Aplikasi Kelas Pintar Kini Terintegrasi Android TV

IN
Oleh inilahcom
Rabu 17 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Selama setahun terakhir, pemerintah mengharuskan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di tengah kekagetan, ketidaksiapan, dan keterbatasan sarana prasarana belajar yang bercampur kekalutan orangtua, pendidik, dan peserta didik, banyak kalangan menilai inilah momen penting untuk membahas pendidikan masa depan.

Ledakan teknologi pendidikan atau education technology (edtech) yang sejatinya secara global dimulai sekitar tahun 2010 seolah semakin mendapatkan tempat. Sebab, masyarakat yang semakin terbiasa PJJ, meski masih berkutat segala keterbatasan karena pandemi tak kunjung usai, dijadikan narasi untuk mempercepat penggunaan edtech. Edtech diyakini sebagai masa depan layanan pendidikan yang permanen.

Melihat hal ini platform penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi, Kelas Pintar baru saja memperkenalkan cara baru untuk penggunanya belajar. Pengguna Kelas Pintar sekarang bisa belajar dan latihan SOAL menggunakan Android TV. Belajar sekarang bisa di mana saja berkat kemajuan teknologi. Kelas Pintar memperluas akses kepada pengguna ke Android TV agar belajar siswa menjadi lebih nyaman di layar besar.

Selain melalui smartphone, tablet, PC maupun laptop, saat ini layanan SOAL dari Kelas Pintar juga dapat diakses oleh siswa melalui Android TV. Dengan keberadaan opsi ini, para siswa bisa melakukan pembelajaran melalui konten video yang tersedia, berlatih SOAL dan melihat raport melalui layar yang lebih besar dan orangtua bisa melakukan proses pendampingan belajar," kata Founder dan CEO Kelas Pintar Fernando Uffie.

Dengan keberadaan aplikasi Kelas Pintar untuk Android TV diharapkan interaksi antara anak dan orangtua pada saat proses pendampingan belajar bisa lebih leluasa dan nyaman. Pasalnya, ukuran layar yang relatif lebih lapang.

Sayangnya, aplikasi Kelas Pintar versi Android TV saat ini masih terbatas untuk produk layanan SOAL. Untuk mengaksesnya pengguna perlu mengunduh aplikasi Kelas Pintar di Google Play Store yang ada di Android TV.
Kemudian sign-in bagi yang sudah terdaftar atau pilih daftar bagi yang belum. Lalu, di aplikasi Android TV, para siswa bisa belajar sesuai kelas masing-masing melalui materi video maupun presentasi yang ada di layanan SOAL.

Selain itu, para siswa juga bisa berlatih soal-soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan penjelasan untuk memahami materi dari soal tersebut. Tak cukup sampai di situ, para siswa maupun orangtua juga bisa melihat raport langsung dari Android TV.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA