HP Indigo Kembali Hadirkan Beragam Inovasi Baru

IN
Oleh inilahcom
Rabu 30 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - HP Inc kembali mengumumkan hadirnya beragam inovasi baru dari mesin cetak digital HP Indigo yang mendukung momentum, pertumbuhan, dan transformasi digital.

Penyedia layanan pencetakan di seluruh dunia terus menggunakan mesin cetak digital HP Indigo. Hingga saat ini, berdasarkan portofolio teknologi baru yang diumumkan pada Maret 2020 silam, terdapat lebih dari 125 mesin cetak HP Indigo baru telah terpasang.

"Terlepas dari tantangan yang muncul selama satu tahun terakhir, para pengguna HP Indigo terus memimpin transformasi dalam industri seni grafis. Divisi Riset dan Pengembangan kami terus memenuhi janji kami untuk menghasilkan beragam produk, solusi, dan kapabilitas baru untuk mendukung pertumbuhan pelanggan kami," kata Haim Levit, Vice President and General Manager HP Indigo.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam pidato di acara Dscoop Fusion 2021, sebuah pertemuan global para penyedia layanan cetak pengguna produk HP Graphic Arts dan para mitra solusi, yang memiliki dari lebih dari 8.000 anggota.

Transformasi dalam Pencetakan Komersial

Sejak diperkenalkan tahun lalu, portofolio komersial baru dari HP Indigo mencatatkan momentum mengesankan di seluruh dunia, termasuk dengan adanya pesanan investasi jangka panjang oleh Cimpress dan Shutterfly.

Portofolio ini mendukung perusahaan cetak untuk terus memperluas transformasi digital mereka di pasaran. HP Indigo 100K Digital Press, yang merupakan mesin cetak B2 digital paling produktif di pasaran, memimpin tren ini dengan lebih dari 30 unit terpasang.

Pencapaian tersebut memungkinkan perusahaan untuk mentransformasi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di mesin offset ke digital.

Untuk mendorong ekspansi digital perusahaan cetak lebih jauh, HP Indigo mengumumkan serangkaian fitur baru yang akan memperluas kapabilitas portofolionya:

- Automatic Alert Agent 2.0 (AAA 2.0) baru untuk mesin cetak HP Indigo Series 4 (HP Indigo 12000 dan 15K). Sistem pemeriksaan inline ini memindai setiap lembar yang dicetak dan membandingkannya dengan referensi digitalnya.

Secara otomatis, fitur tersebut akan mengidentifikasi cacat cetak yang terjadi selama pencetakan. AAA 2.0 juga akan secara otomatis mengalihkan lembaran yang rusak ke memo dan mencetaknya kembali.

Semua proses tersebut dilakukan dalam real time, tanpa campur tangan manusia, dan tanpa gangguan pada proses produksi.

Sistem ini memanfaatkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) yang canggih, dengan meningkatkan akurasi dan kecepatan untuk memberikan produktivitas dan profitabilitas bagi penyedia layanan percetakan.

- Kemampuan pencetakan HD yang lebih baik menggunakan Fine Line RIP terbaru. Infrastruktur RIP dan komputasi mesin cetak terbaru ini menghadirkan kemampuan unggul untuk pencetakan teks yang padat namun kecil, dan juga garis-garis tipis, sehingga mampu menghasilkan karakter Kanji yang paling tajam sekalipun dan pola keamanan kompleks.

- Ragam kapabilitas baru pada HP Indigo 100K, termasuk Automatic Pallet Replacement (APR) yang memungkinkan dilakukannya pencetakan secara terus menerus dan penumpukan tanpa henti.

Kemampuan itu memungkinkan penyedia jasa layanan percetakan mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi untuk platform

- Peluncuran HP Indigo 6P Digital Press baru, sebuah mesin cetak narrow-web yang didedikasikan untuk keperluan foto dan penerbitan.

Mesin cetak ini memperluas kemampuan Indigo 6800p dengan serangkaian inovasi yang difokuskan untuk produktivitas dan keserbagunaan, termasuk area gambar hingga 320x980mm dan RIP yang lebih cepat.

- Mesin Cetak Digital HP Indigo Certified Pre-Owned yang menawarkan peluang baru untuk memperoleh mesin cetak HP Indigo, termasuk mesin cetak dengan format B2, dengan penghematan belanja modal yang signifikan.

- Value packs dan berbagai pilihan tersedia untuk pelanggan komersial HP Indigo, termasuk paket HP Indigo 15K untuk mesin cetak HP Indigo 12000 yang memperluas kemampuan aplikasi tingkat tinggi.

Selain itu, tersedia pula pilihan untuk meningkatkan kemampuan mesin cetak komersial Series 3, termasuk ketersediaan color station ke-5 untuk HP Indigo 7eco Digital Press.

Pertumbuhan Pesat dalam Label dan Pengemasan Hasil HP Indigo

Bisnis konverter label dan kemasan yang menggunakan mesin cetak digital HP Indigo terus berkembang lebih pesat di pasaran.

Perkembangan tersebut didorong oleh beragam tren, seperti semakin banyaknya SKU dan kemampuan dalam mengoptimalkan rantai pasokan dengan pencetakan sesuai dengan permintaan dan turnaround yang cepat.

Produksi HP Indigo di seluruh dunia, terutama dalam kemasan fleksibel, telah mencatatkan pertumbuhan pesat lebih dari 50 peren pada satu tahun terakhir, di mana para pelanggan Folding Carton dan label turut menikmati pertumbuhan yang kuat sebesar dua digit.

Untuk mendukung momentum pertumbuhan tersebut, HP Indigo pun mengumumkan adanya ketersediaan penambahan produk dan kapabilitas dalam portofolio 2020-nya untuk produksi label dan kemasan.

Ragam paket dan pilihan juga tersedia untuk pengguna HP Indigo seri 20000, 30000, dan 6000.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk melindungi investasi dan menikmati kapabilitas baru pada mesin cetak mereka.

Ketersediaan Komersial dari HP Indigo 35K untuk Folding Carton

HP Indigo 35K Digital Press, mesin cetak andalan terbaru untuk produksi karton lipat bernilai tinggi ini kini telah tersedia di pasaran dan mengukuhkan portofolio HP bersama HP Indigo 30000 yang kapabilitas dan kualitasnya telah terbukti.

Mesin cetak baru ini juga menghadirkan warna premium dan kualitas cetak dengan produktivitas lebih tinggi sebesar 40 persen secara keseluruhan, berkat proses pergantian pekerjaan yang lebih cepat, akurasi warna dengan Spot Master, dan jalur kertas yang lebih kuat dari pengisi ke pelapis.

Fitur-fitur tambahan tersebut meliputi:

- Pencetakan pada substrat yang lebih tipis dari 150 mikron di beragam medium, seperti kotak yang kaku

- Pencetakan HD baru dengan 1600 dpi untuk kualitas cetak yang ditingkatkan

- HP Indigo ElectroInk Premium White baru untuk opasitas yang lebih tinggi

- ElectroInk Invisible Yellow baru sebagai solusi track-and-trace dan elemen keamanan untuk penerapan perlindungan multi-layered brand dengan solusi one press, in one pass

- Lapisan Tresu iCoat baru yang terintegrasi untuk produksi inline pada HP Indigo 35K.

Perusahaan Kanada Great Little Box Company (GLBC) telah memasang unit pertama HP Indigo 35K Digital Press di pabriknya dekat Vancouver.

"Kami terus berinvestasi dalam teknologi terbaru untuk menghadirkan layanan terbaru dan terbaik bagi pelanggan. Solusi Indigo ini akan memberikan fleksibilitas produksi dengan kualitas pencocokan offset ditambah lagi dengan bukti-bukti pencetakan digital untuk mengonfirmasi kualitas hasil cetak dengan pelanggan," kata Brad Tindall, GLBC President Director.

Peluncuran Spot Master untuk HP Indigo 25K dan HP Indigo 35K

Untuk mendukung produktivitas kemasan yang dicetak secara digital, HP mengumumkan peluncuran terobosan teknologi otomasi warna Spot Master HP Indigo, yang dikenal sebagai mesin pewarna tercepat di industri.

Spot Master menggunakan algoritma baru yang dipatenkan untuk pencocokan warna secara cepat dan akurat.

Algoritma tersebut memungkinkan konverter menemukan warna hanya dalam waktu 5 menit, dengan akurasi kurang dari 2 delta E dan pemborosan kurang dari 3 meter.

Dengan begitu, Spot Master memberikan warna secara konsisten dan seragam di seluruh bingkai cetakan, sehingga setiap label atau paket akan terlihat sama walaupun pencetakan dilakukan pada waktu atau tempat yang berbeda.

Spot Master telah hadir di HP Indigo 25K dan 35K, dan akan tersedia untuk HP Indigo 6K pada akhir tahun ini.

Menciptakan Pabrik Label Digital Masa Depan

Dalam setahun terakhir, pelanggan label semakin banyak mencetak cetakan yang lebih panjang dan label multi-SKU serta shrink sleeves jobs pada mesin cetak HP Indigo. Hal ini terlihat dalam volume cetak Indigo 8000 yang tumbuh lebih dari 30 persen.

Untuk mendukung transformasi label converter dari pola pikir 'analog first' dengan beban pengiriman yang lambat, biaya tenaga kerja yang tinggi, serta limbah, perkakas, dan pencampuran tinta yang lebih tinggi ke pola pikir digital 'Indigo first',

HP Indigo terus meningkatkan pengembangan HP Indigo V12 Digital Press yang akan dirilis. HP Indigo V12 Digital Press, mesin cetak label narrow-web, adalah mesin cetak HP Indigo pertama yang dibuat dengan rancangan HP Indigo LEPX generasi terbaru.

Mesin tersebut menghadirkan kualitas dan kemampuan Indigo yang serbabisa, dengan kecepatannya yang jauh lebih tinggi, mendukung kebutuhan pengiriman yang lebih cepat, meningkatkan SKU untuk tiap pekerjaan, serta mengurangi limbah dan kebutuhan tenaga kerja.

HP Indigo Secure Buka Peluang Baru untuk Security Printing Secara Digital

HP juga mengumumkan peluncuran HP Indigo Secure, sebuah rangkaian solusi keamanan dan perlindungan merek yang belum pernah ada sebelumnya.

Fitur tersebut dihadirkan untuk membantu percetakan security dan para penyedia layanan cetak untuk melindungi pelanggan mereka dari pemalsuan dan ancaman lainnya.

HP Indigo Secure adalah serangkaian solusi yang mencakupi perangkat keras, perangkat lunak, media, dan tinta untuk keamanan pencetakan dan perlindungan merek, berdasarkan teknologi HP Indigo LEP yang dipatenkan dan solusi mitra terkemuka di industri.

HP Indigo 6K Secure Press adalah secure printer digital pertama HP Indigo yang dirancang khusus untuk pasar security printing. Mesin cetak tersebut juga hadir sebagai solusi security printing yang ketat, dan memiliki beberapa lapisan keamanan yang bekerja sama dengan Jura JSP.

HP Indigo 6K Secure Press tersedia untuk percetakan security bersertifikat.

Ragam Aplikasi Baru dari HP PrintOS untuk Peningkatan Efisiensi Produksi

HP PrintOS membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari mesin cetak mereka dengan menyederhanakan dan mengotomatisasi produksi, serta dengan terus berinovasi dan berkembang.

Setiap harinya, terdapat lebih dari 4.500 pengguna menggunakan aplikasi PrintOS berbasis cloud untuk menangani setiap aspek produksi mereka, di mana pun dan kapan pun.

Sepanjang tahun 2020, penggunaan PrintOS meningkat secara signifikan, dengan peningkatan sebesar 25 persen dalam pemantauan produksi, pertumbuhan VDP yang dibuat di cloud sebesar 32 persen, dan pertumbuhan pesanan yang dikelola oleh PrintOS Site Flow sebesar 230 persen.

HP juga mengumumkan beberapa solusi baru untuk semakin meningkatkan efisiensi produksi:

- PrintOS Learn memberikan pengalaman pembelajaran hybrid yang menggabungkan kursus virtual secara on-demand dan langsung, pelatihan tatap muka, dan teknologi terbaik di setiap kelasnya dengan modul pelatihan interaktif.

PrintOS Learn menawarkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan berkelanjutan, yang disesuaikan dengan peralatan HP Indigo dan profil pengguna.

- PrintOS Supplies Inventory memungkinkan para pengguna mempertahankan keoptimalan HP Supplies yang dimiliki. Peringatan akan dikirim ke pelanggan ketika daya dari HP Supplies yang dimiliki dirasa hampir habis.

Peringatan tersebut didasarkan pada riwayat tingkat penggunaan tiap alat. Pelanggan dapat memesan dan melacak HP Supplies secara tepat waktu sehingga dapat menghindari masalah atau kerusakan karena persediaan hilang atau kelebihan pasokan yang memerlukan penyimpanan.

- Integrasi yang ditingkatkan antara PrintOS Production Pro DFE untuk Commercial Print dan Heidelberg Prinect, yang mengotomatisasi proses produksi dan menghindari adanya kesalahan oleh manusia.

Integrasi tersebut adalah contoh lain dari bagaimana pelanggan dapat memanfaatkan keterbukaan PrintOS untuk menerapkan prinsip-prinsip Industri 4.0 serta meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas.

- PrintOS Production Pro DFE for L&P, sebuah platform baru yang bertenaga, telah tersedia untuk HP Indigo 6000 Series, 6K, 8000, dan 8K. Platform IN170 baru mampu melakukan pekerjaan VDP yang kompleks dua kali lebih cepat dibandingkan dengan DFE standar, sehingga mampu mempersingkat waktu produksi secara signifikan.

- Menyusul keberhasilan PrintOS Color Beat dengan mesin cetak digital HP Indigo 12000, 15K, dan 100K, aplikasi tersebut juga telah tersedia untuk HP Indigo 25K, sehingga memungkinkan pelanggan memvalidasi mesin cetak tersebut memenuhi standar warna tertinggi secara otomatis, serta mendukung sertifikasi otomatis standar Idealliance G7.

- HP SmartStream Designer untuk Adobe CC2021. Beberapa fitur baru yang tersedia adalah HP Frames yang dapat mengubah bingkai video menjadi gambar VDP.

Selain itu, terdapat pula peningkatan baru untuk HP Mosaic dan HP Collage, serta editor Barcode Studio yang terintegrasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA