Lookalkitchen Tawarkan Cloud Kitchen Alternatif

IN
Oleh inilahcom
Kamis 17 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dengan ambisi untuk membantu para pemilik rumah makan agar dapat tetap berkembang di tengah pandemi COVID-19, start-up asal Indonesia, Lookalkitchen, menghadirkan model cloud kitchen alternatif bagi para penyaji makanan dan minuman agar dapat mengoptimalkan dapur atau restoran mereka.

Diluncurkan pada awal 2021, Lookalkitchen saat ini beroperasi di Jabodetabek dengan 20 merek makanan dan minuman online serta didukung oleh 50 dapur/restoran yang telah direvitalisasi.

Lookalkitchen berencana untuk terus mengembangkan jaringannya di Jakarta dan melakukan ekspansi ke kota-kota lain, termasuk Bandung, Medan, dan Surabaya pada akhir 2021.

Pasar cloud kitchen di Indonesia tengah mendapatkan momentum besar, khususnya di Jakarta, yang diperkirakan ada sekitar 70 cabang cloud kitchen dengan lebih dari 500 kitchen pod atau dapur yang beroperasi saat ini. Pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta sejak awal September 2020 mengharuskan restoran untuk hanya mengandalkan permintaan takeaway dan pengiriman online.

Situasi tersebut pun akhirnya menyebabkan hampir 400.000 pekerja restoran terpaksa diberhentikan. Meskipun sudah banyak penyaji makanan dan minuman yang mulai bergabung dengan penyedia cloud kitchen tradisional sebagai sebuah solusi, namun banyak pula restoran-restoran berpendapatan rendah yang masih kesulitan dalam berinovasi dan menerapkan kanal digital. Sehingga, mereka terancam harus ditutup, mengurangi pegawai, atau bahkan keduanya.

"Hasil pengamatan kami menunjukkan bahwa para pemilik restoran hanya mengoperasikan dapur mereka di bawah kapasitas 50 persen, meskipun telah dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang memadai. Selain itu, mereka juga masih kurang memanfaatkan keahlian para staf kulinernya," kata Peter Choi, CEO dan Co-Founder Lookalkitchen dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

"Kami ingin membantu mereka agar dapat menjadi bagian dari pasar cloud kitchen, tanpa harus terbebani oleh biaya-biaya tambahan. Sambil tetap bisa sepenuhnya memanfaatkan dapur-dapur mereka serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi staf yang ada."

"Kami meluncurkan Lookalkitchen untuk menawarkan model alternatif dengan biaya dan risiko yang rendah kepada para pemilik restoran, dengan cara mengubah dapur-dapur mereka yang belum dimanfaatkan secara optimal menjadi pusat-pusat pengiriman makanan dan minuman," lanjut Peter.

Lookalkitchen bekerja sama dengan merek-merek makanan dan minuan online yang umumnya hanya melayani pesan-antar dan sudah memiliki kehadiran yang kuat di media sosial.

Melalui kerja sama dengan restoran-restoran mitra Lookalkitchen, para penyaji makanan dan minuman online tersebut tidak perlu repot lagi mencari lokasi-lokasi baru supaya bisa lebih dekat bagi para pelanggan karena dapat dengan mudah memanfaatkan dapur-dapur restoran lokal yang sudah ada.

Konsep kerja sama yang unik ini menunjang model 'bagi-hasil' antara Lookalkitchen dan para merek penyaji mamin online serta restoran-restoran mitra.

"Bagi para pemilik restoran, merencanakan ulang model bisnis dan melakukan perubahan dengan cepat adalah keputusan yang tidak mudah, terutama selama masa pandemi COVID-19. Alih-alih menghabiskan lebih banyak waktu dan uang, kami menawarkan proses registrasi dan kemitraan yang tidak repot sama sekali hanya dalam waktu dua minggu. Itu sudah termasuk tahap penilaian dapur atau restoran, proses aktivasi, sampai akhirnya tersedia di semua platform pengiriman mamin online utama," kata Daniel Song, Chief Financial Officer dan Co-Founder Lookalkitchen.

"Kami sudah berhasil meluncurkan merek-merek makanan dan minuman online populer di Jabodetabek yang menghasilkan gerai-gerai baru dalam beberapa bulan terakhir, sehingga dapat membuka aliran pendapatan tambahan untuk mereka, sekaligus bisa menawarkan pilihan yang lebih banyak kepada pelanggan, tanpa biaya sewa dan biaya di muka lainnya," tambahnya.

Sebelum bekerja sama dengan para restoran mitra, Lookalkitchen melakukan penilaian terhadap tiga poin di bawah ini:

- Dapur yang fungsional dengan area memasak dan persiapan yang memadai, dilengkapi ruang penyimpanan dan peralatan dapur dasar.

- Protokol kebersihan yang dipatuhi oleh setiap staf saat menyiapkan makanan dan memastikan kebersihan area dapur.

- Ruang dan peralatan terpisah untuk menangani makanan halal dan non-halal.

Restoran mitra tersebut akan memulai dengan menyajikan salah satu menu dari merek makanan dan minuman online yang sudah bekerja sama dengan Lookalkitchen selama fase uji coba satu bulan, sebelum akhirnya dibuka untuk merek lainnya.

Setiap restoran mitra dapat menyajikan hingga 10 merek sekaligus. Bersama para merek makanan dan minuman tersebut, Lookalkitchen juga akan membantu melatih staf di restoran-restoran mitra terkait menu dan serangkaian prosedur standar yang harus dilakukan ketika memanaskan, mengolah, dan mengemas makanan, hingga siap untuk diambil dan dikirim.

Dari 20 merek mamin online yang sudah tersedia di Lookalkitchen, di antaranya terdapat nama-nama populer seperti 'Dapoer Bang Jali by Denny Cagur', 'Enakdibungkus', dan 'Mandu Mami', yang memiliki basis pengikut Instagram gabungan hingga 100.000 follower.

Saat ini, merek-merek makanan an minuan tersebut sangat didukung oleh transformasi dapur-dapur komersial, yang juga mencakup berbagai hotel dan dapur katering.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA