Spotify Siapkan Paket Langganan Lossless Audio

IN
Oleh inilahcom
Rabu 24 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Stockholm - Layanan musik digital Spotify mengumumkan rencana untuk meluncurkan paket berlangganan barunya bernama Spotify HiFi, yang akan memungkinkan pengguna untuk menikmati musik dengan kualitas lossless audio.

Spotify menyebut fitur ini akan menghasilkan streaming musik berkualitas tinggi secara konsisten. Spotify HiFi sendiri menjadi salah satu fitur baru yang paling banyak diminta oleh penggunanya.

Spotify HiFi dikatakan akan menghadirkan musik dalam format lossless audio berkualitas CD ke perangkat pengguna dan speaker yang mendukung Spotify Connect, yang berarti pengguna akan dapat merasakan lebih dalam dan jernih sambil menikmati lagu favorit mereka.

Sebagai informasi, lossless audio sendiri adalah sebuah format audio yang dapat menyimpan data dengan ukuran (size) yang lebih kecil dari uncompressed format, namun dengan kualitas yang identik.

Lossless audio dihasilkan dari sebuah proses kompresi lossless. Dengan cara ini, proses pemampatan diusahakan untuk mempertahankan data yang benar-benar terpakai, dan hanya membuang data yang benar-benar tidak diperlukan (dikenal dengan sebutan statistical redudancy).

Secara teori, lossless audio memiliki ukuran 55-65 persen dari ukuran uncompressed, namun angka ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi, tergantung dari banyak dan kompleksnya data yang di-encode dari sumbernya. Beberapa contoh lossless compressed audio format antara lain FLAC dan WMA.

"Ubiquity adalah inti dari semua yang kami lakukan di Spotify, dan kami bekerja sama dengan beberapa produsen speaker terbesar di dunia untuk membuat Spotify HiFi dapat diakses oleh sebanyak mungkin penggemar melalui Spotify Connect," kata Spotify.

Spotify HiFi juga akan dipadukan dengan pengalaman pengguna yang mulus, membangun komitmen Spotify untuk memastikan pengguna dapat mendengarkan musik yang mereka sukai dengan cara yang mereka inginkan.

"Spotify HiFi akan mulai diluncurkan di pasar tertentu akhir tahun ini, dan kami akan segera membagikan detail selengkapnya," jelas Spotify.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA