Penjualan Mobil Suzuki Tumbuh 60% pada November

IN
Oleh inilahcom
Rabu 23 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pasar otomotif mulai pulih setelah melemah akibat pandemi COVID-19. Hal ini dibuktikan dengan rapor penjualan GAIKINDO pada November 2020 yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84 persen.

Dari angka tersebut, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60 persen dan retail sales 27 persen jika dibandingkan dengan Oktober 2020. Pencapaian ini membawa Suzuki menguasai 15,3 persen pangsa pasar wholesales dan 12,9 persen pada pangsa pasar retail sales pada November lalu.

"Dari data GAIKINDO, angka penjualan kendaraan roda empat kembali naik di November. Hal ini pun terjadi dengan penjualan Suzuki yang naik cukup signifikan. Kami harap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery dan bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Selain pertumbuhan penjualan bulan November, pangsa pasar Suzuki sepanjang 2020 pun mengalami peningkatan. Dari Januari hingga November, Suzuki meraih pangsa pasar wholesales sebesar 12,3 persen dan retail sales sebesar 12,5 persen.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, pencapaian pangsa pasar ini tumbuh 2,7 persen, baik dari wholesales maupun retail sales, dimana di tahun 2019 Suzuki menguasai 9,58 persen pangsa pasar wholesales dan 9,81 persen di sisi ritel.

Pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar Suzuki pada November 2020 masih didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 67,7 persen terhadap wholesales dan 62,5 persen terhadap ritel nasional Suzuki. Setelah itu, diikuti XL7 dengan kontribusi 12 persen untuk wholesales dan 13,2 persen untuk ritel, serta All New Ertiga yang berkontribusi 9,3 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.

"Adanya peningkatan penjualan pada November lalu, baik dari Suzuki maupun pasar kendaraan roda 4 secara keseluruhan membawa harapan baru untuk industri otomotif Indonesia. Kami berharap agar pandemi segera berakhir, sehingga semua sektor industri, khususnya otomotif, kembali stabil dan terus meningkat," tutup Donny.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA