MMKSI Optimistis Tingkatkan Pangsa Pasar 2021

IN
Oleh inilahcom
Selasa 06 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Angka penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan 44,59 persen akibat kondisi pandemik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mampu menjaga posisi pasar yang kuat baik pada segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan.

Keberhasilan MMKSI menjaga posisi pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan dan kesesuaian lini produk dan model kendaraan Mitsubishi Motors dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia.

Model Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross, berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV.

Proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit, serta ragam produk yang diluncurkan kompetitor untuk pasar Indonesia semaki memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.

"MMKSI mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah berkontribusi aktif dan mendukung aktivitas brand Mitsubishi Motors sepanjang tahun 2020. Hubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dan media Indonesia terwujud melalui berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat, menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan," ungkap Naoya Nakamura, President Director MMKSI.

"Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas," lanjut dia.

Review 2020

A. Sales Performance

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54.768 unit (Jan 2020 Des 2020), yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV), terkoreksi 57,2 persen dari tahun sebelumnya, dikarenakan daya beli dan situasi pasar.

Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) terkoreksi 47 persen dibandingkan tahun 2019. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4 persen.

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen:

- Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1 persen di segmen small-MPV
- L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60,6 persen
- Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,6 persen
- Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2 persen.

B. Kaleidoskop 2020

MMKSI mencatat beberapa hal penting dalam perjalanan di tahun 2020, mulai dari peluncuran produk, perluasan jaringan penjualan, purna jual dan suku cadang dengan pembukaan diler baru, fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan resmi dengan standar Mitsubishi, aktivitas peluncuran virtual dan kegiatan bersama konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan hingga deretan penghargaaan yang diraih.

1. Lini produk kendaraan terbaru

Konsistensi MMKSI dalam menggarap pasar kendaraan penumpang sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dibuktikan dengan meluncurkan produk dan layanan strategis sepanjang 2020 lalu. Penyegaran dilakukan dengan meluncurkan New Pajero Sport, juga peluncuran edisi spesial terbatas Xpander Black Edition dan Xpander Cross Black Edition.

Selain itu, MMKSI juga meluncurkan kembali edisi spesial terbatas Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition yang menerima apresiasi positif dari masyarakat.

2. Jaringan layanan penjualan dan purna jual

MMKSI terus memperkuat posisi di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan dengan memperluas jaringan diler.

Total diler kendaraan penumpang baru yang telah beroperasi pada akhir tahun fiskal 2020 sebanyak 157 outlet, and 20 fasilitas Bodi & Cat diseluruh Indonesia.

3. Penghargaan untuk Mitsubishi Motors di Indonesia

Produk dan layanan MMKSI mendapat pengakuan dan penghargaan dari berbagai insitusi media nasional. Sebanyak 14 Penghargaan telah diterima oleh MMKSI sepanjang tahun 2020.

Dari sisi produk MMKSI menerima 11 penghargaan yang terdiri dari model terbaik di kelasnya, inovasi produk, produk dengan biaya kepemilikan dan nilai jual terbaik serta konsumsi bahan bakar terbaik.

Dari sisi perusahaan dan layanan MMKSI menerima tiga penghargaan untuk The Best Field Acivation, Apresiasi dari Pendidikan Kejuruan, dan PR of The Year.

Daftar penghargaan lengkap yang diterima MMKSI pada tahun 2020 dapat dilihat pada tautan berikut

4. Partisipasi Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Setelah sebelumnya mendonasikan kendaraan listrik untuk Pemerintah Indonesia untuk studi bersama pengembangan kendaraan listrik, pada tahun 2020 MMKSI melanjutkan utilisasi kendaraan listrik Outlander PHEV secara maksimal dalam mendukung kegiatan pencegahan COVID-19.

5. Program dan layanan purna jual

Sepanjang 2020, MMKSI telah meningkatkan layanan purna jual terhadap pelanggan yang memudahkan keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, antara lain dengan memberikan perpanjangan garansi dan servis gratis di masa pandemik, peningkatan layanan perawatan kendaraan, layanan 24 Jam emergency service untuk konsumen terdampak banjir, kampanye perbaikan kendaraan, ketersediaan aksesoris dan chemical resmi Mitsubishi Motors, serta layanan sertifikasi dan penjualan mobil bekas Mitsubishi Motors.

6. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

a. Mitsubishi CSR Children Program
Pada tahun 2020 Mitsubishi Motors menyelenggarakan aktifitas edukasi anak usia dini dengan dunia otomotif di Kidzania Jakarta, dan mendonasikan fasilitas pembelajaran jarak jauh untuk beberapa panti asuhan dan yayasan di Jabodetabek.

b. Mitsubishi CSR Education Program
Sebagai program rutin dalam mendukung dunia Pendidikan, MMKSI mendonasikan 5 unit Xpander untuk bahan praktik, serta memberikan pelatihan sekolah menengah kejuruan.

c. Mitsubishi CSR Humanity Program
Pada sisi kemanusiaan Mitsubishi Motors optimalisasikan fungsi dan manfaat Outlander PHEV untuk mendukung penanggulangan bencana dan pencegahan COVID-19. Selain itu, Mitsubishi Motors di Indonesia juga mendonasikan lima unit L300, donasi wastafel protabel dan Donasi 9.000 masker N95 sebagai dukungan terhadap kegiatan pencegahan COVID-19.

Target dan Strategi 2021

Untuk lebih meningkatkan posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2021, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai aktifitas dan strategi berikut:

- Peluncuran Produk Baru

Di tahun 2021, MMKSI telah dan akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

- Pengembangan Jaringan Diler Resmi dan Fasilitas Bodi & Cat Mitsubishi Motors

MMKSI berencana untuk melanjutkan pengembangan jaringan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors menjadi 164 diler di akhir tahun fiskal 2021.

Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.

- Peningkatan Kepuasan Konsumen

MMKSI memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi melalui layanan penjualan dan purna jual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2021

- Komunikasi Terintegrasi

Sebagai saran pendukung utama pencapaian target, aktivitas promosi dan branding aktivitas above the linebelow the line, PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal.

Menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pameran otomotif berskala internasional, regional hingga pameran yang diselenggarakan baik secara offline maupun virtual dengan standar MMKSI dalam design dan konsep pameran dan aktifitas, serta optimalisasi kanal dan layanan digital.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA