Duel Kelas Menengah: realme 8 Pro vs Galaxy A52

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 08 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Persaingan pasar smartphone mid-range cukup menarik untuk diikuti. Belakangan ini, beberapa vendor smartphone merilis ponsel jagoannya masing-masing untuk menjadi ponsel mid-range terbaik di awal tahun 2021 ini. Sebut saja realme. Merek muda asal China ini berhasil memboyong realme 8 Pro ke Indonesia yang punya keunggulan lebih di sektor kamera, pada acara peluncuran "Leap to Infinity World" yang digelar secara online kemarin.

Sebagai varian tertinggi, realme 8 Pro dibekali dengan kamera 108MP - resolusi kamera tertinggi saat ini di industri smartphone, dan keunggulan lainnya yang tak kalah menarik. Sementara itu, beberapa waktu lalu, Samsung juga baru saja meluncurkan Samsung Galaxy A52, penerus langsung dari Galaxy A51 yang dinobatkan sebagai ponsel Android paling laku di dunia untuk beberapa kuartal sepanjang 2020.

Duel kedua smartphone ini semakin memanaskan persaingan smartphone mid-range di rentang harga Rp 4 Jutaan. Lantas, bagaimana perbandingannya? Berikut komparasi antara realme 8 Pro dan Samsung Galaxy A52.

Soal desain, Samsung Galaxy A52 mengusung bodi bagian belakang yang punya kesan minimalis dan "aman" pada smartphone. Sementara itu, realme membawa trendsetting design yang khas dan berani untuk mewakili semangat Dare to Leap miliknya dengan nama Infinite Bold Design yang disebut Infinite Starry Design.

Terinspirasi oleh alam semesta yang bercahaya dan tanpa batas, desain realme 8 Pro mencerminkan langit malam yang dipenuhi dengan banyak bintang kecil layaknya mimpi dan menampilkan kesan futuristik. Ketika dipegang, realme 8 Pro akan memberikan kesan seperti menggenggam langit luas yang tanpa batas.

maxresdefault

Menampilkan efek langit berbintang yang memesona melalui proses AG Crystal dan menciptakan tekstur mikro yang memberikan kesan dimensi yang dalam, desain Dare to Leap yang stylish dan berani di realme 8 Pro menunjukan desain smartphone mid-range yang anti mainstream.

Uniknya, ada tulisan "Dare to Leap" yang jelas pada sisi samping bagian belakang smartphone dan menjadi daya tarik tersendiri untuk smartphone realme satu ini.
Tersedia dalam dua pilihan warna: Infinite Blue dan Infinite Black, realme 8 Pro menyuguhkan tampilan smartphone mid-range yang berani dan mendobrak desain smartphone yang terkesan aman. Sementara, Samsung Galaxy A52 memilih untuk membawa desain minimalis dengan empat pilihan warna: Awesome Black, Awesome Violet, Awesome White, dan Awesome Blue.

Sama-sama mengusung konfigurasi quad camera yang kekinian, baik realme 8 Pro dan Samsung Galaxy A52 menggunakan pengaturan empat kamera di bagian belakang yang bisa menghasilkan foto tajam dan jernih di segala kondisi.

Dibekali dengan resolusi kamera utama 108MP, piksel tertinggi di industri smartphone saat ini. Samsung harus mengakui keunggulan realme 8 Pro dalam hal ini. realme 8 Pro jelas bisa membidik berbagai jenis gambar dengan hasil yang jernih layaknya menggunakan kamera profesional hanya dengan satu smartphone. Sementara, Galaxy A52 hanya menggunakan kamera utama beresolui 64MP yang dinilai sudah cukup untuk menangkap berbagai gambar.

Kamera 108MP pada realme 8 Pro menggabungkan sensor Samsung ISOCELL HM2 dengan sensor masif 1/1.52 inci yang dilengkapi dengan teknologi piksel ISOCELL Plus dan resolusi maksimum 12.0009.000, lengkap dengan teknologi 9-1 Pixel Binning yang diyakini mampu meningkatkan tingkat kecerahan pada gambar. Selain kamera utama dengan resolusi besar, realme 8 Pro juga dibekali dengan lensa ultra-wide beresolusi 8MP, 2MP Black & White Portrait Lens, dan 2MP Macro Lens, serta kamera selfie 16MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang lebih sempurna dan alami.

Bukan hanya kamera dengan resolusi besar, realme 8 Pro juga mengusung Video Tilt-Shift Time-Lapse pertama di dunia dan mode Tilt-Shift bawaan. Mode ini memberikan perspektif baru yang dramatis tentang dunia, membuat bangunan/gedung, serta manusia tampak seperti model miniatur dengan menggunakan semacam ilusi optik mata.

realme 8 Pro juga mengembangkan algoritma Time-lapse Video berdasarkan Starry Mode dan memberikan Starry Time-Lapse Video pertama di dunia. Hanya dengan realme 8 Pro dan satu tripod yang stabil, pengguna dapat menangkap keajaiban langit malam yang penuh bintang secara memukau, serta star-trail tanpa kamera profesional atau software editing lainnya.

Belum selesai sampai disitu, untuk membawa street photography pengguna naik tingkat ke level selanjutnya realme memberikan berbagai fitur kamera lainnya, seperti fitur Neon Potrait yang memungkinkan pancaran cahaya pada latar belakang memiliki efek berpendar seperti neon. Dynamic Bokeh yang memberikan fokus pada subjek foto dan memberikan latar belakang seolah bergerak. Serta Dual-View Video yang memungkinkan pengguna merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Di sektor baterai, realme memberikan kombinasi baterai masif 4500mAh yang didukung dengan 50W SuperDart Charge dan mampu mengisi daya smartphone realme 8 Pro hingga 100% hanya dalam waktu 47 menit saja. Menariknya, dengan bobot baterai yang terbilang besar, realme 8 Pro menyajikan kesan smartphone ringan dan tipis berkat bobotnya yang hanya 176gram dengan ketebalan 8.1mm.

Kesimpulan

Baik realme 8 Pro dan Samsung Galaxy A52 menyuguhkan performa smartphone mid-range yang berkualitas. Dengan keunggulan resolusi kamera utama dan fitur kamera menyenangkan lainnya di realme 8 Pro membuat Samsung Galaxy A52 harus sedikit mengakui kelebihan dari kompetitornya itu. Mendobrak desain mainstream pada smartphone, realme 8 Pro membawa desain yang berani dan khas dengan tulisan "Dare to Leap" di bagian belakang, serta smartphone yang tipis dan ringan.


Dibanderol dengan harga Rp 4,4 Jutaan saja, Anda akan mendapatkan smartphone mid-range dengan resolusi kamera terbesar di industri smartphone saat ini, ditambah dengan garansi ekstra 6 bulan untuk perlindungan layar yang realme berikan khusus untuk realme 8 Pro.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA