https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 June 2021 - 21:45 wib

Tips Membuat Peredam Kabin Mobil Secara Mandiri

berita-profile

Inilah

0

0

SUARA bising yang terdengar di dalam kabin akibat getaran dari kendaraan acapkali membuat pengendara dan juga penumpang menjadi tidak nyaman.

Tapi semua itu kini bisa dicegah dengan membuat peredam yang dapat dilakukan secara mandiri.

Berikut cara membuat peredam dalam kabin dikutip dari laman resmi Auto2000:

1. Memasang Busa di Lantai Kendaraan

Lantai mobil Anda memiliki luas permukaan yang sangat luas serta paling dekat dengan roda dan axle roda kendaraan Anda. Artinya, getaran berjalan langsung menuju lantai mobil yang menciptakan banyak kebisingan di dalam mobil.

Cara terbaik untuk meminimalkan getaran yang mengalir adalah dengan meletakkan alas peredam suara atau busa pelindung. Benda ini akan menyerap getaran dari lantai dan secara signifikan mengurangi kebisingan jalan.

"Banyak orang hanya menutupi area pengemudi dan penumpang depan saja. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga harus menutupi area belakang dan bagasi mobil jika memungkinkan," tulis Auto2000 dalam laman resminya.

2. Lindungi Pintu Mobil dengan Insulasi

Banyak mobil memiliki pintu yang sangat tipis dengan sekat yang minimal, seperti hanya ada rongga kosong di dalamnya. Menginsulasi pintu akan dapat memberikan dampak yang besar pada volume kebisingan di dalam kendaraan Anda.

Pertama-tama Anda perlu melepas panel bagian dalam pintu. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari dan membuka semua sekrup di bagian dalam pintu kendaraan yang akan mengekspos bagian dalam pintu. Ukur seberapa banyak insulasi yang dibutuhkan, selanjutnya pasang insulasi pilihan Anda.

Pastikan insulasi bisa menutupi pintu sebanyak mungkin dengan berhati-hati untuk menghindari bagian yang bisa bergerak seperti mekanisme kunci dan jendela.

3. Insulasi Atap Kendaraan

Seperti halnya pintu, atap mobil memiliki sekat minimal. Dengan menerapkan insulasi, Anda dapat mengurangi banyak kebisingan pada kendaraan dan menciptakan perjalanan yang lebih tenang.

Hal ini juga bisa membantu mencegah panas masuk ke dalam mobil, sehingga membuat kendaraan lebih nyaman untuk dikendarai.

Caranya, gunakan bahan peredam suara pilihan Anda. Gunakan bahan yang memiliki penyangga yang dapat dikupas dan lengket untuk pemasangan yang paling mudah.

Lalu lepaskan headliner kain, lalu berhati-hatilah agar bahan tidak rusak karena nantinya akan dipasang kembali. Selanjutnya, ukur atap, terapkan pengukuran pada bahan peredam suara, dan potong sesuai ukuran, lalu pasang.

4. Mengganti Ban

Percaya atau tidak, ban yang sedang digunakan mungkin menyebabkan kebisingan pada mobil Anda. Ban berdampak besar pada kebisingan di jalan raya.

Hal ini karena ban menjadi satu-satunya bagian dari mobil Anda yang menyentuh tanah. Jadi getaran dari jalan serta ban itu sendiri akan bisa menembus masuk ke mobil Anda.

Oleh karena itu, mengganti ban secara efektif dapat membuat kegiatan berkendara Anda jadi lebih nyaman. Gunakan ban dengan ukuran yang sesuai dengan mobil.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Lagi Bertengkar Dengan Pasangan, Intip Cara Menjinakkan Hatinya

Lagi bertengkar dengan pasangan, bingung cara memulai obrolan atau gengsi kalau minta maaf duluan
berita-headline

Hangout

Lakukan Hal Ini Saat Harus Mengemudi Jarak Jauh

Kegiatan mengemudi atau berkendara sangat membutuhkan fokus juga kesiapan fisik dan mental yang b
berita-headline

Inersia

Bingung Temukan Bakat Anak? Ini Tipsnya

Johann Wolfgang von Goethe seorang penulis dan penyair dari Jerman
berita-headline

Inersia

Inilah Lima Tips Hadapi Ujian Penilaian Tengah Semester

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) pada anak sekolah sudah dimulai. Sebagai salah satu u
berita-headline

Inersia

Kiat Jitu Ketika jadi Sandwich Generation

Pandemi membuat semuanya cepat berubah. Banyak anak-anak yang ditinggalkan orangtuanya karena ter