Siemens Rilis Charger Mobil Listrik VersiCharge

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Siemens meluncurkan pengisi daya kendaraan listrik dengan arus listrik AC (alternating current) yang ramping dan ringkas bernama VersiCharge. Perangkat ini mampu memberikan daya listrik hingga 22kW melalui stopkontak atau soket tipe 2 yang umum digunakan di kawasan Asia Pasifik.

Menurut Siemens, VersiCharge menjadi solusi yang memungkinkan kendaraan listrik diisi dayanya dengan cepat, aman, dan hemat biaya.

Berukuran sedikit lebih besar dari kotak sepatu, VersiCharge dapat dipasang di tempat parkir mana pun, baik di komplek perumahan, tempat tinggal, kondominium, pusat perbelanjaan, kantor, bandar udara, dan rumah sakit.

Solusi ini dapat dipasang atau disenderkan di dinding serta dilengkapi dengan pembaca RFID built-in untuk otentikasi pengguna. Pengisi daya pintar ini disesuaikan dengan standar IEC dan UL dan memenuhi kelas pelindung IP56 dan IK10, membuatnya tahan cuaca untuk penggunaan di luar ruangan dan mampu bertahan untuk waktu yang lama.

VersiCharge terhubung dengan lancar ke banyak topologi jaringan, dilengkapi dengan GSM/4G/LTE, WiFi, Ethernet, dan Modbus, serta kompatibel dengan protokol backend OCPP 1.6. Dengan tombol sentuh sederhana dan indikator LED sebagai fungsi utama, unit ini intuitif dan mudah dioperasikan.

Siemens VersiCharge Mobile App (tersedia di Google Play Store dan Apple App Store) semakin meningkatkan kegunaan dan konfigurasi dari pengisi daya saat ketika terhubung. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan waktu pengisian daya, melihat konsumsi energi, memeriksa status pengisian daya, dan banyak lagi.

Kemampuan untuk mengatur waktu untuk memulai proses pengisian, dalam interval waktu dua jam, antara dua hingga delapan jam, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan tarif listrik yang ekonomis di luar periode puncak dan menurunkan biaya listrik secara signifikan.

"Kami mengembangkan VersiCharge dengan mempertimbangkan keberlanjutan, pengoptimalan, dan umur pakai yang panjang. Kami ingin membantu para pelanggan memenuhi target pengurangan karbon mereka dengan produk yang terbukti mudah dirawat dan diskalakan," kata Siddhant Gupta, Kepala Future Grid untuk Siemens di Asia Pasifik, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Di perkantoran, pusat perbelanjaan, dan ruang bersama lainnya, VersiCharge dapat terhubung secara cerdas dengan 24 unit lain yang dikonfigurasi dengan pola relasi 'induk-anak' atau 'parent-child' untuk mengoptimalkan antarmuka dengan backend perangkat lunak yang sesuai dengan OCPP 1.6 serta membangun sistem manajemen untuk manajemen energi dan beban.

Pemilik juga dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan sendiri, seperti dari panel surya, sehingga dapat mengoptimalkan konsumsi daya listrik mereka.

Selain itu, Siemens menyediakan diagnostik jarak jauh berbasis cloud dan pembaruan over-the-air untuk smart charger masa depan.

VersiCharge tersedia dalam versi satu tahapan dan tiga tahapan untuk arus rating hingga 32 amp. Untuk mobil penumpang, rata-rata waktu pengisian daya 22 kW antara 2,5 hingga 4 jam.

Siemens berkomitmen untuk mendukung elektrifikasi untuk segmen pelanggan di semua kategori kendaraan. Solusi ini diarahkan untuk memaksimalkan kemampuan kendaraan listrik untuk bertindak sebagai sumber daya energi yang terdistribusikan, serta memungkinkan pemanfaatan sumber terbarukan secara efektif.

Hingga saat ini, Siemens telah memberikan solusi pengisian daya di lebih dari 35 negara. Perusahaan melanjutkan fokusnya pada pelanggan di pasar mobil, bus, armada, dan truk di seluruh Asia Pasifik.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA