Gerakan Le Minerale Tanam Pohon ke-100 Ribu

IN
Oleh inilahcom
Kamis 11 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakartra - Le Minerale, perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) mempunyai komitmen untuk menjaga pasokan air di bumi agar tetap berkelanjutan dalam jangka panjang. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan program EPR (Extended Producer Responsibility) Le Minerale yaitu "pelihara sumber mata air" yang merupakan salah satu bagian dari Gerakan Tanam Pohon Nusantara.

Tahun ini Le Minerale bekerjasama dengan Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Surakarta akan menanam pohon ke-100.000. Ini sebagai lanjutan dari program penanaman pohon di tahun-tahun sebelumnya yang sudah dan akan dilakukan di Pasuruan, Palembang, Makassar, Cimande, Ciherang dan Cianjur.

Ronald Atmadja, Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya mengatakan bahwa kegiatan tanam pohon yang telah dilaksanakan selama ini dimaksudkan agar dapat menjaga ekosistem alam disekitar lokasi pabrik.

"Penanaman pohon juga dimaksudkan untuk konservasi sumber daya air dan menjaga ketersediaan air yang tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat saat ini dan masa depan. Selain itu juga untuk mengembalikan jumlah air yang dipakai di setiap pabrik Le Minerale," jelas Ronald dalam keterangannya, Kamis (11/2/2021).

Ronald menambahkan aksi penanaman pohon dan konservasi air ini dilakukan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar operasi perusahaan dan juga sejalan dengan program pemerintah dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia tahun ini.

"Program EPR tahunan penanaman pohon sudah dimulai sejak tahun 2015 pertama kali Le Minerale hadir. Sehingga sampai tahun ini jumlah pohon yang ditanam akan mencapai lebih dari 100.000 pohon. Komitmen kami untuk menaman lebih dari 500.000 pohon untuk tiga tahun kedepan," jelasnya.

Selain kegiatan EPR melalui penanaman pohon, Le Minerale juga melakukan kegiatan pengembangan komunitas kepada masyarakat setempat. Salah satu bentuknya adalah dengan membuat sumur bor yang digunakan oleh masyarakat yang kekurangan air bersih sehingga masyarakat mendapatkan akses air bersih dan sanitasi aman.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA