Kapan Waktunya Harus Mengganti Kampas Rem?

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 13 Februari 2021
share
 

SETIAP komponen pada mobil memiliki usia pakainya tersendiri. Termasuk kampas rem yang memiliki peran vital pada kendaraan Anda.

Maka dari itu, apabila kampas rem sudah habis tentu harus segera diganti agar kendaraan tetap prima dalam memberikan keamanan dan kenyamanan.

Seiring dengan penggunaan, kampas rem akan terkikis hingga habis. Hal ini dikarenakan cara kerjanya yang selalu menghentikan putaran dari roda sehingga menyebabkan kampas rem selalu terkikis hingga habis.

Selain itu, penggunaan rem mobil yang tidak tepat juga makin mempercepat kampas rem mobil habis sebelum waktunya. Kampas rem juga bisa saja bermasalah terlebih saat musim hujan seperti ini, karena komponen tersebut menjadi basah.

Apalagi kalau sudah habis, tentunya membahayakan keselamatan dalam berkendara. Kampas rem yang tidak segera diganti juga memicu kerusakan pada bagian komponen lainnya di kendaraan seperti suspensi, piringan cakram, power steering, hingga ban.

Berikut ada sejumlah hal yang menandakan kampas rem sudah waktunya diganti:

1. Mengeluarkan bunyi

Ini merupakan tanda paling umum kampas rem sudah harus diganti. Saat kampas rem mobil mulai terkikis habis, akan muncul suara atau bunyi ketika mengerem. Hal ini bisa terjadi karena kampas rem memang sudah habis sehingga hanya menyisakan logam yang bergesekan langsung dengan piringan cakram.

2. Pijakan rem makin dalam

Tanda kampas rem mobil sudah harus diganti lainnya adalah Anda akan menginjak pedal rem makin dalam. Ini juga menjadi ciri yang paling jelas kalau kampas rem sudah harus diganti. Tanda ini sangat mudah dikenali karena pengendara dapat merasakannya langsung.

3. Rem bergetar

Bila kampas rem mobil habis, akan timbul getaran-getaran ketika Anda mengerem terutama saat mengendarai pada kecepatan tinggi. Getaran-getaran yang terjadi biasanya dikarenakan kampas rem yang sudah habis sehingga menyebabkan permukaannya menjadi tidak rata.

Hal inilah yang kemudian membuat terjadinya getaran-getaran yang berasal pada rem mobil. Bahkan jika kondisinya sudah lumayan parah, maka getaran tersebut dapat terasa hingga pada setir mobil.

4. Minyak rem berkurang

Anda juga bisa mengecek minyak rem mobil. Apabila terjadi penurunan minyak rem, anda bisa langsung mengecek untuk memastikan bahwa kampas rem sudah harus diganti. Anda dapat memperhatikan jika terdapat rembesan ataupun tetesan minyak rem.

Hal ini bukan disebabkan karena adanya kebocoran pada minyak rem melainkan karena kondisi kampas rem yang sudah habis. Sehingga ketika Anda sudah mengganti kampas rem mobil, maka kondisi minyak rem mobil anda akan kembali normal.

5. Kotor dari serbuk kampas rem

Munculnya serbuk kampas juga menjadi tanda bahwa kampas rem sudah harus diganti. Anda bisa mengeceknya di velg bagian dalam. Apabila sudah melihat adanya serbuk, sebaiknya Anda segera mengganti kampas rem tersebut demi keamanan dan keselamatan.

Jangan sampai ketika mobil Anda sudah mengalami masalah pada pengereman, baru melakukan pengecekan pada rem mobil. Begitu pentingnya peran piranti pengereman mobil ini sehingga pastikan kondisi kampas rem mobil Anda masih aman, apalagi saat Anda ingin melakukan perjalanan jauh agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi untuk memastikan kondisi kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA