Fitur di Mobil yang Berguna Saat Perjalanan Jauh

IN
Oleh inilahcom
Minggu 07 Maret 2021
share
 

SEKARANG ini banyak orang yang lebih memilih untuk bepergian dengan kendaraan pribadinya. Baik untuk keperluan aktivitas pekerjaan sehari-hari atau juga liburan bersama keluarga keluar kota.

Nah, untuk yang selalu menggunakan mobil pribadi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya ini, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kondisi mobil agar selalu prima. Sebab, kondisi seperti ini akan membuat pengemudi sekaligus penumpang merasa lebih nyaman dan aman selama di perjalanan ke tempat tujuan.

Selain memastikan kondisi kendaraan agar selalu prima, sebaiknya Anda maksimalkan fitur-fitur yang ada di mobil saat di perjalanan. Terutama ketika menempuh perjalanan jauh keluar kota, banyak fitur di mobil modern sekarang ini yang dapat meringankan beban pengemudi.

Apa saja? Simak informasinya berikut ini:

- Paddle Shift

Paddle Shift akan mempermudah pengendara ketika memindahkan gigi. Fitur ini biasanya digunakan di mobil bertransmisi otomatis.

Saat Anda ingin menyalip kendaraan di depan, maka cara yang dilakukan adalah cukup jentikkan jari di paddle shift maka mobil akan mengurangi gigi dan juga menambah gigi ketika dibutuhkan.

- Cruise Control

Fitur ini membuat mobil dapat melaju sesuai kecepatan yang diinginkan oleh pengemudi. Untuk mengaktifkannya hanya perlu memencet tombol di lingkar kemudi.

Hal ini berguna saat melaju di jalan tol dan kondisi cukup kosong bisa diaktifkan untuk mengurani beban sopir. Minimal kaki kanan Anda bisa beristirahat sejenak.

Biasanya, fitur ini bekerja jika mobil melaju minimal 40 km/jam dan akan berjalan sendiri tanpa harus menginjak pedal gas. Untuk menonaktifkan, cukup menginjak pedal gas atau rem saja.

- Adaptive Cruise Control

Fitur ini lebih canggih dari cruise control biasa, karena menggunakan teknologi yang lebih tinggi termasuk untuk melakukan pengereman secara otomatis (adaptif).

Adaptive Cruise Control sudah menggunakan teknologi yang bertujuan untuk mendeteksi jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain yang berada di depan dengan cara mengunci kecepatan mobil di depannya.

Mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah terlalu dekat. Begitu juga ketika mobil mendeteksi jarak yang terlalu jauh dengan kendaraan di depannya, mobil akan menambah kecepatan sesuai dengan setingan kecepatan terakhir pada Adaptive Cruise Control ini.

- Hill Start Assist

Fitur ini bermanfaat saat Anda terjebak kemacetan di tanjakan, karena fitur ini membuat mobil tidak akan langsung mundur walau pedal rem dilepas.

Saat berhenti di tanjakan pedal rem dan tuas rem tangan memegang peranan penting. Namun, kinerjanya akan sedikit berkurang dengan adanya fitur Hill Start Assist. Meskipun, kinerjanya hanya berlangsung beberapa detik, tapi waktunya cukup untuk pengemudi melakukan perpindahan posisi kaki kanan dari pedal rem ke gas.

- USB Port

Fitur USB Port dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai ponsel atau gadget lainnya. Saat perjalanan jauh tentunya fitur ini akan banyak dimanfaatkan oleh Anda dan keluarga.

- ABS & EBD

Ada pula fitur keselamatan ABS & EBD, yaitu Anti-lock Braking System dan Electric Brake-force Distribution yang dapat membantu keamanan dalam proses pengereman sehingga ban mobil tidak selip.

Cara kerjanya adalah dengan membuat ban secara mandiri mengerem hanya dengan satu tekanan pada pedal rem.

Fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang bisa diandalkan saat Anda harus keluar kota untuk perjalanan bisnis atau juga berlibur bersama keluarga yang pastinya akan berkendara di jalan bebas hambatan.

Dengan demikian Anda dan keluarga tidak akan terlalu merasa bosan saat berkendara jauh.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA