Adu Ponsel Entry Level: realme Narzo 20 vs POCO M3

IN
Oleh inilahcom
Jumat 22 Januari 2021
share
 

MENGAWALI tahun 2021, sejumlah vendor smartphone mulai gencar merilis produk-produk andalannya dengan memabawa fitur dan teknologi masing-masing. Salah satunya adalah Xiaomi yang siap menghadirkan lini baru dari Poco, yakni Poco M3 di Indonesia. Meski akan jadi produk paling baru, Anda tidak boleh melupakan salah satu merek smartphone juga yang selama ini jadi kompetitor terberat Xiaomi, yakni realme.

Merek yang juga punya visi menghadirkan smartphone terjangkau dengan fitur dan teknologi mumpuni, telah meluncurkan realme narzo 20 pada Bulan November lalu. Masuk dalam kategori smartphone gaming, realme narzo 20 menyasar pasar yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan saudaranya, realme narzo 20 Pro yang dibanderol dengan harga lebih tinggi.

Menyasar para gamer muda, realme narzo 20 dilengkapi dengan chipset bertenaga, MediaTek Helio G85. Di sisi lain, Poco M3 juga hadir dengan chipset kelas menengah, Snapdragon 662. Dilengkapi dengan dukungan baterai dan layar besar yang cukup untuk menemani aktivitas ringan seperti penggunaan sehari-hari hingga gaming, kedua ponsel ini patut dimasukan ke dalam list pilihan Anda.

Namun, adakah perbedaannya? Berikut akan kami jabarkan sedikit mengenai perbedaan realme narzo 20 dengan Poco M3 yang sama-sama memiliki harga jual hampir Rp 2 Jutaan ini.

Performa

Sedikit flashback ke perilisannya kala itu, realme narzo 20 merupakan smartphone yang dirilis oleh realme untuk jadi pilihan smartphone gaming dengan harga yang terjangkau. Meski punya predikat sebagai smartphone gaming dengan harga miring, akan tetapi, performa dari smartphone ini tidak bisa disepelekan.

Ditenagai dengan prosesor MediaTek Helio G85, prosesor ini memiliki fitur octa-core yang kuat dengan clock speed 2.0GHz dan dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang powerful untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa. Terbukti dengan skor 200.000+ yang di raih oleh prosesor milik MediaTek ini di AnTuTu Benchmark. Dengan skor yang diraihnya itu, tentu jelas akan memberikan daya yang cukup pada realme narzo 20 sehingga memungkinkan Anda merasakan pengalaman gaming yang mulus.

Sementara itu, Poco M3 menggunakan chipset kelas menengah, Snapdragon 662 yang juga memberikan performa cukup baik. Dipadukan dengan kapasitas memori yang besar, 128GB, smartphone ini mampu menampung banyak file sekaligus.

Baterai

Sebagai smartphone gaming yang dibanderol dengan harga yang relatif lebih terjangkau, realme narzo 20 menjadi alternatif pilihan smartphone gaming budget dengan membawa mega baterai sebesar 6000mAh. Dengan baterai yang besar, tentunya para gamer muda akan diuntungkan karena smartphone ini mampu digunakan untuk mememenangkan beberapa pertandingan gaming bersama kawan.

Sama hal-nya dengan Poco M3 yang juga datang dengan mengusung kapasitas baterai yang sama, yakni 6000mAh. Tidak dapat dihindari, tren smartphone jaman sekarang memang rata-rata sudah dibekali dengan baterai besar yang akan memudahkan kita sebagai pengguna.

Membahas soal baterai, rasanya kurang lengkap jika belum membahas fitur pengisian daya cepat. Karena selain baterai yang besar, smartphone akan jadi lebih maksimal jika memiliki pengisian daya yang juga cepat.
Baik realme narzo 20 dan Poco M3, sama-sama hadir dengan dukungan 18W Quick Charge yang mampu memangkas waktu pengisian daya smartphone.

Layar

Sama-sama punya layar yang besar, Poco M3 punya perbedaan ukuran layar dengan perbedaan yang cukup tipis sekitar 0,3 inci. Meski demikian, baik realme narzo 20 dan Poco M3 merupakan smartphone yang cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

Namun, layar realme narzo 20 dinilai mampu membawa bidang pandang yang lebih luas sehingga memberikan pengalaman layar yang lebih baik dengan rasio 20:9 dan rasio layar 88.7%.
Selama kami gunakan sehari-hari, realme narzo 20 mampu kami gunakan di berbagai skenario secara lancar. Mulai dari bermain game, menonton video, atau sekadar mendengarkan audio, semua bisa dijalankan di smartphone ini dengan menyenangkan berkat layar fullscreen yang besar.

Desain

Bicara soal desain, realme dikenal sebagai merek smartphone yang punya trendsetting design di semua segmen. Meski realme narzo 20 adalah smartphone gaming yang punya harga relatif terjangkau, realme masih memberikan inovasi soal desain pada smartphone ini. Hal ini yang mungkin tidak bisa Anda temukan di ponsel baru asal Xiaomi, Poco M3.

Jika Anda menginginkan desain smartphone yang apik dan mendukung style penampilan sehari-hari, Poco M3 lebih mengedepankan desain yang simple nan minimalis dengan tiga pilihan warna, yaitu Cool Blue, Poco Yellow, dan Power Black.

Sementara itu, desain realme narzo 20 terinspirasi dari isyarat kemenangan atau Victory yang dibalut dengan teknik tekstur khusus untuk mendapatkan sentuhan dan nuansa yang lebih premium di bagian belakang smartphone. Selain trendi dan premium, desain pada bagian belakang smartphone ini juga dapat menghasilkan efek visual yang bisa berubah seiring cahaya. Dengan dua pilihan warna, yaitu Blue Blade dan Silver Sword, realme narzo 20 akan cocok untuk Anda yang ingin punya smartphone dengan desain trendi dan berbeda dari smartphone kebanyakan.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, keduanya sama-sama mengusung konfigurasi triple camera. Baik realme narzo 20 dan Poco M3, keduanya punya desain kamera yang kekinian dan cukup oke untuk dipakai mengabadikan momen. Poco M3 dibekali triple camera dengan konfigurasi kamera utama 48MP, lensa makro 2MP, dan lensa depth 2MP yang bisa kami bilang cukup mumpuni untuk Anda yang aktif di sosial media.

Sementara itu, realme narzo 20 membawa konfigurasi triple camera yang agak berbeda. Terdiri dari kamera utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, serta lensa makro 2MP membuat Poco M3 harus sedikit mengakui kamera ultra-wide yang ada pada narzo 20 mampu membuat hasil foto landscape menjadi lebih memukai. Selain itu, realme narzo 20 juga telah dikemas dengan beberapa fitur pendukung fotografi lainnya, seperti Chroma Boost, HDR, AI Beauty, Super Nighstcape, dan fitur lainnya.

spec-poco-r4e3alm


Kesimpulan

Secara keseluruhan, baik realme narzo 20 maupun Poco M3 menjadi smartphone pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan sedikit keunggulan, realme narzo 20 cocok untuk menjadi smartphone pilihan Anda karena selain harga yang relatif terjangkau, smartphone ini juga punya spesifikasi yang tak kalah menarik seperti baterai 6000mAh + 18W Quick Charge, prosesor gaming MediaTek Helio G85, serta 48MP AI Quad Camera dengan lensa ultra-wide yang telah dibekali dengan berbagai fitur fotografi lainnya.

Terlebih untuk Anda yang menginginkan smartphone powerful dengan desain yang outstanding dan stylish, realme narzo 20 akan jadi pilihan smartphone yang tepat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA