Pimpin Pasar Kendaraan Premium

BMW Group Indonesia Jual 2.565 Unit Mobil di 2020

IN
Oleh inilahcom
Kamis 25 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - BMW Group Indonesia mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Sebanyak 2.565 unit kendaraan BMW dan MINI terjual pada tahun 2020, dengan angka penjualan terdiri dari 2.082 kendaraan BMW dan 483 kendaraan MINI.

"BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan hasil luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif premium terdepan di Indonesia," kata President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan, melalui keterangan tertulisnya.

"Berkat rangkaian penawaran menarik dari BMW dan MINI terbaru, aktivasi digital inovatif, home delivery, dan juga pilihan home service, kami berhasil mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih inten," dia menambahkan.

Terlepas dari banyaknya tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, Ramesh mengatakan bahwa perusahaan akan terus meningkatkan penjualan tahun ini, siap untuk menjadikan 2021 sebagai tahun yang lebih sukses.

Sementara itu, BMW Indonesia menyelesaikan tahun 2020 dengan mengirimkan 2.082 unit kendaraan atau turun 16,7 persen dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, pasar otomotif terkena dampak lebih dari 40 persen, dan segmen premium lebih dari 30 persen. Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan model di segmen mewah seperti BMW Seri 7 dan BMW X7.

Keunggulan BMW juga ditopang oleh model-model Sport Activity Vehicle (SAV), yang merupakan favorit pelanggan di Indonesia.

Secara keseluruhan model SAV BMW sumbangkan 52 persen dari total penjualan. Model-model BMW lainnya yang juga memimpin di segmennya adalah BMW Seri 7, BMW Seri 3, dan BMW X5.

Adapun tiga model terlaris BMW pada tahun 2020 adalah BMW Seri 3 (29 persen), BMW X1 (21 persen), dan BMW X5 (17 persen).

Secara global, BMW M GmbH di tahun 2020 laporkan tahun tersukses dalam hampir 50 tahun sejarahnya. Dengan pertumbuhan penjualan 6 persen (144.218 kendaraan dikirim).

Selain BMW, MINI juga mencatatkan pencapaian yang cukup baik. Di antara model-model yang diluncurkan tahun lalu, terdapat lima model baru yang menampilkan label 'edisi terbatas'.

Tahun 2020 dimulai dengan kehadiran MINI Clubman terbaru, diikuti dengan kedatangan MINI 3-door edition GT 'khusus Indonesia', peluncuran model ofensif John Cooper Works, dan penampilan mencolok dari edisi terbatas MINI John Cooper Works GP.

Pengenalan model dan varian baru ini dilakukan melalui aktivasi daring dan luring, menjadi alasan di balik kuatnya posisi MINI di tengah tantangan pandemi yang sedang berlangsung.

Adapun tiga model MINI teratas di tahun 2020 adalah MINI Countryman (37 persen), MINI 3-Door (35 persen), dan MINI 5-Door (11 persen).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA