Melalui Pasar JuWAra, WhatsApp Bantu Para UMKM

IN
Oleh inilahcom
Senin 10 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pedagang pasar tradisional yang umumnya bergantung pada penjualan tatap muka menjadi salah satu pihak paling terdampak akibat pandemi ini. Seperti misalnya penjaja jamu dan pedagang pakaian di kios. Ketika pandemi melanda tahun lalu, penjualan mereka menurun drastis.

Beberapa waktu yang lalu, para pedagang ini diajak oleh fasilitator dari UKM Indonesia untuk mengikuti pelatihan Pasar JuWAra, agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan mereka.

Kalau penjaja jamu dulunya hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut untuk bertahan. Akhirnya, mereka memberanikan diri untuk mencoba berjualan jamu secara daring. Dan sekarang penjualan sudah mulai membaik lagi.

Sebanyak 1.243 pedagang pasar di Indonesia yang telah menyelesaikan pelatihan digital gratis dari Program Pasar JuWAra. Program ini diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia untuk membekali para pedagang pasar tradisional dengan pengetahuan untuk memanfaatkan sarana digital seperti WhatsApp Business.

Foto-2-1

Pelatihan ini dikemas ringan agar mudah dipahami. Para pedagang diajari cara memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di WhatsApp Business, serta cara efisien melayani dan bertransaksi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Selain itu, mereka juga diajari cara memfoto produk mereka agar dapat menarik pembeli.

Mereka kini tidak lagi bergantung pada pelanggan yang berkunjung langsung ke toko mereka di pasar. Keduanya kini dapat dengan fasih menggunakan WhatsApp Business untuk berjualan.

Pelanggan bisa melihat baju apa saja yang saya jual lewat fitur Katalog. Bahkan, mereka juga bisa langsung mengetahui detail dan harga barang, kemudian langsung konfirmasi daftar pesanan mereka dengan memasukkan barang yang diinginkan ke Keranjang.

Program Pasar JuWAra yang diadakan oleh WhatsApp dan UKM Indonesia telah melatih 1.243 pedagang dari 66 pasar tradisional yang tersebar di 25 kabupaten/kota Indonesia. Program ini dirancang agar pedagang yang telah menerima pelatihan dapat mengajari rekan-rekan pedagang di sekitar mereka tentang cara menggunakan WhatsApp Business untuk meningkatkan penjualan mereka.

Selain itu, Pasar JuWAra juga mengadakan pameran virtual di akun Instagram UKM Indonesia yang telah digelar sejak 3 Mei 2021. Pameran virtual ini menampilkan beberapa profil pedagang yang telah mengikuti pelatihan dan telah berhasil memanfaatkan WhatsApp Business. Pameran virtual dan dukungan dari para influencer ini diharapkan dapat membantu mendatangkan pelanggan baru bagi para pedagang Pasar JuWAra.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA