https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 July 2021 - 09:30 wib

6 Tips Membeli Motor Trail Sesuai Budget

berita-profile

Inilah

0

0

Hobi yang memacu adrenalin sepertinya banyak digandrungi di Indonesia. Salah satunya adalah mengendarai motor trail untuk medan menantang.

Motor trail tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda dengan motor biasa. Hal ini karena motor trail dibuat untuk menaklukan jalanan yang menantang atau offroad. Hal ini pula yang membuat motor ini memiliki harga berbeda jika dibandingkan motor biasa.

Nah, untuk Anda yang ingin membeli motor trail dengan anggaran terbatas, simak ulasan yang kami sajikan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Membeli Motor Trail

Hal ini yang harus Anda lakukan saat hendak membeli motor trail. Apa tujuannya? Tujuan kegunaan dari memiliki motor trail ini yang akan menentukan model apa yang ingin dibeli.

Kalau nantinya motor digunakan untuk touring atau penggunaan di medan biasa, maka Anda bisa membeli motor trail dengan bobot yang lebih berat. Hal ini karena Anda tidak membutuhkan manuver layaknya pemakaian offroad.

Kemudian kalau nantinya penggunaan motor untuk medan offroad atau ekstrim, maka belilah yang bobotnya lebih ringan. Dengan bobot motor yang ringan, tenaga Anda tidak akan terkuras untuk mengendalikan motor.

Terakhir, jika Anda membutuhkan motor untuk kompetisi, atau untuk di medan yang membutuhkan tenaga lebih, maka pilih motor dengan spesifikasi untuk kompetisi. Ada beberapa jenis yang memang bisa diandalkan dalam hal power, hanya saja versi upgradenya masih build up. Sehingga motor trail untuk tujuan ini harganya sangat mahal.

2. Tentukan Budget

Selanjutnya, tentukan budget untuk motor yang diinginkan. Kalau kebutuhan Anda untuk pemakaian offroad, maka jangan asal membeli karena harga murah. Sebaiknya Anda membuat budget atau tabungan khusus untuk bisa membeli motor yang sesuai.

Kalau budget di bawah Rp 40 juta, Anda bisa melirik seri Kawasaki KLX. Adapun seri Kawasaki KLX ini adalah Kawasaki KLX 150, KLX 150L, KLX 150L SE, KLX 150BF, KLX 150BF SE, dan KLX 150 SE. Kisaran harga untuk seri ini adalah antara Rp 30 juta sampai Rp 35 juta.

Setiap seri memiliki spesifikasi yang berbeda. Oleh karenanya penting untuk mempelajari spesifikasi motor sebelum membelinya.

Di sisi lain, merek ini memang direkomendasikan karena kualitasnya, serta ketersediaan spare part yang mudah di Indonesia. Anda bisa cek di Blibli untuk listing penjual motor dan spare partnya.

3. Membeli dari Toko Terpercaya

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus membeli motor trail dari toko atau dealer yang terpercaya. Selain untuk menjaga keaslian barang yang dibeli, juga karena alasan keselamatan.

Anda pasti tidak mau kalau momen petualangan offroad rusak karena adanya kecelakaan. Ingat, kualitas motor yang baik artinya keamanan pengendara yang makin terjamin.

Saat ini Anda bisa cek jual beli motor trail secara online. Di situs Blibli misalnya. Anda bisa menemukan motor trail yang diinginkan. Anda bisa ketik di kolom pencarian, merek apa yang diinginkan. Tata cara pembelian dan spesifikasinya pun tertera jelas.

Jika Anda mendapatkan penjual motor secara online, pastikan untuk menghubungi terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda memang bertransaksi dengan penjual yang terpercaya.  

Kemudian, jangan lupa juga untuk menanyakan opsi cicilan. Mencicil bisa menjadi pilihan murah untuk mendapatkan motor trail impian.

4. Beli yang Bekas

Membeli motor trail bekas bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan harga murah. Anda bisa melakukan cek secara teliti sebelum setuju untuk membeli. Jangan sampai motor yang Anda beli tidak bisa dipakai dengan optimal.

Lakukan pengecekan seperti mengecek suspensi kaki-kaki. Caranya dengan menaiki motor, lalu coba lakukan manuver belok. Di  sini Anda bisa merasakan apakah bagian suspensi kaki-kaki motor rusak atau tidak.

Kemudian, pastikan tidak ada kebocoran oli pada motor. Cek juga fisik motor secara keseluruhan untuk memastikan motor masih dalam keadaan baik.

5. Cicilan
Membayar tunai saat membeli bisa jadi memberatkan. Oleh Karena itu, memanfaatkan fasilitas cicilan bisa menjadi cara mendapatkan motor trail yang ramah kantong.

Tanyakan pilihan cicilan pada dealer atau penjual sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan juga besaran cicilan tidak lebih dari 30% dari jumlah penghasilan bulanan Anda. Ingat, motor trail bukanlah kebutuhan primer, jadi pastikan Anda merencanakan pembeliannya dengan baik.

6. Ketersediaan Dealer

Selain harga beli yang harus dipertimbangkan, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjang. Sebaiknya Anda membeli motor trail dengan dealer resmi atau spare part tersedia di kota Anda.

Jangan sampai motor yang Anda beli hanya murah di depan, tapi mahal di perawatan. Dengan membeli motor trail yang dealer atau spare part aslinya ada di sekitar, Anda bisa menghemat banyak. Pertama, Anda menghemat uang karena tidak perlu membayar biaya pengiriman. Kedua, Anda menghemat waktu karena perbaikan atau perawatan bisa segera dikerjakan tanpa menunggu kiriman spare part.

Itulah tadi tips yang bisa diperhatikan jika Anda tertarik membeli motor trail. Jangan lupa juga untuk merencanakan membeli perlengkapan lainnya seperti helm, pelindung lutut, sarung tangan, dan baju suit yang melindungi Anda saat melakukan petualangan offroad. Semoga bermanfaat!

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan