Hands On

Realme Watch S Pro: Kasta Baru Smartwatch Sporty

IN
Oleh Ibnu Naufal
Selasa 26 Januari 2021
share
(inilahcom)

JAM tangan pintar terus berkembang dan kini bukan lagi sekadar pelengkap ponsel pintar. Persaingan fungsi tambahan pada tiap-tiap jam menjadi keunggulan, salah satunya untuk menarik para penggiat hidup sehat yang ingin juga meningkatkan penampilan.

Realme pun sebagai merek tech-trendsetter anak muda merilis jam tangan pintar barunya Realme Watch S Pro pada awal 2021 ini sebagai produk perdananya.

Sesuai tagline-nya 'The Stylish New Pro', Realme merancang Watch S Pro dengan nuansa yang stylish dan lebih sporty, untuk mereka yang gemar berolahraga tapi tetap modis.

Untuk membuktikan kebolehannya lebih jauh, INILAHCOM menjajal perangkat ini selama sepekan dalam kegiatan sehari-hari serta berolahraga.

Berikut ulasannya:

Layar AMOLED adaptif

Secara fisik, Realme Watch S Pro tampil dengan desain elegan ditemani dengan berbentuk dua tombol kendali 'crown' di sisi kanan dengan fungsi menjelajahi menu (tombol atas) dan shortcut untuk fitur tertentu yang bisa dipilih sesuai keinginan (tombol bawah).

Untuk strap alias tali jam tangan berbahan silicon karet yang terintegrasi langsung ke badan arloji, tanpa melalui lugs yang menonjol. Bentuk keseluruhan realme Watch S Pro pun terkesan makin menyatu dan membulat.

IMG20210122140915

Bentuk layarnya berdiameter sekitar 1,39 inci dengan panel AMOLED resolusi 454x454 piksel, dan kecerahan maksimum 450 nits.

Layarnya sendiri terbilang cukup mengesankan yang enak dipandang untuk penggunaan dalam dan luar ruangan, serta ada juga sensor cahaya sekitar untuk penyesuaian kecerahan secara otomatis.

IMG20210125075622

Karena bentuknya yang lebih membulat mengikuti kontur lengan, Realme Watch S Pro terasa nyaman di kulit dan dapat menjaga arloji tetap di tempatnya tanpa bergesar ketika lengan basah.

Tanpa perlu masuk ke Menu utama, cukup bergeser layar ini mampu menampilkan berbagai informasi esensial seperti tanggal, waktu baterai, notifikasi, monitor tidur hingga jumlah langkah kaki (steps) yang telah ditempuh pengguna.

Meski bisa digunakan untuk menyimpan file musik, Realme Watch S Pro tak dilengkapi dengan loudspeaker, sehingga pengguna harus menyambungkannya ke earphone wireless atau ponsel apabila ingin mendengar lagu.

Pengguna cukup menyapukan jari ke arah kanan untuk masuk ke beberapa shortcut menu, ke bawah untuk melihat deretan notifikasi pesan yang diterima, ke bawah untuk mengakses menu utama , serta ke kiri untuk melihat informasi kesehatan seperti denyut nadi, monitor tidur.

IMG20210125121626

Dengan kapasitas baterai 420mAh, Realme Watch S Pro diklaim sanggup bertahan hingga 2 minggu, atau 14 hari dalam sekali pengisian. Daya tahan ini jauh lebih lama dibanding smartwatch dengan sistem operasi Wear OS.

Meski demikian, daya tahan baterai seperti di atas akan terpangkas setengahnya, apabila pengguna mengaktifkan fitur 'standby watch face', alias always-on display yang membuat layar terus-menerus menyala.

Ketika baterainya habis, smartwatch ini bisa diisi dayanya melalui konektor magnet khusus. Konektor ini cukup ditempelkan ke bagian belakang perangkat dan pengguna lantas bisa mengisi daya jam pintar menggunakan kabel.

Bisa dipakai berenang

Ketika digunakan untuk aktivitas berolahraga, misalnya untuk berenang, Realme Watch S Pro mampu merekam beragam gerakan atau gaya renang yang dilakukan, berikut jarak yang sudah ditempuh, waktu, jumlah ayunan tangan, dan efisiensi dalam berenang (SWOLF).

Perangkat ini pun masih bisa menyala meski digunakan selama kurang lebih 30 menit untuk aktivitas di dalam air dengan kedalaman 1 hingga 2 meter. Realme mengklaim perangkat ini tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Selain berenang, ada 15 mode perekaman aktivitas lain yang bisa pengguna manfaatkan, seperti aneka olahraga dalam ruangan,luar ruangan,hiking, renang, bola basket, yoga, dayung, elliptical, kriket, senam, berlari, hingga bersepeda.

IMG20210125120614

IMG20210125120433IMG20210125120423IMG20210125120455

Tak hanya bisa membaca notifikasi yang masuk dari ponsel, jam tangan pintar ini juga punya fitur andalan lainnya, seperti pendeteksi detak jantung secara real-time, fitur untuk memantau kualitas tidur, pelacak ponsel (phone finder), pengontrol kamera jarak jauh serta pengontrol musik yang sedang berjalan di smartphone.

Realme Watch S Pro merupakan perangkat pertama dalam lini smartwatch ini yang meninggalkan desain ala arloji konvensional, dan lebih fokus ke fungsi olahraga, sehingga kesan fitness tracker juga kental terasa.

Selain penyuka olahraga, Realme Watch S Pro pastinya juga ditujukan bagi konsumen berusia muda. Ini antara lain terlihat dari beberapa pilihan watch face yang bergaya dinamis dan casual, seperti Looper, Montage, dan Atlantic Blue.

Tak lupa soal personalisasi juga kita bisa bebas menciptakan watch face kreasi dengan gambar yang kita inginkan.

Photo-Grid-Plus-1611553552375

Realme Watch S Pro tersambung ke ponsel lewat aplikasi Realme Link. Di sini ada rekaman pemantauan aktivitas dan kesehatan. Pengguna juga bisa mengunduh aneka watch face baru yang tersedia.

Soal harga, Realme memasarkan Watch S Pro di Indonesia dengan banderol Rp1.899.000..

Untuk melihat fitur serta pengalaman lengkapnya nantikan review mendalam INILAHCOM untuk Realme Watch S Pro dalam waktu dekat ini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA