Ramadan ke-2 Saat Pandemi, Ini Persiapan XL Axiata

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 08 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menyikapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi dan Ramadan sebentar lagi. Guna mengakomodir trafik yang diprediksi akan terjadi selama Ramadan, XL Axiata mempersiapkan layanan dan jaringan mereka.

Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibanding hari biasa. Trafik diprediksi meningkat lagi hingga 20 persen saat masuk masa libur Lebaran.

Guna mengakomordir semua peningkatan, XL Axiata mempersiapkan jaringan dengan menambah kapasitas hingga 200 persen dibanding harian. Selain itu, XL Axiata juga mengoptimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan.

Karena ada kebijakan pemerintah melaran mudik saat Lebaran, jaringan di area pemukiman akan diperkuat tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.

"Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat. Tahun ini kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, sehingga kami menyiapkan sejumlah produk yang disesuaikan kebutuhan masyarakat berbagai segmen," kata Direktor Komersial XL Axiata David Arcelus Oses.

Selain trafik yang naik, ada sejumlah layanan yang diperkirakan banyak diakses selama Ramadan. Aplikasi-aplikasi yang menyediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital.

Sementara itu Ahmad Hamzah, selaku Service Operation XL Axiata mengatakan, dalam Ramadan dan lebaran tahun ini aka nada 796 titik di seluruh Indonesia yang akan ditingkatkan jaringanya.


Kemudian Hamzah menyebutkan sebanyak 64 MPTS disiapkan untuk mendukung lonjakan trafik di destinisai wisata. Juga ada 17 MBPTS tambahan untuk yang difokuskan di jalan tol dan jalur mudik, totak akan ada 81 MBPTS yang disiapkan.

Sementara itu layanan digital menurut Xl Axiata, layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang menyediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital.

Selain itu, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses. Tradisi Ramadan dan Lebaran juga mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi. "Aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolag daring akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas. Kemungkinan kenaikan trafik juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama treaming musik, film, video, dan game," tutur Hamzah.

XL Axiata dalam mengakomodir kebutuhan internet selama di Ramadan meluncurkan sebuah inovasi terbaru yaitu Paket Akrab, berupa paket internet dengan kuota besar yang bisa dibagi bersama oleh anggota keluarga atau kerabat.

Paket ini juga memberikan tambahan bonus kuota pribadi bagi masing-masing anggota dan akses langsung kuota unlimited untuk aplikasi WhatsApp, Google Maps, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, Microsoft Teams, Office 365.

Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS. Penambahan anggota dan pengaturan kuota bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi myXL. Tersedia berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan internet pelanggan dan harga spesial hanya di Aplikasi myXL.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA