Ramadan,Trafik Data Telkomsel Diproyeksi Naik 8,5%

IN
Oleh inilahcom
Selasa 13 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Telkomsel memprediksi adanya lonjakan penggunaan data sebesar 8,54 persen dibandingkan dengan hari biasa pada Ramadan dan Idulfitri 2021. Menghadapi kondisi itu, Telkomsel akan menyiapkan jaringan di 544 point of interest (PoI) pada tahun ini, bertambah sekitar 108 PoI dibandingkan dengan momen Ramadan dan Lebaran 2021.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan lalu lintas data pada Ramadan dan Idulfitri 2021 tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu.

Nugroho pun memperkirakan dibandingkan dengan hari biasa, lalu lintas data pada Ramadan dan Lebaran akan meningkat 8,54 persen. Peningkatan juga terjadi pada lalu lintas data panggilan suara dan SMS, masing-masing diprediksi meningkat 3,14 persen dan 2,95 persen dibandingkan dengan hari biasa.

"Ini bukan hanya didorong oleh pandemi, tetapi sudah jadi budaya masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi melalui internet. Itu akan meningkatkan lalu lintas data terlebih karena sudah jelas peraturan mengenai mudik," kata Nugroho dalam konferensi virtual, Senin (12/4/2021).

Whats-App-Image-2021-04-13-at-07-28-07

Untuk pengamanan jaringan, kata Nugroho, Telkomsel akan fokus di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 PoI di seluruh Indonesia. yang terdiri dari 255 area residensial, 21 rumah sakit rujukan Covid-19, dan 43 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan).

Lalu, 196 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta 7 rumah ibadah besar. Jumlah tersebut bertambah 108 titik PoI dibandingkan dengan momen yang sama tahun lalu. Untuk mengantisipasi lonjakan data di ratusan titik PoI tersebut, Telkomsel memperkuat kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas kapasitas internet menjadi 8,07 Tbps.

Sekadar informasi, hingga April 2021 Telkomsel telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru sehingga secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE. "Telkomsel akan secara konsisten memastikan kenyamanan pengalaman silaturahmi dan kegiatan ibadah masyarakat di momen Rafi [Ramadan dan Idulfitri] ini," kata Nugroho

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA