Gelis Dukung Pemerintah Sasar Bidang UMKM

IN
Oleh inilahcom
Kamis 18 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT Solar Panel Indonesia (SPI) menyambut gembira kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan bertenaga listrik dengan menghadirkan Gerobak Listrik (Gelis) yang menyasar bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kendaraan ini diproduksi menyasar konsumen UMKM. Gelis diciptakan untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia," ungkap Ary Tjahyono, Chief Marketing Officer PT SPI, dalam keterangan resminya.

Menggunakan komponen lokal sebanyak 60 persen dan di produksi di Bogor, Jawa Barat, Gelis yakin mampu mendapatkan sambutan baik dari para pelaku usaha UMKM dengan terobosan yang menghadirkan kendaraan roda tiga bertenaga listrik.

Dalam hal ini, PT SPI melakukan kolaborasi dengan PT Harapan Bangsa Kita (Hebat) yang bergerak di sektor UMKM untuk dijadikan kendaraan operasional yang akan membantu para pelaku UMKM menjalani bisnisnya.

CMO PT Hebat Ansari Kadir mengatakan pihaknya ingin membantu para pedagang kecil dan UMKM agar naik kelas dan juga menjadikan sebuah terobosan baru bagi merek yang terganjal sewa lokasi. Salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik Gelis.

"Kami punya 800 UMKM binaan dan ini akan terus kami kembangkan. Di Indonesia sendiri ada 10 juta UMKM yang perlu dibantu," ucap dia.

Untuk saat ini, pihaknya akan melakukan uji coba selama tiga bulan berjualan menggunakan Gelis sebelum akhirnya secara bertahap akan mengadakan pembelian lebih lanjutnya.

Gelis menggunakan komponen yang berasal dari dalam negeri sebanyak 60 persen, seperti sasis, baterai, dan lainnya. Kendaraan ini memiliki beberapa model, yakni Gelis Pick Up, Gelis Garbage, Gelis Retro, dan Gelis Cargo, yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp14 juta hingga Rp24 juta.

Gelis ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 800 watt dengan baterai 26 Ampere Hour (AH). Pengecasan hanya butuh 3-4 jam dan cuma memerlukan sekitar 300 watt listrik untuk isi daya.

Kecepatan maksimal dibatasi hanya 30 km/jam untuk standar dengan baterai 26 AH.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA