Review realme Buds Air 2 Neo: Murah dan Nge-bass

IN
Oleh inilahcom
Rabu 05 Mei 2021
share
(inilahcom)

PENYUARA kuping tanpa kabel seperti True wireless earphone (TWS) merupakan perangkat pendamping bagi pemilik gawai Tingginya jumlah pengguna gawai di Indonesia menjadi pangsa pasar yang potensial bagi para pelaku industri audio.

Penyuara kuping merupakan perangkat pendamping bagi pemilik gawai Tingginya jumlah pengguna gawai di Indonesia menjadi pangsa pasar yang potensial bagi para pelaku industri audio.

Peluang tersebut juga dilirik oleh realme yang gencar merilis perangkat AIoT dengan teknologi pintar yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dan internet untuk segala (IoT). Realme meluncurkan earphone Realme Buds Air 2 Neo.

TWS ini hadir dengan active noise cancellation, transparency mode, Bass Boost+, daya tahan baterai OK, desain keren, dan banyak keunggulan lainnya. Ingin tau lebih detail? Simak dalam pembahasan kami berikut ini!


Desain


Dari sisi desain realme Buds Air 2 Neo adalah penerus realme Buds Air Neo TWS, TWS ini tidak nampak seperti pendahulunya. Buds Air 2 Neo lebih mirip dengan dengan realme Buds Q dengan bodi kecil dan bulat tanpa batang earphone.

Paket realme Buds Air 2 Neo hadir dalam boks kuning realme. Tidak seperti kebanyakan model TWS di mana Anda mendapatkan earphone di dalam pengisi daya nirkabelnya secara default, kemasan realme Buds Air 2 Neo langsung menghadirkan earbud. Seolah-olah realme ingin konsumen melihat kecantikan pasangan begitu mereka membuka kotaknya.

IMG-20210505-104706

Ukurannya case ini mungil dan sangat ringan. Saat buds ditaruh di case, ada magnet sehingga tak usah khawatir jatuh.Tak ada karet di buds sehingga agak licin saat dipasang di telinga, jadi harus masuk lebih dalam.

Di case ada indikator baterai, dengan dua warna. Warna hijau jika baterai lebih dari 70% dan warna merah jika baterai kurang dari 20%.Lalu ada port USB Type-C charge di sisi belakangnya.

IMG-20210505-104531

TWS yang ada sudah langsung siap dipakai dengan ukuran medium tips, karena baterainya sudah terisi.

Di TWS juga ada huruf L (kiri) dan R (kanan), agar tidak tertukar saat dipakai.Dengan ukuran mungil, bahan mengilat, charger case terasa kokoh saat ditutup dengan mantap dan berbunyi klek.

Saat dibuka terasa bagus build quality meski terbuat dari plastik edngan engsel yang juga kokoh.Di case ada tombol untuk pairing dengan gadget yang baru. TWS ini ukurannya mungil, dan ada lapisan glossy di area sentuhnya. Ini membuatnya tak mudah kotor karena sering disentuh.


Pengoperasian

Untuk mengakses unit TWS kalian cukup membuka penutupnya saja, dan ketika dibuka, lampu indikator akan menunjukkan warna hijau dan unit TWS siap untuk di-Pairing.

Photo-Grid-Plus-1620187843998

Lalu untuk memulai aktifkan bluetooth di smartphone, dan hubungkan dengan realme Buds Air 2 Neo yang muncul di layar. Akan langsung muncul pop up notifikasi saat tersambung ponsel.
Kustomisasi bisa dilakukan di Buds Air 2 Neo ini lewat aplikasi realme Link yang bisa didownload di Android.

Berbagai hal bisa dilakukan, misalnya mengatur fungsi touch control yang berfungsi untuk menyalakan/mematikan mode ANC, Gaming Mode, pengaturan control EQ, dan lebih banyak lagi. Saat TWS dipakai, kalian cukup sentuh touch area yang mengkilat, untuk mengendalikannya.

Performa

Realme mengklaim bahwa Buds Air 2 Neo "ditingkatkan di setiap aspek". Sepasang earphone TWS ini hadir dengan sejumlah besar fitur baru untuk perangkat audio realme, sebagian besar didasarkan pada kemudahan penggunaan dan kinerja audio yang jempolan. Diantaranya adalah driver bass boost 10mm Liquid Crystal Polymer (LCP), yang bekerja dengan algoritma Bass Boost +.

Tak perlu dikatakan lagi, Buds Air 2 Neo menghadirkan suara yang menyenangkan bagi para penyuka suara bass. Bassnya kaya dan kuat, dan Buds Air 2 Neo melakukan ini tanpa mengorbankan aspek audio lainnya, termasuk mid dan treble. Mendengarkan beberapa lagu dalam berbagai genre menggunakan Buds Air 2 Neo membuatnya betah berlama-lama.

Kontrol sentuhnya juga cukup responsif, meskipun harus berhati-hati karena area sentuh terkadang cenderung terlalu sensitif, sehingga mungkin secara tidak sengaja berhenti atau memutar trek hanya dengan satu sentuhan rambut Anda. Nilai jual lain dari realme Buds Air 2 Neo adalah fitur peredam bising aktif, yang diklaim oleh merek ini mampu mengurangi kebisingan latar belakang hingga 25dB.

IMG-20210505-105247

Dalam penggunaan dunia nyata, mode ANC-nya terlihat jelas dan layak. Kami menyukai TWS ini karena juga memiliki Mode Transparansi, yang sebelumnya hanya dapat ditemukan di perangkat audio mahal. Ini adalah fitur pendengaran ambien yang memungkinkan pengguna untuk waspada terhadap lingkungan sekitar bahkan dengan earbud mereka.

Mitra dari fitur mendengarkan ambiens dari Buds Air 2 Neo ini adalah fungsi pembatalan kebisingan lingkungan (ENC) yang memungkinkan pengaturan mikrofon ganda untuk membungkam kebisingan di sekitar untuk panggilan yang lebih jelas. Kami menguji fitur ini, dan kami dapat menjamin seberapa baik hasilnya. Yang juga mengesankan tentang Buds Air 2 Neo adalah ia memiliki chip R2 yang berfungsi menyediakan konektivitas yang stabil sambil mengonsumsi daya sangat rendah.

Latensi juga merupakan titik kuat untuk pasangan TWS ini, dan dengan beberapa hari pengalaman kami dengan Buds Air 2 Neo, tidak ada satu pun contoh kelambatan dan penundaan suara dalam streaming Netflix, Spotify, dan bermain game.

Baterai

Jika seri sebelumnya, realme buds air 2, cukup mengesankan untuk ketahanan baterai sekitar 20 jam, realme buds air 2 neo dapat 'bermain' hingga 25 jam. realme menjanjikan TWS ini jika dilepas dari cangkangnya dapat dipakai selama 5 jam terus menerus dengan 5 kali pengisian daya pada casing.

IMG-20210505-104450

Dengan daya baterai yang luar biasa, TWS ini juga sangat cocok untuk penerbangan jarak jauh. Untuk jenis penggunaan seperti bekerja dan berolahraga, saya bahkan bisa memakainya tanpa perlu mengisi ulang setidaknya selama seminggu!.


Kesimpulan

Dari keseluruhan pengujian review untuk TWS realme buds air 2 neo, kami menilai Dari sisi desain, realme buds air 2 neo memberi kesan tampilan premium dengan warna yang trendi.

Kualitas suara yang dihasilkan cukup baik dengan teknologi audio dan Super Bass. Untuk meredam kebisingan dari suara di luar, realme buds air 2 neo dilengkapi kemampuan meredam yang terbilang cukup maksimal. Namun, kualitas earphone bluetooth ini masih belum sebaik earphone wired. Semuanya kembali pada kebutuhan, TWS jauh lebih praktis buat orang yang tidak mau ribet dengan kabel.

Dengan harga yang cukup ramah kantong yakni Rp 499.000, TWS ini dirasa cocok untuk penguna secara umum yang mencari TWS dengan kualitas suara mumpuni dan dilengkapi dengan kemampuan ANC yang baik. Kalau Anda seorang Audiophile yang benar-benar selektif dalam memilih, tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu sebelum membeli.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA