Tren E-commerce dalam Pemerataan Ekonomi Digital

IN
Oleh inilahcom
Jumat 18 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi hari ini memberikan efek yang besar dalam segi perekonomian negara, rasa khawatir pada pelaku usaha saat ini pun menjadi besar, karena penurunan omzet yang dihadapi karena banyak peraturan yang membatasi ruang gerak dan aktivitas masyarakat saat pandemi.

Di zaman yang serba daring ini seharusnya para pengusaha mulai melirik fasilitas teknologi yang ada saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat menjadi jawaban untuk setiap keresahan tentang persaingan jual beli para pengusaha tersebut.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat hingga merasuk di seluruh lapisan sosial masyarakat, bukan saja mengubah tatanan kehidupan sosial, budaya masyarakat, tetapi juga kehidupan politik. Era digital harus disikapi dengan serius, menguasai, dan mengendalikan peran teknologi dengan baik agar era digital membawa manfaat bagi kehidupan.

Sebagai contoh, pengusaha bisa memulai untuk mengiklankan produk mereka di setiap social media yang sudah marak digunakan mulai dari Youtube, Twitter, Facebook, Instagram hingga Tik-Tok bisa menjadi pilihan dalam mempromosikan usaha, belum lagi e- commerce yang sudah sering dipakai oleh pengusaha UMKM sebelum pandemi ini hadir di tengah masyarakat. Akses yang mudah dipelajari pada setiap e-commerce menjadi peluang lebar bagi pengusaha untuk tetap mendapatkan omzet meski di tengah protokol Kesehatan yang berlaku.

Perkembangan e- commerce sendiri menjadi tolok ukur bagi sebuah negara tersebut berkembang atau tidak, karena negara dapat dikatakan berkembang saat negara tesebut berkembang juga ekonomi digitalnya. E-commerce dapat membantu mengurangi pengeluaran suatu usaha dalam menyampaikan informasi bahkan sampai meminimalisir biaya untuk membuat lapak usaha itu sendiri.

Seperti contoh e-commerce pendatang baru seperti pasarro.com yang menyediakan layanan end to end bagi klien B2B mereka, mulai dari jasa pelayanan transportasi hingga pengurusan faktur pajak, selain itu fitur E-Katalog dalam pasarro.com memudahkan buyer dan seller untuk bertransaksi dan bahkan memiliki layanan perdagangan b2b melalui website pasarro.com. Selain itu fitur cuci Gudang terdapat di e-commerce pendatang baru ini, di mana para pemilik brand bisa melakukan penjualan untuk produk-produk yang sudah mendekati masa expired, slow moving atau bahkan dead stock yang semakin memudahkan penjual bertemu potential buyer mereka.

E-commerce merupakan bentuk jawaban pesatnya teknologi yang digunakan sebagai pengembangan usaha dagang atau bisnis komersial.

Maka hal tersebut sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia bahwa belanja online adalah sarana untuk mempermudah penjualan atau pembelian hanya dengan mengandalkan gadget dan tidak perlu keluar rumah untuk membeli produk yang diinginkan.

Cukup diketahui pada era pandemi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang merasakan dampak dari penurunan dari sektor perkonomiannya. Salah satu hal tersebut ialah seperti disebutkan di atas, lebih-lebih makin bertambahnya pengangguran, pengurangan karyawan, dan putusnya sekolah karena ekonomi orangtua yang tidak mencukupi. Untuk itu, perlu adanya inovasi baru untuk dapat mendongkrak maju usaha, pelaku usaha atau bisnis yang di jalankan.

Oleh karena itu, e-commerce perlu dikembangkan lagi khususnya bagi usaha kecil-kecilan yang notabene tidak memiliki gadget yang memadai; mengajarkan bagaimana cara berjualan online di marketplace; memberikan deskripsi produk serta harganya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA