Begini Posisi Menyetir Ideal dan Ergonomis

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 27 Februari 2021
share
 

ISTILAH ergonomis kerap digunakan untuk mendeskripsikan sebuah kenyamanan di dalam mobil. Semakin nyaman mobil digunakan, berarti semakin ergonomis.

Ergonomis merupakan kemudahan atau kenyamanan mengendarai mobil, yang diberikan pabrikan dengan berbagai fiturnya. Tanpa adanya ergonomis, mobil semakin kecil tingkat kenyamanannya saat dikendarai. Hal ini menandakan tidak banyak fitur yang disematkan.

Seperti yang disampaikan dalam unggahan video terbaru dalam kanal YouTube resmi Jaguar, posisi ini tidak hanya mengedepankan postur yang baik dan ergonomis, tetapi juga mengoptimalkan keamanan dan pengendalian mobil.

Meskipun terkadang Anda merasa nyaman dengan posisi duduk di mobil Anda sekarang, belum menentukan posisi tersebut benar-benar ergonomis. Siapa tahu ada hal-hal yang perlu Anda perbaiki demi kenyamanan berkendara.

Unggahan video singkat tersebut menyentuh hal-hal terperinci seperti mengosongkan saku celana sebelum duduk di kursi kemudi. Mengapa? Jaguar berpendapat, kantong celana yang penuh bisa mengganggu kenyaman mengemudi. Terlebih, bukankah konsol tengah juga bisa dimanfaatkan untuk menampung isi kantong celana seperti dompet, ponsel, hingga uang koin?

Tak hanya itu, untuk memastikan posisi duduk ergonimis dengan posisi punggung menyentuh jok juga harus diiringi dengan bagian sandaran kepala dan bagian atas kepala proporsional. Kemudian, pastikan lutut dan siku tangan sedikit ditekuk untuk mengontrol pedal dan roda kemudi.

Saat Anda memutar roda kemudi atau setir, posisikan bahu supaya tetap menyentuh bagian belakang jok. Anda harus duduk dalam kondisi rileks, tanpa mengurangi tingkat kewaspadaan selama mengemudi.

Setelah mendapat posisi duduk yang nyaman, Anda bisa menyesuaikan posisi kaca spion kiri dan kanan serta spion tengah untuk memastikan untuk memasikan kontrol dengan bagian belakang.

Anda juga bisa memanfaatkan kamera belakang untuk melihat kondisi di belakang Ada. Hanya dalam beberapa menit dengan mengatur posisi duduk yang baik, Anda dapat membuat perubahan dramatis dalam kendali, kenyamanan, dan kepercayaan diri Anda di belakang kemudi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA