https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   20 March 2021 - 05:05 wib

Instagram Tambah Fitur Keamanan untuk Remaja

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Platform berbagi foto dan video Instagram memperbarui fitur keamanan mereka untuk menjaga pengguna anak muda atau remaja.

Fitur keamanan tersebut antara lain membatasi aktivitas di fitur Direct Messages hingga panduan untuk orang tua, seperti dikutip dari siaran resmi Instagram, Sabtu (20/3/2021).

Panduan untuk orang tua

Instagram memperbarui panduan untuk orang tua, yang kini berisi penjelasan tentang fitur keamanan, pengaturan privasi, tips dan sejumlah inspirasi pernyataan untuk membuka percakapan dengan remaja seputar pengalaman di media sosial.

Di AS, Singapura, Indonesia, Brasil, Argentina, India, Meksiko, dan Jepang, Instagram bekerja sama dengan ahli dan institusi untuk isu media sosial di kalangan remaja.

Batasan usia

Instagram selama ini mewajibkan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk bergabung ke platform tersebut. Instagram sudah mengadakan verifikasi untuk memastikan pengguna mematuhi batasan usia.

Terbaru, platform ini mengaplikasikan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu remaja menerapkan fitur-fitur yang sesuai dengan usia mereka.

Membatasi fitur DM

Instagram kini membatasi fitur pesan pribadi Direct Messages atau DM untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun. Orang dewasa tidak bisa mengirim DM kepada remaja yang bukan pengikut mereka.

Fitur ini mengandalkan kemampuan pembelajaran mesin atau machine learning untuk memprediksi usia pengguna, yang dimasukkan ketika mendaftar Instagram. Platfom tersebut sedang berupaya beralih ke teknologi enkripsi end-to-end.

Notifikasi di DM

Instagram juga memperkenalkan fitur notifikasi di fitur DM untuk mendorong pengguna remaja berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang dewasa yang sudah terhubung dengan mereka.

Notifikasi akan muncul jika Instagram menemukan ada pengguna dewasa yang berperilaku mencurigakan ingin berinteraksi lewat DM, misalnya ketika pengguna dewasa mengirim banyak permintaan pertemanan kepada pengguna di bawah 18 tahun.

Instagram akan memperingatkan remaja penerima pesan dan memberikan pilihan untuk mengakhiri percakapan, memblokir atau melaporkan pengirim pesan.

Perbaikan di 'Suggested Users'

Instagram akan membatasi pengguna dewasa melihat akun remaja melalui fitur 'Suggested Users', terutama untuk orang dewasa yang berperilaku mencurigakan.

Pembatasan ini juga berlaku untuk fitur Explore dan Reels.

Akun privat

Instagram akan menawarkan opsi mengaktifkan akun privat kepada pendaftar yang berusia di bawah 18 tahun agar mereka bisa mempelajari perbedaan antara akun publik dan privat.

 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Raksasa Teknologi Dukung Rencana Keamanan Siber AS

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka AS telah berkomitmen untuk mendukung rencana pertahanan k
berita-headline

Viral

Wuling Almaz RS EX Bawa Paket Lengkap Siap Gempur Segmen SUV

Persaingan SUV (Sport Utility Vehicle) di Indonesia semakin panas, setelah Wuling Motors merilis
berita-headline

Hangout

Piltik Coffe, Tempat Hangout di Toba Rasa Jakarta yang Instagramable

Menikmati kopi di tengah hingar bingar kota Jakarta mungkin sudah biasa. Tetapi bagaimana rasanya
berita-headline

Hangout

Bedah Fitur A.S.A dan D-CVT Daihatsu Rocky ke Sahabat Klub

Setelah diluncurkan pada April tahun ini, Daihatsu Rocky mendapat sambutan positif dari masyaraka
berita-headline

Inersia

Twitter Rancang Fitur Sembunyikan Cuitan Lama

Twitter kabarnya tengah merancang fitur untuk menyembunyikan cuitan lama ke dalam arsip dan memba