Review realme Buds Air 2: TWS ANC untuk Komuter

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 08 April 2021
share
 

PASAR perangkat penyuara telinga nirkabel jenis true wireless stereo (TWS) yang satu ini memang sedang ramai-ramainya. Terlepas karena kepraktisan penggunaan, serta harganya yang semakin murah seperti realme Buds Air 2.

Saat ini, memiliki earphone TWS dengan fitur premium seperti active noise cancellation (ANC) sudah tak lagi harus merogoh kocek dalam-dalam. Salah satu produsen smartphone yang kerap merilis banyak seri produk AIoT, realme, kembali hadirkan solusi dengan merilis realme Buds Air 2. TWS baru mereka dengan fitur yang lengkap, dan harga yang tergolong murah.

Fitur yang menonjol pada TWS ini terletak pada teknologi noise cancelling yang memungkinkan suara di sekeliling pengguna untuk dinetralisir. Memanfaatkan aplikasi realme link yang tersedia, pengguna bisa mengatur efektivitas noise cancelling agar tetap mendapatkan suara ambiens. Tapi tak hanya ANC, perangkat ini cukup berkualitas secara keseluruhan. Berikut adalah ulasan INILAHCOM mengenai realme Buds Air 2.


Desain

Desain earbud TWS baru realme sangat mirip dengan realme Buds Air Pro dengan desain bud yang sedikit berkontur.

IMG-20210108-092136


Kuncupnya lebih berbentuk oval dengan batangnya. realme Buds Air 2 tidak memiliki desain yang membedakan, tetapi warna hitam dua warna dengan lapisan matte terlihat sangat premium. Earbud memiliki ujung silikon di ujungnya yang membuatnya lebih nyaman dipakai sepanjang hari dan bahkan mengisolasi kebisingan luar dengan baik.

IMG-20210108-092249

Kasing earbud sangat ringan dan kompak. Anda bisa memasukkannya ke dalam saku dan membawanya ke mana saja. Namun, juga licin dan mudah tergelincir.

IMG-20210407-064229

Bagian belakang engsel tidak memiliki lapisan logam perak seperti yang kita lihat pada versi sebelumnya untuk daya tahan yang lebih baik. Kasing ini memiliki tombol di sisi kanan, yang mungkin tidak Anda sadari karena sangat kecil. Tombol tersebut dapat digunakan untuk menempatkan realme Buds Air 2 dalam mode pemasangan (pairing mode).

Fitur dan Pengoperasian

realme Buds Air 2 memiliki konektivitas yang kuat. Generasi baru Bluetooth 5.2 memberikan koneksi lebih stabil bahkan dalam menghadapi gangguan multi-perangkat. Terbukti dengan jarak transmisi hingga 10 meter, Kami dapat tetap memutar musik dengan lancar meski jarak antara realme Buds Air 2 dengan smartphone berada cukup jauh.

Hal yang perlu diingat adalah realme Buds Air 2 secara default akan terkoneksi pada Sub Band Codec (SBC). Agar suaranya lebih bagus, gunakan codec Advanced Audio Coding (AAC) yang bisa dipilih pada setting Bluetooth di smartphone. Hal tersebut akan terdengar sangat jelas jika Anda menggunakan file musik dengan kompresi lossless seperti FLAC atau APE.

realme Buds Air 2 juga memungkinkan koneksi instan dan stabil antara earbuds dengan perangkat. Untuk menghubungkan realme Buds Air 2 dengan perangkat sangat mudah, bisa melalui aplikasi realme Link dan hanya perlu membuka penutup case-nya dan menyambungkannya melalui koneksi Bluetooth, maka sudah terhubung. Hanya cukup sekali melakukan langkah itu, karena untuk selanjutnya, realme Buds Air 2 akan tersambung secara otomatis.

IMG-20210407-065128

realme Buds Air 2 mendukung audio berkualitas tinggi AAC, yang merupakan algoritma pengkodean rasio kompresi tinggi dengan ketepatan musik tinggi. Ini memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik, selain desain earbuds-nya yang memang sangat mendukung untuk mendapat audio lebih mendalam. Terkhusus dentuman bassnya saat mendengarkan musik elektronik atau rock, membuat bass terdengar lebih dalam dan kaya.

Perpaduan antara 10mm Bass Boost Driver bersama dengan algoritma peningkatan bass komposit Dynamic Bass Boost (DBB) serta mode Bass Boost+ mampu menciptakan audio bass ke level yang lebih tinggi dalam alunan musik.

Perangkat TWS ini juga mendukung pengalaman hiburan lainnya berkat lantensi rendah untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio saat menonton film. Latensi super rendah, 88ms dalam mode gaming akan memudahkan pengguna dalam memenangkan permainan.

Kualitas Suara dan Baterai

realme Buds Air 2 hadir dengan chipset audio realme R2 baru yang diklaim membawa kinerja audio yang lebih baik serta masa pakai baterai lebih lama dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

TWS ini juga membawa latensi hingga 35%. Sedangkan untuk peredam bising, realme Buds Air 2 mampu meredam hingga 25dB. Ada driver 10mm Diamond-Class Hi-Fi Driver dan realme juga telah bekerja sama dengan grup musik ternama The Chainsmokers untuk mengembangkan dan menyetel audio pada realme Buds Air 2. Apa pun yang dilakukan realme dan The Chainsmokers di balik layar terkait dengan penyetelan telah berhasil dan bekerja dengan baik. Kualitas audio secara mengejutkan lebih baik daripada realme Buds Air Pro dan bassnya juga lebih mantap dan berdebar.

IMG-20210406-211507

realme Buds Air 2 menawarkan sebagian besar suara bass-heavy yang disukai sebagian besar dari kita dan berfungsi dengan baik. Pementasan suara sangat bagus dan pemisahan instrumen tepat. Mid dan low juga seimbang. Vokalnya juga sangat bersih, kami menikmati mendengarkan musik yang satu ini untuk waktu yang lama. Sisi Treble onboard bukanlah yang terbaik tetapi melakukan pekerjaannya dengan cukup baik.

Dalam menguji suara bass, saya menggunakan beberapa lagu seperti Weird Genius-Lathi dan Firehouse- Love of a lifetime dengan menggunakan file FLAC. Suara bass yang dikeluarkan oleh TWS ini memang cukup mendominasi, cukup "nendang" di telinga. Hal yang sama juga saya rasakan bahkan pada saat Bass Boost+ dinyalakan.

Photo-Grid-Plus-1617755117681

Lanjut ketika mode ANC diaktifkan, ANC yang ada cukup menekan suara sekitar dengan cukup baik dan benar-benar mampu meredam keramaian suara luar cukup efektif menyumbat suara luar (hingga 25dB).

Musik tak hanya bisa meningkatkan konsentrasi, tapi juga bisa menganggu fokus berkendara. Karena itu, kebijaksanaan pengemudi penting agar tahu waktu dan jenis musik yang pas saat berkendara. Untuk itu ada Mode Transparansi yang memungkinkan kita mendengarkan suara sekitar dengan cukup baik. Saya mencoba mode ini saat mengendarai motor dari rumah menuju minimarket depan perumahan. Suara dari luar terdengar cukup baik asalkan suara musik tidak terlalu keras. Suara klakson mobil pun cukup keras terdengar yang artinya ini aman digunakan meski tidak terlalu direkomendasikan karena masih banyak pro dan kontra tentang dampak mendengarkan musik saat berkendara.

Untuk kualitas panggilan teleponnya, audio terdengar jernih, dan penerima maupun keluaran mikrofon berfungsi sangat baik dalam peredam bising lingkungan.

Dan terakhir, ada mode permainan yang menurunkan latensi menjadi 88ms yang merupakan salah satu yang terbaik untuk TWS. Ini berguna saat Anda bermain game atau menonton film.

Semakin rendah nilai latensi maka semakin cepat kiriman audio dari perangkat ke TWS. Contohnya ketika sedang bermain game mobile, keluaran suara pada smartphone nyaris tidak ada jeda atau delay diterima pada TWS.

Untuk ketahanan baterai, tak disangka daya tahan baterai dari realme Buds Air 2 cukup panjang. Total penggunaan selama 25 jam dan pengisian daya yang cukup cepat, hanya 10 menit untuk 3 jam pemakaian membuat realme Buds Air 2 semakin nyaman digunakan sehari-hari.

IMG-20210407-064313

Dalam pengujian kami, TWS ini diluar chasing dapat memutar musik selama 5 jam pemutaran dengan ANC dihidupkan dan sekitar 4 jam 15 menit dengan ANC dimatikan.

Menariknya, charging case dari realme Buds Air Pro sudah memakai port USB Type-C seperti lubang pengisian daya smartphone belakangan ini. Sehingga, tak perlu lagi membawa kabel tambahan, sangat praktis.

Infografis

210325-realme-buds-air-2-1


Kesimpulan

Dengan kehadiran realme Buds Air 2, realme membuktikan kepiawaiannya dalam meracik perangkat AIoT ini. Memberikan pengalaman nirkabel yang sesungguhnya pada perangkat earbuds. Kualitas audionya bagus, dengan pengoperasian yang mudah.

Perangkat ini sangat kami rekomendasikan bagi anda yang setiap hari pulang-pergi dari rumah ke tempat kerja menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta komuter, atau mass rapid transit atau MRT sehingga setiap hari menghabiskan waktu di perjalanan untuk bisa menikmati musik dengan aman dan nyaman. Pengguna yang disasar umumnya anak muda berusia 20-30 tahun dan tidak keberatan mengeluarkan dana cukup terjangkau setidaknya dibawah Rp 600 Ribu untuk membeli perangkat yang dipakai mendampingi aktivitas harian. realme Buds Air 2 bisa didapatkan di JD dan situs resmi realme.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA