https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   07 May 2021 - 14:14 wib

Fitur Kamera OPPO Find X3 Pro yang Semakin Mumpuni

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Kamera makro smartphone pada umumnya mampu memperbesar tampilan subjek yang akan difoto (zoom) sekitar dua kali lipat dan dapat menegaskan keindahan saat close-up.

OPPO memiliki perspektif yang berbeda dengan menciptakan Microlens, fitur teknologi fotografi terbaru dari OPPO Find X3 Pro. Fitur ini memungkinkan kita melihat dunia yang tak terlihat dengan lensa biasa, memperbesar tampilan 30 kali lipat dengan optical zoom, dan 60 kali lipat hybrid zoom yang menghasilkan fotografi mikroskopis yang melampaui fotografi makro.

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, menjelaskan, “Manusia memiliki rasa keingintahuan yang besar terutama pada dunia yang belum terjangkau hingga mendorong kita mampu menjelajah samudera terdalam atau berpetualang di luar angkasa. Hal inilah yang menginspirasi OPPO Find X3 Pro menjadi pionir dalam menghadirkan fitur kamera mikrolens, untuk memberikan pemahaman mikroskopis yang lebih baik dalam pengembangan teknologi fotografi smartphone.”

“Warna, bentuk, ukuran, skala, semuanya terlihat berbeda. Melihat sebuah benda dalam ukuran mikroskopis dapat mengajarkan kita tentang dunia yang kita tinggali saat ini, tentang alam yang biasa kita sepelekan, dan tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari. Pengambilan gambar bersudut ultra lebar dan fotografi mikroskopis dengan pembesaran 60 kali lipat bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan Mirkolens, ukuran takkan lagi membatasi kreativitas atau keingintahuan seseorang,” tambah Patrick Owen.

Membuat lensa kamera mikroskopis dengan pembesaran 60 kali lipat bukanlah sesuatu yang mudah. Lensa dengan kemampuan pembesaran tinggi sangat sensitif terhadap bintik putih dan partikel debu. Partikel kecil ini dapat menurunkan kualitas foto karena pada saat mengambil gambar dengan pembesaran tinggi, partikel ini akan terlihat besar pula. Menghadapi tantangan ini, OPPO belajar dari produsen kaca safir, produsen light guide, dan produsen kamera untuk memanfaatkan larutan pembersih khusus sehingga lensa Microlens 10 kali lebih tahan terhadap bintik-bintik kecil dan partikel debu.

Mengembangkan kamera Microlens membutuhkan metode pemasangan yang berbeda saat proses pembuatan smartphone. Pada level struktural, OPPO memasang modul mikroskop pada cover belakang smartphone, bukan pada motherboard. Untuk menerangi bagian lensa mikroskop, OPPO Find X3 Pro dilengkapi dengan lensa safir dan ring light sebagai komponen eksterior kamera Microlens. Desainer OPPO harus mencari cara untuk tetap menjaga integritas struktural, estetika modul, dan tetap menghadirkan fungsi mikro-makro yang luar biasa.

Berbagai pertimbangan dalam mendesain modul Microlens harus benar-benar diperhatikan. Misalnya, eksterior smartphone harus berwarna hitam agar selaras dengan tampilan perangkat lainnya, tetapi ring light guide hitam dengan tingkat opasitas tinggi akan memengaruhi kemampuan lensa saat mengambil gambar pada jarak sangat dekat dengan tingkat pembesaran tinggi. Dengan mengintegrasikan lensa besar dan light guide ganda tersembunyi, teknisi OPPO mampu mengatasi hambatan potensial dan mampu menyeimbangkan tampilan estetika smartphone dan kemampuan fotografi yang luar biasa.

Tinta semi-transparan digunakan pada light guide kamera sehingga perangkat tetap terlihat hitam dan memiliki kemampuan fotografi berkualitas. Membuat tinta yang digunakan pada Find X3 Pro tidaklah mudah. Tinta tersebut telah direvisi hingga 10 kali untuk menyempurnakan tingkat opasitasnya hingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Para teknisi telah mencoba lebih dari  20 desain berbeda ring light guide, sebelum akhirnya berhasil memutuskan desain ring light guide yang cocok dengan tampilan smartphone Find X3 Pro yang bernuansa luar angkasa dan telah menerima penghargaan berkat keindahannya yang memukau tersebut.

Mengapa ring light dan light guide sangat penting untuk Microlens pada OPPO Find X3 Pro? Kamera Microlens pada Find X3 Pro memiliki jarak fokus sekitar 3mm. Pada jarak fokus yang sangat rendah seperti ini, lensa akan menampung ambient light dalam jumlah besar yang kemudian diimbangi dengan light guide dan fill light, berbeda dengan kamera bersudut lebar. Saat dipasangkan dengan ring light yang dirancang khusus, Microlens ini dapat menangkap gambar dengan terang, merata, memiliki keseimbangan warna yang akurat dan perspektif yang menakjubkan.

Ring light pada Find X3 Pro tidak menggunakan LED konvensional karena modul flash standar akan terlalu besar dan terang sehingga menghasilkan exposure yang tidak merata. Dengan menganalisa 50 skenario simulasi fotografi dengan fokus pada desain kamera dan pemilihan dua lampu LED, OPPO mampu memanipulasi dan menyesuaikan kisaran suhu warna dengan memasang ring light khusus pada Microlens untuk mencapai hasil pencahayaan yang tidak mungkin dihasilkan oleh LED tradisional.

“Dengan melihat kejernihan foto yang tak mungkin bisa ditangkap dengan kamera smartphone biasa, Find X3 Pro dapat menemani Anda menjelajahi dunia mikroskopis baru dan memotret kain, kulit, rambut, tanaman, hingga serangga kecil. Semua foto akan memiliki detil yang luar biasa dengan teknologi Mikrolens. Jika dibandingkan dengan kamera andalan lainnya dalam hal fotografi wide dan ultra wide, tidak ada smartphone lain yang dapat menghadirkan pencitraan, kualitas, dan detil seperti OPPO Find X3 Pro.

Tunggu kehadiran OPPO Find X3 Pro di Indonesia untuk merasakan sensasi dunia mikroskopis baru atau silakan kunjungi OPPO Gallery untuk mencoba fitur ini dan fitur unggulan lainnya,” tutup Patrick Owen

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan