTube saja bisa berukuran mencapai puluhan hingga ratusan Mb.

Dalam kata lain, menonton video dalam kurun waktu 1 jam saja bisa membuat kuota internet langsung seret.

Tak hanya pada platform YouTube, video di aplikasi konferensi video virtual juga cukup boros kuota. Walau mungkin tak sebanyak YouTube, tidak butuh waktu lama penggunaan aplikasi video seperti Zoom dan Skype bisa menguras kuota internet Anda hingga kering.

Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengurangi intensitas penggunaannya. Tapi, jika tidak mungkin dilakukan, Anda bisa mengurangi resolusi video agar tidak terlalu deras menyedot kuota internet.

Dengan demikian, kuota bisa lebih lama bertahan meski digunakan untuk streaming video atau meeting online secara kontinyu.

Atau sebagai alternatif, berbagai provider internet di Indonesia sudah menyediakan paket khusus streaming yang bisa Anda beli supaya tidak membebani kuota utama ketika digunakan.

Contohnya paket internet Indosat Freedom U atau Paket internet FreedomMax dari Telkomsel.

2. Segera Tutup Konferensi Video Virtual saat Tidak Digunakan

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, usahakan untuk segera menutup konferensi atau meeting online saat sedang jeda atau selesai dilakukan. Tujuannya agar bandwidth bisa menjadi lebih hemat.

Secara singkat, yang dimaksud dengan bandwidth adalah jumlah konsumsi atau transfer data yang terhitung setiap detik. Istilah umum dari bandwidth adalah nilai bit per second atau bps, dari server ke klien dalam kurun waktu tertentu.

Jika arus bandwidth tersebut bisa segera diputus atau dihentikan, kuota internet tentu juga tidak akan berkurang. Jadi, segera tutup aplikasi yang digunakan untuk meeting online agar penggunaan kuota bisa menjadi lebih irit.

3. Pilih Aplikasi Konferensi Video Hemat Bandwidth

Ada banyak pilihan aplikasi konferensi video yang bisa digunakan untuk meeting online. Beberapa di antaranya tentu memiliki keunggulan berupa pemakaian bandwidth yang lebih optimal dan tidak berisiko membuat kuota internet bocor.

Salah satu rekomendasi aplikasi konferensi video mampu menghemat pemakaian kuota adalah Zoom.

4. Andalkan Koneksi WiFi Unlimited Semaksimal Mungkin

Dewasa ini, tentu tidak sulit untuk bisa menemukan koneksi internet WiFi. Di banyak tempat umum, seperti tempat makan, kafe, hingga stasiun dan ruang publik lainnya pasti sudah difasilitasi dengan koneksi WiFi.

Nah, saat sedang berada di tempat-tempat tersebut, jangan ragu memanfaatkannya untuk mengunduh video, aplikasi, ataupun melakukan update aplikasi.

Intinya, maksimalkan pemakaian internet saat terhubung ke jaringan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak lagi memakai kuota internet untuk hal-hal tersebut, dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih penting.

5. Aktifkan Fitur Data Saver

Zaman sekarang, teknologi smartphone sudah semakin canggih dan memiliki beragam fitur ampuh yang berguna bagi penggunanya. Salah satu yang layak untuk dilirik adalah fitur data saver atau penghemat data yang pasti sudah tersemat di hampir semua smartphone keluaran terbaru.

Sesuai namanya, fitur ini mampu menghemat pemakaian kuota internet pada smartphone. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa menuju ke menu Setting, pilih Mobile Data, dan aktifkan fitur Data Saver ini.

Beberapa aplikasi pun juga memiliki fitur serupa, sebagai contoh Twitter. Dengan mengaktifkan fitur data saver di aplikasi Twitter, video di Timeline tidak akan diunduh secara otomatis, dan gambar ditunjukkan dengan kualitas yang lebih rendah. Jadi, tidak ada lagi masalah kuota habis sebelum berakhir masa aktif paket data internet.

6. Maksimalkan Promosi dan Diskon Paket Data Internet agar Lebih Hemat

Sederet tips di atas memang berguna untuk menghemat pemakaian kuota internet yang bisa saja bocor tanpa disadari. Namun, kadangkala, nasi sudah menjadi bubur dan kuota internet sudah terlanjur menipis.

Nah, saat hal ini terjadi, jangan ragu untuk membeli paket data internet saat ada promosi ataupun diskon harga agar pengeluaran tidak lagi bikin keuangan terganggu.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA