Aksi Peduli Toyota di Tengah Bencana Awal Tahun

TMMIN Salurkan Donasi Rp1,25 Miliar kepada PMI

IN
Oleh inilahcom
Kamis 04 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Di awal tahun ini, Indonesia menghadapi deretan bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah, antara lain gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah, tanah longsor yang menimpa masyarakat di Jawa Barat, hingga banjir yang dialami oleh warga Karawang. Situasi ini semakin menantang di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir.

Sebagai wujud kepedulian dan partisipasi perusahaan, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama perusahaan pemasok lokal (supply chain) turut pula memberikan donasi sebesar Rp1,25 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) pada Selasa lalu (2/3/2021).

Upaya ini merupakan wujud dukungan kepada pemerintah dalam penanggulangan bencana alam di Tanah Air. Pun, menjadi bukti kepedulian perusahaan melalui aktivitas corporate social responsibility di bidang kemanusiaan.

Sebelumnya pada Januari lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama diler dan local stakeholders juga telah menyalurkan bantuan langsung secara bertahap untuk membantu pemulihan daerah terdampak di Majene-Mamuju dan Kalimantan Selatan, di antaranya dengan memberikan barang-barang kebutuhan siap pakai, medical support, dan sanitasi.

Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam. Bantuan diserahkan Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono kepada Ketua Umum PMI HM Jusuf Kalla secara virtual di lokasi masing-masing, sesuai standar protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

"Kami menyampaikan simpati mendalam kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam di berbagai wilayah Indonesia. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PMI, dan semua pihak yang bekerja keras membantu upaya penanggulangan bencana di daerah dalam kondisi pandemi saat ini. Semoga donasi yang kami berikan melalui PMI, dapat terasa manfaatnya bagi daerah yang terdampak," ujar Warih dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Di saat yang bersamaan, TMMIN juga melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau MoU dengan PMI tentang 'Dukungan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Manajemen Aset'.

Adapun ruang lingkup dari MoU ini berisi tentang Program Pelatihan Training for Trainer mengenai Budaya Kerja, Kaizen, dan Plan Do Check Action (PDCA) serta Pengembangan Manajemen Aset yang meliputi Database Aset Terintegrasi serta Modifikasi Sistem Aset.

Pada 25 Februari lalu, TMMIN memberikan bantuan donasi bagi korban banjir Kabupaten Karawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Karawang dan warga Karawang dengan total bantuan sebesar Rp300 juta yang terdiri dari beras 3,1 ton, kebutuhan bayi sebanyak 700 set, cairan desinfektan (1.000 liter), masker sebanyak 20.300 pcs, dan alat-alat pembersih.

"Kami berharap serangkaian donasi TMMIN bersama PMI dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemulihan bencana di Indonesia. Kami senantiasa memberikan dukungan penuh kepada PMI dan pemerintah dalam mengatasi bencana alam di awal tahun 2021," ucap Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA