Era Teknologi 5G di Indonesia Resmi Dimulai!

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 27 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Operator telekomunikasi Telkomsel akhirnya membuka layanan 5G yang resmi diluncurkan secara komersial. Era 5G pun telah menyapa masyarakat Indonesia.

Butuh waktu sekitar tujuh tahun sejak 4G pertama kali diluncurkan pada akhir 2014 silam hingga sekarang naik level ke jaringan 5G. Dan, Telkomsel adalah operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersial.

"Hari ini merupakan hari bersejarah, di mana peresmian peluncuran layanan 5G di Indonesia," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro di The Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Setyanto mengatakan telah melakukan serangkaian uji coba 5G sejak 2018, tepatnya di ajang Asian Games. Kemudian dilanjutkan pengujian di tahun berikutnya menjajal jaringan generasi kelima tersebut di Batam, Kepulauan Riau.

"Di 2021 kami melajukan Uji Laik Operasi, yang Alhamdulillah mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi dari Kementerian Kominfo," ungkapnya.

Untuk tahap awal, 5G Telkomsel akan lebih dulu hadir di enam lokasi pemukiman yang ada di Jabodetabek, yaitu Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Sebelum akhirnya diluncurkan, sejak beberapa tahun belakangan berbagai operator seluler telah melakukan uji coba jaringan generasi kelima itu. Telkomsel yang paling ngebet mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada 19-21 Mei.

Tahapan ULO dilalui Telkomsel dengan kesuksesan sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G kepada anak perusahaan Telkom ini pada Senin (24/5).

Teknologi 5G sendiri memiliki kelebihan dibandingkan dengan 4G, yaitu mampu mentransfer data dalam jumlah besar dan cepat, lebih cepat merespons, dan memiliki performa yang seragam.

Lebih jauh lagi, teknologi 5G dapat diterapkan pada perangkat-perangkat selain telepon pintar sehingga perangkat yang tidak pintar bisa berubah menjadi pintar (smart). Contohnya adalah pemakaian wearable device (jam tangan pintar dan lain-lain), digunakan di mobil untuk membantu meningkatkan keamanan di jalan, digunakan di industri untuk mengendalikan robot, dan masih banyak fungsi lainnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA