Pakistan Cabut Blokir TikTok

IN
Oleh inilahcom
Senin 05 April 2021
share
 

INILAHCOM, Islamabad - Pengadilan tinggi Pakistan mencabut larangan untuk platform video pendek TikTok yang sempat diblokir selama beberapa waktu terakhir di negara tersebut.

Mengutip Reuters, blokir TikTok di Pakistan resmi dicabut sejak 1 April 2021 karena media sosial tersebut berkomitmen untuk memantau konten 'tidak bermoral' yang dilarang di sana.

Menurut pemerintah Pakistan, konten 'tidak bermoral' itu termasuk penistaan, cabul, dan mengandung ketelanjangan.

Kepala Pakistan Telecommunication Authority di pengadilan menyatakan sedang berdiskusi dengan TikTok dan perusahaan tersebut setuju untuk menunjuk orang agar moderasi konten di platform tersebut lebih baik.

Sementara TikTok menyatakan akan terus berdiskusi dengan regulator telekomunikasi di Pakistan.

"Kami memahami dukungan Pakistan Telecommunication Authority dan diskusi yang produktif, juga memahami perhatian mereka terhadap pengalaman digital bagi pengguna di Pakistan," kata TikTok setelah dukungan dicabut.

Pengadilan Pakistan memerintahkan untuk memblokir TikTok pada 11 Maret lalu karena memuat konten asusila. Sidang tentang kasus TikTok ini masih akan berlangsung hingga 25 Mei nanti.

Pakistan Telecommunication Authority juga pernah memblokir TikTok pada Oktober tahun lalu karena alasan yang sama. Blokir dicabut 10 hari kemudian setelah TikTok berjanji untuk moderasi konten.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA