Cari Tempat Kuliah? Ini Pilihan Kampus yang Tepat

IN
Oleh inilahcom
Senin 01 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam memajukan bangsa. Salah satunya yang menarik disoroti adalah kualitas perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sejumlah kampus di tanah air terus menunjukkan tajinya untuk bisa bersaing dengan jajaran perguruan tinggi di tingkat internasional.

News RCTI+ sangat peduli dalam memberitakan berita-berita pendidikan yang update dan lengkap.

Berita terbaru adalah peringkat yang disusun oleh UniRank terhadap 100 Universitas Islam di dunia. Secara mengejutkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Indonesia berada di peringkat pertama.

UMM berhasil mengalahkan universitas-universitas Islam lainnya yang cukup terkenal seperti Universitas Cairo di Mesir ataupun Iran University of Science and Technology, Iran. Dari 10 besar universitas Islam terbaik di dunia versi Unirank ini, lima diantaranya berasal dari Indonesia. Sangat membanggakan!

Berita soal prestasi UMM ini banyak muncul di News RCTI+ dengan sajian yang dikemas dari berbagai angle. Ada yang merasa bangga, banyak juga yang mempertanyakan metode pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank. Berita terkait pendidikan memang selalu menyedot perhatian pembaca apalagi jika menyangkut prestasi anak bangsa di tingkat dunia.

Maklum saja berita pendidikan tidak hanya dibaca oleh mereka yang menjadi pemangku kepentingan, namun juga dibaca juga oleh para orang tua, pelajar dan mahasiswa, serta para pelaku bisnis. Potensi pembaca berita pendidikan sangat besar, diperkirakan mencapai lebih dari setengah populasi. Itu sebabnya berita pendidikan jadi salah satu rubrik atau kanal di berbagai media. Di News RCTI+, berita pendidikan dapat dibaca di Kanal Nasional dan Gaya Hidup.

News RCTI+ memang sangat peduli dengan berita-berita bertema pendidikan. Termasuk juga berita-berita tentang pendidikan tinggi. Berita ini banyak menyedot perhatian pembaca, ungkap Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo.

Dengan berita-berita di atas, News RCTI+ ingin berkontribusi dalam mendorong dan memajukan pendidikan di Indonesia. Karena bagaimana pun pendidikan merupakan elevator untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Setiap hari ada ratusan berita terkait pendidikan yang ditayangkan News RCTI+. Tak mengherankan jika News RCTI+ merupakan news aggregator yang paling lengkap menyajikan berita pendidikan setiap harinya.

Tak hanya kampus Islam, sejumlah perguruan tinggi negeri Tanah Air juga mulai diakui keberadaannya di ranah global. Misalnya, paling sedikit ada sembilan kampus kebanggaan bangsa masuk dalam pemeringkatan di Times Higher Education (THE) World University Ranking 2020.

Dalam THE World University Rankings tersebut Universitas Indonesia (UI) kembali memuncaki sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan peringkat 801 dunia. Berikutnya Institut Teknologi Bandung (ITB); Universitas Brawijaya (UB); Universitas Diponegoro (Undip); dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian Institut Pertanian Bogor (IPB); Universitas Padjadjaran (Unpad); Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); dan Telkom University.

Selain itu, masih banyak lembaga pemeringkatan tingkat dunia lain yang juga menyertakan kampus-kampus di Indonesia dalam daftar terbaiknya. Sebut saja Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (QS AUR) 2021 telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia. Ada 30 perguruan tinggi di Indonesia dari total 650 kampus Asia yang masuk dalam tersebut. Ada juga Webometrics Ranking of World Universities 2021 yang mencatat UGM Yogyakarta sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Selain berbagai prestasi itu, masih banyak pekerjaan rumah dari dunia pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Diantaranya : masih sedikitnya masyarakat kita yang bersekolah hingga sarjana, kualitas lulusan sarjana, kualitas dosen, hingga belum meratanya kualitas dan kuantitas kampus di Indonesia. Juga belum adanya kesesuaian dunia pendidikan dengan dunia industri sehingga banyak angkatan kerja yang tidak terserap optimal. Cukup mengkhawatirkan.

Data Kementerian Ketenagakerjaan tahun 2020 menyebut produktivitas dari para pekerja Indonesia sangat rendah. Sebanyak 87% dari total penduduk yang bekerja memiliki tingkat pendidikan SMA ke bawah. Dari angka tersebut, 39% memiliki pendidikan setingkat SD.
Ironisnya lagi, pengangguran banyak didominasi lulusan SMA sampai sarjana. Perinciannya, jumlah pengangguran terbuka berdasarkan data tahun 2019, untuk tingkat pendidikan SD dan SMP adalah masing-masing 17% dan 16%. Sementara untuk lulusan SMA dan SMK masing-masing 28,2% dan 24,5%. Pendidikan Diploma hanya 3,1% dan tingkat pendidikan sarjana sebesar 10,5%.
Hal-hal di atas menjadi tantangan bersama.

Peningkatan kualitas Pendidikan harus dilakukan sejak dini di semua tingkatan secara bersamaan agar kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia segera bisa bersaing di ranah global. Dengan sinergi dan kebersamaan seluruh elemen bangsa, harapan tersebut bukan hal mustahil untuk dicapai. Apalagi, bidang pendidikan terus mendapat perhatian besar dari pemerintah. Ditambah lagi, anggaran bidang pendidikan paling besar, yakni 20% dari APBN.

Saat ini siswa yang duduk di kelas XII, tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai seleksi jalur masuk ke perguruan tinggi. Seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jaur-jalur seleksi lainnya. Informasi terkait seleksi masuk perguruan tinggi ini pun dapat disimak di News RCTI+. Juga perkembangan dunia pendidikan di semua tingkatan mulai SD, SMP, SMA dan isu-isu lain yang melingkupinya. Seperti kesejahteraan guru dan dosen, perubahan kurikulum hingga keikutsertaan swasta dalam mendukung dunia pendidikan nasional. Sehingga berita-berita pendidikan yang disajikan oleh News RCTI+ dapat menjadi referensi, karena selalu up date, lengkap dan terpercaya.

Sebanyak 55 publisher menyuplai berita 7.500 hingga 9.000 setiap hari ke News RCTI+ dalam berbagai isu di segala bidang. Ribuan berita tersebut ditampung dalam 14 kategori atau kanal. Yaitu, Berita Utama, Terkini, Populer, Otomotif, Travel, Ekonomi, Gaya Hidup, Muslim, Seleb, Teknologi, Olahraga, Global, Nasional, dan Infografis.

Publisher-publisher yang telah berkolaborasi dengan RCTI+ diantaranya : Okezone.com, Sindonews.com, Inews.id, Republika.com, Jawapos.com, Bisnis.com, Investor.com, Brilio.net, Tabloidbintang.com, Katadata.co.id, Rmol.id, Beritasatu.com, Infobanknews.com, dan Inilah.com. Selain itu ada Indozone.id, ayojakarta, pojoksatu, Alinea, Gwigwi, dw.com dan masih banyak lagi.

Tak hanya publisher yang home base-nya di Jakarta, News RCTI+ juga menggandeng banyak publisher berpengaruh yang markasnya di daerah. Sebut saja Radarjogja.com, Bantenhits.com, Ayosemarang.com, Ayobogor.com, Suarantb.com, Lombokpost.com, Suarasurabaya.net, Sumselupdate.com, Bukamatanews.id, Mandalapos.co.id dan masih banyak yang lain.

News menjadi satu bagian penting dari lima pilar yang ada di RCTI+. Selain news, empat pilar lainnya adalah video, audio, home of talent (HOT), dan games. Sehingga jika sudah cukup dengan informasi berita di News RCTI+, para pembaca juga bisa langsung melanjutkan petualangannya dengan menonton original series dan original movies, mendengarkan radio, bermain games hingga menonton bakat-bakat para seniman di home of talent (HOT). Banyak hiburan dan juga pengetahuan penting dan mengasyikkan tersaji sangat lengkap di RCTI+.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA