Menelisik Kamera Galaxy A52 vs realme 8 Pro

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 03 April 2021
share
 

JELANG penghujung kuartal pertama 2021, pasar smartphone Tanah Air kembali ramai dengan hadirnya jajaran smartphone mid-range terbaru dari Samsung yang resmi telah diluncurkan pada 17 Maret lalu. Tak tanggung-tanggung, Samsung merilis tiga smartphone mid-range dari seri Galaxy A secara bersamaan: Galaxy A32, A52, dan A72.

Galaxy Samsung A Series terbaru ini diklaim membawa berbagai peningkatan, baik itu dari spesifikasi maupun fiturnya.

Dan, salah satunya peningkatanya adalah kemampuan kamera yang mampu membuat setiap penggunanya terpukau. Hal ini tentu jelas tak heran, karena saat ini banyak merek smartphone yang berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone yang punya kemampuan kamera nomor wahid di kelasnya.

Selain Samsung, baru-baru ini realme Indonesia mengonfirmasi peluncuran realme 8 Series yang juga punya keunggulan soal kemampuan kamera. Ya, realme akan meluncurkan realme 8 Pro yang dibekali dengan resolusi kamera tertinggi saat ini di industri smartphone.

Bahkan, jelang peluncurannya, realme meraih rekor MURI atas keberhasilannya mencetak foto terbesar melalui 108MP di realme 8 Pro dengan menunjukan hasil foto yang jelas dan jernih meski di cetak dalam ukuran ekstra besar.

Lantas, seberapa baik performa fotografi dari Samsung Galaxy A52 dan realme 8 Pro yang akan dirilis pekan depan? Simak perbandingan singkat spesifikasi keduanya berikut ini.

Kamera

Mengusung konfigurasi quad camera yang kekinian, Samsung Galaxy A52 menggunakan pengaturan empat kamera di bagian belakang beresolusi 64MP yang bisa menghasilkan foto tajam dan jernih di segala kondisi dan letaknya ada di bagian tengah modul kamera.

ezgif-7-29505dfb5f78

Di atas lensa utama 64MP, Samsung menyematkan kamera ultra-wide dengan resolusi 12MP dengan jangkauan 123 derajat. Kemudian, ada kamera Makro beresolusi 5MP dan Depth Sensor yang juga menggunakan resolusi yang sama, yakni 5MP. Dengan konfigurasi tersebut, Samsung Galaxy A52 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna.

Namun, smartphone realme 8 Pro yang akan dirilis minggu depan punya skor satu tingkat lebih tinggi daripada Samsung soal kemampuan kameranya. Dibekali dengan resolusi kamera utama 108MP, piksel tertinggi di industri smartphone saat ini. Samsung harus mengakui keunggulan realme 8 Pro dalam hal ini. realme 8 Pro jelas bisa membidik berbagai jenis gambar dengan hasil yang jernih layaknya menggunakan kamera profesional pada umumnya.

Kamera utama di realme 8 Pro mengadopsi sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga yang canggih, sehingga Anda dapat mengambil foto yang jelas, cerah, dan penuh warna. Selain kamera utama dengan resolusi besar, realme 8 Pro juga dibekali dengan lensa ultra-wide beresolusi 8MP, 2MP Black & White Portrait Lens, dan 2MP Macro Lens, serta kamera selfie 16MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang lebih sempurna dan alami.

ezgif-7-7c0331fcb7c6

Tak sampai disitu saja, realme 8 Pro punya segudang fitur fotografi yang menakjubkan, seperti Tilt-Shift Video pertama di dunia yang menjadi upgrade paling signifikan yang kini ada di realme Number Series. Mode ini akan mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur dengan menggunakan semacam ilusi optik mata manusia.

Tilt-shift Mode juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Anda dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangan yang ada di sekitar.

Selain fitur ini, ada pula fitur lainnya seperti Starry Mode Video pertama di dunia, Trendy Portrait (terdiri dari Neon Portrait, Dynamic Bokeh), Dual-View Video, Super Nightscape dan Super Nightscape Video dan masih banyak lagi, untuk membantu kreator muda menangkap gambar dengan kreativitas yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya.

Desain

Jika Samsung mengusung bodi bagian belakang yang punya finishing matte dan kesan minimalis dalam smartphone, realme membawa trendsetting design yang khas dan berani untuk mewakili semangat Dare to Leap miliknya dengan nama Infinite Bold Design.

Photo-Grid-Plus-1617413749693

Menariknya lagi, ada tulisan "Dare to Leap" yang terpampang jelas di sisi samping bagian belakang smartphone realme ini dan menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda. realme 8 Pro mengadopsi Infinite Starry Design yang mampu menciptakan sensasi visual seperti melihat pemandangan langit berbintang dalam genggaman.

Meski keduanya sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAh, realme 8 Pro diklaim lebih tipis dari Samsung Galaxy A52 karena bobotnya yang hanya 176g dan tebal 8.1mm, menjadikannya nyaman untuk digenggam maupun dibawa di kantong celana. Di sektor layar, realme 8 Pro maupun Samsung Galaxy A52, keduanya juga sudah menggunakan layar Super AMOLED yang terkenal memberikan tampilan layar yang imersif.


Kesimpulan

Melihat spesifikasi kedua smartphone ini, baik realme Samsung Galaxy A52 dan realme 8 Pro memiliki keunggulan di sektor kamera yang menguntungkan untuk para kreator muda. Namun, jika Anda mencari smartphone yang punya desain khas dan resolusi kamera yang besar, realme 8 Pro bisa menjadi pilihan.

Selain 108MP yang diusungnya, realme 8 Pro juga punya fitur fotografi lainnya yang pastinya membuat Anda jadi lebih mudah menghasilkan berbagai konten di media sosial. realme 8 Pro sendiri akan diluncurkan 7 April nanti dan kita saksikan smartphone mana yang akan lebih unggul di pasar nantinya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA