Tips Jaga Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi

IN
Oleh inilahcom
Minggu 14 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menjaga mobil tetap terawat tentu memiliki banyak manfaat. Selain membuat kondisi mobil tetap prima, hal ini juga membuat resale value atau harga jual kembali kendaraan menjadi lebih tinggi karena memiliki nilai tambah bagi konsumen.

Harga jual kembali merupakan salah satu variabel yang kerap diperhatikan pemilik mobil. Menjaga aspek ini memungkinkan sang pemilik tetap memiliki nilai atau harga yang berarti ketika nantinya kendaraan dijual kembali dalam kondisi bekas pakai.

Sembarang melakukannya, bisa jadi malah sia-sia, namun jika tidak memerhatikannya sama sekali, dapat dipastikan bakal berujung jatuhnya harga mobil kesayangan.

Bagi para pemilik Mitsubishi Xpander maupun model Mitsubishi lainnya, berikut tips agar harga jual kembali mobil Anda tetap tinggi.

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah rutin melakukan servis berkala maupun perbaikan di bengkel resmi dan selalu menggunakan genuine spare part ketika diperlukan penggantian suku cadang.

"Apabila mobil selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi akan memudahkan pengecekan rekam jejak mobil tersebut. Jika diperlukan penggantian suku cadang, pastikan selalu menggunakan genuine spare part dan dilakukan di diler resmi untuk menjaga kualitas dan standar," kata Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Dengan melakukan perawatan di bengkel resmi, mobil Anda akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik. Tak sedikit calon pembeli mobil bekas kerap menjadikan parameter ini untuk mengukur kualitas kendaraan, bahkan tak jarang juga yang meminta pengecekan langsung bersama penjual di bengkel resmi.

Tips berikutnya adalah memastikan kualitas bahan bakar yang digunakan. Hal ini berguna untuk menjaga umur mesin dan performanya.

"Dengan menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan di buku manual membuat performa mesin terjaga dan tetap prima," ujar Boediarto.

Dia pun mengingatkan agar pemilik mobil lebih berhati-hati dalam melakukan modifikasi. Disarankan agar modifikasi atau pemasangan aksesori kelistrikan sebisa mungkin dihindari.

"Penggunaan aksesoris terutama pada bagian elektrikal rentan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen standar kendaraan. Mohon untuk dapat berhati-hati pada hal ini," imbaunya.

Seperti diketahui, modifikasi yang bersinggungan dengan sistem kelistrikan dapat menggugurkan garansi yang diberikan pabrikan. Oleh karena itu, jika terjadi sesuatu maka konsumen tidak dapat mengajukan klaim.

Ketimbang berisiko, Boediarto menyarankan agar pemilik mobil untuk memberi perhatian lebih pada sisi eksterior dan interior.

"Kondisi eksterior dan interior mobil yang mulus dan terawat, seperti bebas baret, bersih dari sisa makanan atau kotoran di dalam kabin dan dalam kondisi standar sangat berpengaruh terhadap harga jual kembali kendaraan," jelas dia.

"Apabila dirasa perlu, sesekali dalam enam bulan juga perlu perawatan ke salon mobil untuk merawat interior, termasuk jok kulit, dan eksterior, termasuk ruang mesin," imbuhnya.

Khusus bagi pemilik Mitsubishi Xpander, pihak MMKSI sudah menghadirkan paket SMART, yakni program purnajual yang ditujukan untuk memberikan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 3 tahun atau 50.000 km. Ada beberapa jenis skema yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari SMART Silver, SMART Gold hingga SMART Diamond.

Paket ini pun kerap dibagikan secara gratis oleh Mitsubishi dalam program promosi penjualannya. Misalnya saat awal diluncurkan, semua Xpander yang diniagakan bahkan sudah otomatis terdaftar dalam paket layanan SMART Gold senilai Rp3,2 juta.

Menariknya lagi, apabila kendaraan Anda sudah memasuki tahun akhir masa program SMART, program tersebut bisa diperpanjang (extended).

Dijelaskan pihak Mitsubishi, kualitas produk dan ketersediaan layanan purna-jual yang baik memang kunci utama menjaga resale value kendaraan konsumen.

"Xpander Extended SMART Package merupakan salah satu bentuk komitmen kami sebagai produsen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan manfaat optimal kepada konsumen dari sisi layanan purna jual dengan alternatif biaya perawatan kendaraan yang lebih efisien," ungkap Naoya Nakamura, President Director MMKSI, beberapa waktu lalu.

Paket ini jarang ditemukan pada kendaraan merek lain. Biasanya hanya disediakan gratis jasa dan suku cadang hingga 10.000 km. Setelah melewati masa/jarak tersebut, konsumen akan dibebankan harga normal yang akhirnya membuat mereka kerap enggan mampir lagi di bengkel resmi.

Dengan menggunakan paket SMART, biaya perawatan Xpander pun jadi lebih ringan dan sang pemilik bisa memastikan kendaraannya selalu terawat dengan baik menggunakan komponen orisinil di bengkel resmi. Sehingga harga jual kembali dari kendaraan dapat terus terjaga.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA