Cari Asuransi Mobil Terbaik, Ikuti 5 Tips Ini

IN
Oleh inilahcom
Senin 21 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Memiliki mobil ada baiknya diikuti dengan asuransi mobil. Karena pada dasarnya kesadaran akan pentingnya memberi perlindungan pada kendaraan dan pengendara sekaligus penumpang melalui asuransi sudah sepatutnya dimiliki oleh setiap pemilik mobil.

Hal ini penting karena risiko terjadinya kecelakaan atau hal tak terduga lainnya pada kendaraan saat berlalu lintas akan terus mengintai. Jika memang musibah tersebut terjadi, biaya perawatan pada kerusakan kendaraan ataupun pengemudi dan penumpang pun bisa ditalangi oleh asuransi mobil tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan pentingnya memiliki asuransi mobil bagi pemilik kendaraan jenis tersebut.

Khususnya di Indonesia, penyedia asuransi mobil menawarkan cukup banyak pilihan yang seringkali membuat pemilik mobil kebingungan mencari layanan asuransi mobil terbaik.

Belum lagi ada beberapa jenis asuransi mobil yang masing-masing memiliki premi dan cakupan perlindungan kendaraan yang berbeda.

Nah, agar bisa mendapatkan asuransi mobil yang paling cocok dengan kebutuhan, berikut 5 tips sebelum memilihnya.

1. Tentukan Jenis Perlindungan Mobil yang Dibutuhkan

Secara umum, terdapat 2 tipe perlindungan yang bisa dipilih pada asuransi mobil yakni Total Loss Only atau TLO, dan All Risk atau Comprehensive.

Untuk jenis yang pertama, asuransi TLO menjamin perlindungan pada kendaraan saat mengalami kerusakan lebih dari 75 persen atau kehilangan total karena perampokan atau pencurian.

Di sisi lain, All Risk atau Comprehensive merupakan asuransi mobil yang memberikan perlindungan secara menyeluruh, baik itu kerusakan ringan, kerusakan berat, maupun kehilangan.

Kedua jenis asuransi mobil tersebut juga dapat diperluas cakupan perlindungannya pada kendaraan sesuai kebutuhan nasabah.

Sebagai contoh, Anda tinggal di kawasan yang rentan banjir, maka pastikan untuk menambahkan perlindungan pada risiko tersebut.

Selain itu, ada banyak perluasan perlindungan yang bisa dipilih, antara lain, perlindungan terhadap penumpang, perlindungan hukum pihak ketiga, risiko bencana alam lain, dan sebagainya.

2. Tanyakan Perhitungan Premi Asuransi

Berdasarkan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, terdapat 3 faktor yang berpengaruh pada nominal premi asuransi mobil, yaitu jenis perlindungan, usia dan tipe kendaraan, dan juga kategori wilayah atau lokasi kendaraan dikendarai.

Mobil dengan usia yang lebih tua tentu memiliki premi asuransi yang lebih mahal akibat loading fee.

Mengenai wilayah lokasi mobil digunakan, Otoritas Jasa Keuangan membagi cakupan wilayah menjadi 3 bagian, yakni Wilayah 1 untuk pulasi Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya, Wilayah 2 untuk DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, serta Wilayah 3 untuk wilayah di luar kedua kategori sebelumnya.

Setiap kategori wilayah tersebut tentu memiliki nominal premi asuransi yang berbeda.

3. Cari Tahu Reputasi dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Selain membandingkan premi dan cakupan perlindungan yang diberikan, Anda juga perlu mencari tahu bagaimana reputasi dan kredibilitas dan perusahaan asuransi mobil tersebut.

Informasi terkait reputasi tersebut bisa diketahui melalui Risk Based Capital, dana jaminan, rasio likuiditas, dan beragam faktor lainnya yang berhubungan dengan kondisi finansial perusahaan asuransi serta kualitas layanannya.

Tak kalah pentingnya, pastikan penyedia asuransi yang akan Anda gunakan telah terdaftar di AAUI atau Asosiasi Asuransi Umum Indonesia serta OJK. Dengan begitu, reputasi serta kredibilitas dari perusahaan asuransi tersebut dapat Anda jamin.

4. Ketahui Daftar Mitra Bengkel Perusahaan Asuransi

Ketika memilih produk asuransi mobil, Anda wajib mengetahui daftar bengkel yang bermitra dengan perusahaan asuransinya. Pasalnya, hanya di bengkel-bengkel inilah nasabah dapat melakukan perbaikan maupun pemeliharaan pada mobilnya.

Beberapa hal yang wajib Anda ketahui seputar bengkel rekanan asuransi mobil ini meliputi lokasi, kualitas pelayanan dan kinerjanya, serta kelengkapan juga originalitas dari suku cadang atau spare part mobil pada bengkel yang menjadi mitra tersebut.

5. Pahami Seluruh Hak dan Kewajiban Nasabah Asuransi Mobil

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan saat akan memilih asuransi mobil adalah memahami seluruh hak serta kewajiban sebagai nasabah. Pahami dengan jelas segala hal terkait proses klaim asuransi beserta syarat, juga ketentuan risiko yang merupakan bagian dari pertanggungan.

Hal ini penting untuk dilakukan karena setiap penyedia asuransi mobil mempunyai aturan dan regulasi yang berbeda.

Dapatkan Perlindungan dari Segala Risiko saat Berkendara dengan Asuransi Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki mobil dan asuransinya sudah sepatutnya menjadi suatu hal yang tak bisa dilepaskan.

Melalui asuransi, pemilik kendaraan mampu mendapatkan perlindungan dari beragam risiko ketika berkendara dan mendapatkan ganti rugi atas segala kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi di saat tak terduga.

Yang pasti, selalu pertimbangkan kelima hal di atas saat akan memilih asuransi mobil agar bisa mendapatkan layanan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA