Review Realme Narzo 30A: Kampiun Gamer Entry Level

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 03 Maret 2021
share
(inilahcom)

PEMBATASAN sosial yang membuat orang terpaksa bekerja dan belajar dari rumah selama masa pandemi COVID-19 telah meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap gawai, seperti ponsel pintar. Kecenderungan ini dinilai akan terus berlanjut bahkan melampaui masa pandemi.

Hal ini diyakini karena perubahan gaya hidup yang terjadi pada masa pandemi tidak akan kembali normal sepenuhnya seperti prapandemi. Pertumbuhan positif diproyeksi oleh firma riset pasar IDC terjadi pada pasar ponsel pintar. Pengiriman ponsel diproyeksikan meningkat pada 2021, yang sempat mengalami penurunan hingga 20 persen di masa awal pandemi COVID-19. IDC memprediksikan, pengiriman ponsel akan meningkat 4,4 persen year on year pada 2021.

Selain karena pemulihan ekosistem rantai pasok ponsel pintar seiring dengan pemulihan pascapandemi, minat masyarakat akan teknologi dengan ponsel yang relatif terjangkau atau kelas entry level masih bakal tetap jadi primadona. Salah satu pemain yang kerap bermain di segmen ini realme kini di 2021 perdana hadir dengan ponsel barunya realme narzo 30A.

Mengusung slogan "Power Up The Game" yang ditujukan untuk gamer muda yang mencari ponsel direntang harga sejutaan seperti apa performa dan fitur andalannya? simak ulasannya berikut ini.


Desain dan layar

Dibuat seperti perangkat ponsel entry level pada umumnya, Narzo 30A memiliki konstruksi plastik unibody yang tebal dengan lapisan bertekstur diagonal di sebagian besar bagian belakang ponsel. Pas pertama kali memegang smartphone ini, memang terasa sedikit lebih tebal dan berbobot. Wajar saja, baterainya gede banget soalnya. Tapi masih terjaga kok, dengan ketebalan 9,8mm dan berat 207 gram. Kita anggap saja seperti sedang menggenggam smartphone flagship yang punya bobot sama.

DSC00493

Sisi-sisinya melengkung dengan lembut agar lebih mudah digenggam, tetapi seperti kebanyakan smartphone berlayar besar saat ini, 30A tidak terlalu pas digunakan dengan satu tangan. Meski begitu gradasi warnanya terlihat lebih fresh, tetap menarik untuk dilihat walaupun masuk di kelas pemula. Ada dua varian warna yang bisa dipilih oleh konsumen yang ingin meminang Realme Narzo 30A, yakni Laser Black dan Laser Blue.

Pada bagian belakang terletak sistem dual kamera di housing persegi di bagian belakang yang cukup sejajar dengan bodi, dan ada sensor pemindai sidik jari.

DSC00505


Tombol-tombol di sampingnya dapat diklik dan strategis dengan respons yang baik, dan di bagian bawah ada port USB-C . Bersamaan dengan itu adalah jack headphone standar 3,5 mm dan lubang speaker. Sementara sisi kiri dihuni oleh slot SIM Tray yang sanggup menampung dua SIM Card dan sebuah microSD.

Semua tombol penggunaan ada di sebelah kanan perangkat, dengan volume dan tombol daya berfungsi seperti yang diharapkan dan terasa taktil dan responsif. lubang speaker ponsel ditempatkan di bagian bawah yang dapat meredam suara saat bermain game. Beranjak ke tampilan, bagian depan ponsel ini menggunakan panel berukuran 6,5 inci dengan dukungan resolusi HD + (720x1600 piksel). realme masih tetap mengadopsi layar dengan notch berbentuk waterdrop yang terselip di bagian atas. Desain ini juga memperbesar rasio layar ke bodi hingga mencapai 88,7 persen.

DSC00481

Layarnya juga menjanjikan kerapatan piksel yang layak sebesar 269ppi dan kecerahan puncak tinggi 570 nit. Ponsel Ini mendukung resolusi HD 720p dan kecepatan refresh 60Hz, tentu sudah lumayan dari segi harganya. Hal yang menarik tentang layar adalah ia bisa menjadi cukup terang di bawah sinar matahari langsung untuk membuat teks terlihat dengan baik. Karena layarnya cukup besar, menonton film di ponsel juga menyenangkan, meski kontennya tidak diputar pada resolusi 1080p. Untuk gaming, tampilan menghadirkan pengalaman yang lumayan, jelas karena harganya.

DSC00483

Sejak awal dibuka dari kotaknya, realme narzo 30A sudah memiliki lapisan antigores yang terpasang dari pabrikan. Saran kami, tetap digunakan saja, meski sudah terlapis Corning Gorilla Glass 3. Supaya lebih terlindungi saja.

Kamera

Realme memutuskan untuk melengkapi Narzo 30A dengan pengaturan lensa ganda yang agak mendasar. kamera utamanya dipersenjatai lensa 13MP primer dengan aperture f / 2.2. Ini diletakkan di sebelah lensa potret B&W sekunder untuk menambahkan informasi tambahan ke bidikan. Lensa ini memiliki aperture f / 2.4.

DSC00510

Dari segi fitur, kamera dapat menangkap gambar dalam Super NightScape Mode, Night Filters, Chroma Boost, Beauty, Filter, HDR, Panoramic view, Portrait, Time-lapse, Slo-mo, dan Expert Mode.

Semua mode kamera digerakkan oleh lensa utama yang menghasilkan bidikan yang cukup bagus dalam situasi pencahayaan yang baik. Gambar yang dihasilkan keluar dengan jumlah detail yang layak, dan bidikan umumnya tajam dengan rentang dinamis yang memadai.

IMG20210302131703

Lensa bawaanya melakukan pekerjaan yang baik dalam mengunci fokus objek, namun, respons rana di antara gambar dengan aplikasi kamera membutuhkan setidaknya 2-3 detik untuk memproses satu bidikan dan kemudian bergerak untuk mengklik gambar berikutnya. Meskipun ini mungkin bukan masalah besar, pasti cukupmembuat frustrasi jika Anda mencoba mengklik beberapa gambar dengan cepat karena penundaan di antara jepretan ini dapat dengan mudah menyebabkan pengguna kehilangan objek yang dituju.

Kamera Narzo 30A juga mampu membidik areat potret yang layak, namun deteksi sisi tetap menjadi masalah. Ponsel ini bekerja dengan baik dengan cahaya redup, dengan mode NightScape pasti meningkatkan kualitas gambar ketika lensa aperture f / 2.2 tidak diberi cukup cahaya untuk digunakan. Ada juga sedikit noise untuk merusak bidikan yang diklik dalam cahaya redup menggunakan lensa ini.

Lensa ini berhasil menangkap banyak detail dan warna kulit yang akurat di siang hari. Namun, performa cahayanya yang rendah menyisakan sedikit hal yang diinginkan. Urusan kamera selfie juga menawarkan dukungan untuk fitur-fitur seperti AI beauty, HDR, Panoramic View, Time-lapse dan juga membawa serta berbagai filter. Kamera depan juga dapat mengklik bidikan potret, namun, ini sedikit dikecewakan oleh deteksi tepi rata-rata kamera.

Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera dari realme Narzo 30A:

IMG20210302094455

IMG20210302125037

IMG20210302123334

IMG20210302131111

IMG20210302131831

IMG20210302130641

Malam Hari

IMG20210223190846

IMG20210223184612

Kamera Depan

IMG20210302123149

Performa

Satu poin kebanggaan pada ponsel kelas bawah ini adalah terletak pada sektor dapur pacunya, Realme Narzo 30A dimotori dengan chipset gaming yang lumayan bertenaga untuk smartphone entry level saat ini yaitu, MediaTek Helio G85. Chipset ini juga sudah terbukti ketangguhanya pada realme narzo 20 yang menggunakan konfigurasi prosesor delapan inti dengan dua inti berkecepatan tinggi clockspeed 2.0 GHz, dan enam inti dengan clockspeed 1.8 GHz.

Pengolahan grafisnya juga mengandalkan GPU yang juga lebih tinggi, yaitu ARM Mali-G52 yang memiliki kecepatan 1 GHz. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan Helio G70 dengan GPU 820MHz dan Helio G80 dengan GPU 950MHz.

IMG20210302045024

Menariknya lagi, chipset Helio G85 juga dilengkapi dengan fitur bernama HyperEngine. Fitur ini disebut dapat meningkatkan performa smartphone saat bermain game. Kinerja dari Helio G85 bakal ikut ditopang dengan keberadaan RAM berjenis LPDDR4x dual channel berkapasitas 4 GB. Sementara memori penyimpanannya menawarkan ruang seluas 64 GB.

Tak ketinggalan adanya slot memori eksternal yang sanggup menampung microSD hingga kapasitas 256 GB. Jadi tak perlu khawatir jika ingin menyimpan banyak resource data file game di smartphone karena ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup lapang.

Guna melihat seberapa tinggi performa yang ditawarkan Realme Narzo 30A, seperti biasa kami sudah melakukan serangkaian pengujian dengan memainkan game populer yang bisa dilihat dari video unboxing dibawah.

Berikut video pengujian di review Realme Narzo 30A.

Seperti dilihat Kami memainkan Call of Duty Mobile dan Genshin Impact pada pengaturan default dan kami cukup senang dengan kinerjanya meski tidak lambat, tapi juga tidak terlalu spesial. Pada dasarnya, prosesor ini sangat bagus untuk ukuran harga dikelasnya. Untuk lebih meyakinkan kami juga melakukan pengujian dengan bantuan beberapa aplikasi benchmark.

PCmark dan Antutu

Photo-Grid-Plus-1614739938090

GFXbench dan Geekbench

Photo-Grid-Plus-1614739987885


Baterai

Dengan teknologi pengecasan smartphone realme umumnya sudah terbilang kenceng banget. Nah, di realme narzo 30A yang notabene smartphone entry-level, realme malah menggabungkan dua inovasi sekaligus. Menggunakan baterai terbesar, 6.000 mAh plus 18W Quick Charge seperti yang sudah dilakukan pada realme C15.


DSC00503

Di smartphone realme sebelumnya yang punya baterai 5.000 mAh, sangat normal bila tahan hingga dua hari pemakaian. Dengan realme narzo 30A, mudah saja digunakan sampai tiga hari, dengan pemakaian yang cenderung ringan tentunya ya. Sementara kalau lebih intensif, sering dibuat gaming dan streaming, bisa nyala dua hari dengan screen-on time sampai 8-10 jam.

Baru di realme narzo 30A, kami nggak khawatir tidak membawa powerbank keluar rumah (ketika memang urgen, ya, kalau nggak perlu tetap lebih baik di rumah saja) dengan kapasitas baterai 15%. Bahkan ketika sudah 5% pun, kita bisa mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode yang bisa menambah masa pakai hingga beberapa jam lagi.

Menariknya, Super Power Saving Mode menawarkan pengguna untuk memlilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan untuk memfokuskan sistem dan menejemen daya ke aplikasi terpilih demi memperpanjang usia baterai. Lalu, mau menjadikan realme narzo 30A sebagai power bank? Bisa, lewat fitur reverse charging dengan tambahan kabel USB OTG terpisah ya.

Ketika perlu mengisi daya, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menambah daya 25%. Sementara untuk mengisi penuh, butuh waktu kurang lebih sekitar 100 menit dari 25-100%. Sekali lagi, ini sangat wajar mengingat kapasitas baterainya yang besar. Waktu siaganya aja bisa mencapai 46 hari, alias satu bulan lebih.

Spesifikasi

spek

Kesimpulan

Pengalaman menggunakan perangkat ini oleh INILAHCOM menunjukkan kesan yang apa adanya. Dengan harga sejutaan, pengguna sudah mendapatkan performa perangkat dengan baterai yang bisa diandalkan untuk penggunaan yang berat, layar yang lega untuk bermain game dan menonton konten, dan lensa ganda untuk menghasilkan efek ruang tajam.

Pada akhirnya, jika Anda sedang mencari smartphone yang berorientasi pada kinerja gaming dengan daya tahan baterai yang baik dengan anggaran terbatas, Narzo 30A bisa masuk daftar teratas dalam daftar pertimbangan Anda.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA