Strategi XL Axiata untuk Gelar 5G di Indonesia

IN
Oleh inilahcom
Selasa 29 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Selain Telkomsel dan Indosat Ooredoo, ada lagi XL Axiata yang berancang-ancang menggelar layanan 5G di Indonesia. Mereka mengaku siap melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada bulan Juli.

Hal tersebut diungkapkan oleh Head Strategic Operation and Automation XL Axiata Ahmad Hamzah, di tahun 2020, XL Axiata telah melakukan testing roll-out jaringan 5G.

"Tahun ini kami sudah siap-siap untuk ULO, persiapan pada 25 Juni," kata Ahmad, saat menjawab pertanyaan INILAHCOM dalam acara konferensi pers peluncuran Paket Suka-Suka untuk Pelanggan Axis, Senin kemarin (28/6/2021).

lebih lanjut Ahmad mengatakan, XL Axiata mempersiapkan 5G di jaringannya dengan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Teknologi ini memungkinkan operator untuk menguji coba jaringan 5G menggunakan spektrum eksisting yang saat ini dipakai menggelar layanannya.

Berdasarkan uji coba internal, kecepatan jaringan 5G XL Axiata mencapai 180-200 Mbps dengan latensi 10-11 milidetik.

"Yang diperlukan dari 5G sebenarnya adalah use case-nya. Kalau memang dibutuhkan milisekon yang bagus (latensi rendah), (use case) gaming, telemedicine, pembelajaran jarak jauh bisa menggunakan 5G," kata Ahmad.

Meski begitu, untuk menggulirkan layanan 5G di Indonesia secara komersil, XL Axiata masih akan mengajukan ULO, sesuai dengan prosedur.

Bila SKLO 5G sudah dikantongi XL Axiata, maka operator seluler yang menyediakan layanan 5G secara komersial makin bertambah. Sebelumnya, Telkomsel sudah lebih meluncurkannya pada 27 Mei dan Indosat pada 22 Juni.

Sebagai tambahan informasi, XL Axiata bakal menggelar jaringannya di spektrum frekuensi 900MHz dengan lebar pita 7,5MHz, 2.1GHz dengan lebar 22,5MHz, dan 1.8GHz dengan lebar 15MHz.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA