Daftar Ponsel yang Sudah Mendukung 5G di Indonesia

IN
Oleh inilahcom
Jumat 28 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Per 27 Mei kemarin, Telkomsel resmi menggelar layanan 5G di Indonesia. Implementasi awal 5G memang masih dalam enam kawasan di Jakarta, disusul beberapa kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah ponsel dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane.

Jadi, ponsel yang bisa menerima jaringan tersebut harus memiliki spesifikasi modem 5G yang mendukung band n40 (2300 MHz).

Pada tahap awal ini, Telkomsel memastikan ada empat ponsel yang sudah mendukung jaringan 5G miliknya. Keempatnya juga dilibatkan dalam tahap Uji Layak Operasi (ULO) yang dilakukan pada 19-20 Mei lalu.

Rata-rata kecepatan yang diraih keempat ponsel ini pun diklaim bisa tembus 200 Mbps di jaringan 5G Telkomsel.

Berikut empat ponsel pertama yang bisa menikmati pengalaman jaringan 5G tahap awal Telkomsel:

- OPPO Reno 5 5G
- Huawei Mate 40
- vivo X60
- vivo X60 Pro

Bagi pelanggan Telkomsel yang memiliki keempat ponsel tersebut akan mendapatkan pembaruan software untuk membuka kemampuan menangkap sinyal 5G.

Lalu, bagaimana dengan nasib ponsel 5G lainnya yang sudah rilis di Indonesia?

Telkomsel mengatakan akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk Apple dan Samsung.

Perlu diingat, sinyal 5G Telkomsel juga baru tersedia di beberapa lokasi tertentu. Untuk tahap awal, 5G Telkomsel akan lebih dulu hadir di enam lokasi pemukiman yang ada di Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD City, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Dalam 5G komersial fase awal ini Telkomsel mengeluarkan Paket Data 5G Early Bird dengan harga Rp260.000 untuk kuota data 5G sebesar 126 GB. Namun, ada harga promo Rp26.000 berlaku hingga 26 Juli 2021.

Hanya pelanggan tertentu dan berada di wilayah terjangkau sinyal 5G yang bisa membeli paket ini di aplikasi MyTelkomsel.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA