https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 July 2021 - 11:11 wib

Review ASUS ROG Phone 5: Ponsel Gaming Paripurna

berita-profile

Inilah

0

0

HAUS akan performa. Hal ini lah yang kerap menjadi pendekatan para gamer dalam mencari perangkat yang dipilihnya sebagai ‘senjata’ dalam bermain gim. Semakin kencang, semakin nyaman, semakin senang berlama-lama gamer dalam mengejar keasyikan dunia gim.

ROG Phone 5 pun diperkirakan masih menjadi yang terkencang dalam hal tersebut. Perangkat ini sendiri menjadi satu-satunya ponsel yang ASUS baru hadirkan ke Indonesia di tahun ini. ROG Phone 5 menjadi amunisi yang sempurna untuk menggempur pasar ponsel Indonesia. Sebab ponsel ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap.

Layarnya menawarkan refresh rate tinggi, dapur pacu pun sangat gahar, baterainya pun berukuran jumbo, kombinasi itu pasti akan memuaskan gamer. Tapi ponsel ini tidak sekadar jempolan untuk urusan ngegame saja, setidaknya itu yang INILAHCOM rasakan ketika menggunakan ponsel ini beberapa pekan terakhir.

Berikut review singkatnya:

Desain

ASUS ROG Phone 5 memiliki desain yang sangat mirip dengan pendahulunya, ROG 3: persegi panjang hitam (atau putih, jika Anda mendapatkan versi Ultimate) dengan tombol dan port di tempat yang sama. Ada beberapa peningkatan, tentu saja – misalnya, ikon ROG dengan pencahayaan RGB pada penutup belakang kini difilter melalui blok yang membuatnya terlihat 8-bit – tetapi sebagian besar kurang terlihat.

IMG20210701090012

Ada rocker tombol volume di atas tombol daya di sisi kanan, dengan tombol sentuh kapasitif di tepi atas dan bawah ekstrem di sisi kanan yang berfungsi sebagai tombol bahu. Di sisi kiri adalah port USB-C yang sudah ada di seri ROG sejak awal, tetapi kali ini, alih-alih port kabel lain, ada strip kapasitif untuk terhubung ke aksesori. Dan karena itu lebih dangkal daripada port, itu membuat sumbat karet (untuk mencegah debu dan pasir) lebih mudah keluar.

IMG20210701090307
 

Build quality-nya menurut kami sangatlah kokoh, meski terbilang cukup berat dengan 238gr, saya tidak menghiraukan hal tersebut. Karena ponsel ini lebih cocok untuk dijadikan ponsel gaming, bukan daily-driver.

Untuk dijadikan daily-driver pun sebenarnya tidak masalah, itu semua kembali lagi ke pengguna. Apakah kalian sanggup mengantongi smartphone ini di dalam saku?.

Dari peningkatan kualitas hidup ROG 5 yang kecil namun nyata: layar 6,78 inci sedikit lebih besar dari ROG 3 berkat bezel atas dan bawah yang lebih kecil, tombol bahu yang lebih responsif daripada di ROG 3, dan tentu saja, jack headphone 3.5mm. Jangan berharap bahan yang lebih baik, meskipun: penutup belakang masih plastik, dengan sedikit nuansa lebih murah daripada kaca yang kami pegang melawan ASUS jika ini bukan tren yang berkembang di ponsel andalan untuk lebih memangkas biaya.

Sebelum melangkah ke ulasan selanjutnya bisa disimak video unboxing dan pengujian gaming di bawah ini:




Layar

ASUS ROG 5 memiliki layar AMOLED Full HD Plus (2440 x 1080) 6,78 inci dengan sertifikasi HDR10+ – mampu menampilkan visual yang tajam dan warna yang cerah. Kamera menghadap ke depan terletak di bar hitam tipis, langkah berkelas untuk menghindari poni atau notch.

IMG20210701090122

Gambarnya tajam, dan satu-satunya nitpick yang bisa kami bawa adalah gambar kehilangan kejelasan dalam bayangan yang dalam atau tambalan yang sangat gelap. Secara alami, layar Full HD Plus ROG 5 tidak menghasilkan gambar setajam ponsel dengan layar yang memiliki resolusi lebih tinggi – seperti, katakanlah, layar WQHD Plus (3200 x 1440) pada Samsung Galaxy S20 Plus. Secara keseluruhan, tampilan ROG 5 sama bagusnya dengan hampir semua smartphone unggulan lainnya pada kelasnya.

Manfaat nyata bagi para gamer, tentu saja, adalah kecepatan refresh 144Hz, yang membuat penjelajahan internet menjadi pengalaman yang lebih lancar daripada tampilan 60Hz pada umumnya, belum lagi gameplay yang jauh lebih mulus saat bermain game yang mendukung kecepatan frame per detik yang lebih tinggi.

Layar memiliki tingkat sampling sentuh 300Hz, merespons penekanan jari jauh lebih cepat daripada kebanyakan ponsel – sampel layar Samsung Galaxy S21 pada 240Hz, misalnya.

Kamera

Di sisi lain, dengan memilih performa yang ditawarkan ponsel gaming ROG Phone 5, pengguna harus sedikit merelakan sejumlah fitur yang biasa didapatkan pada ponsel flagship.

ASUS ROG Phone 5 hanya mengemas serangkaian kamera sederhana untuk kisaran harganya, terutama kehilangan lensa telefoto untuk fotografi zoom. Meskipun lensa utama megapikselnya yang tinggi berhasil mengambil gambar yang cukup tajam untuk melakukan crop-zoom, ini bukan pengganti untuk jenis pembesaran yang dimiliki Samsung Galaxy S20 dan S21 yang mengemas Space Zoom.

IMG20210701090027

Namun, ASUS ROG 5 memiliki fotografi kasual yang ditutupi dengan tiga kamera belakang: lensa utama 64MP, kamera ultra lebar bidang pandang 13MP 125 derajat, dan lensa makro 5MP. Ada kamera depan 24MP yang berfungsi dengan baik.

ROG 5 mengambil foto yang layak di siang hari, menangkap rentang warna yang jelas dan tingkat kejelasan yang layak, meskipun dengan mudah dikalahkan oleh ponsel papan atas seperti iPhone 12 Pro dan Samsung Galaxy S20 Plus (ponsel yang kami uji coba). Dan sementara ponsel Samsung menang secara keseluruhan dalam fotografi jarak jauh berkat Space Zoom-nya, ASUS ROG 5 benar-benar mengungguli iPhone 12 Pro pada zoom maksimum (8x) dalam kondisi siang hari, menghasilkan gambar dengan lebih sedikit blur dan keseimbangan yang lebih nyata. dari cahaya dan bayangan.

ASUS ROG 5 mampu menghasilkan efek kedalaman bidang yang baik, menghasilkan keburaman latar belakang yang layak, meskipun mode potretnya tidak cukup pada level flagships papan atas. Performa cahaya rendah cukup baik, meskipun lebih baik dengan cahaya sekitar, dan Anda mungkin harus bergulat dengan kamera untuk beralih fokus (seperti jika Anda mencoba mengamankan kedalaman bidang.

ROG 5 dapat merekam video hingga 8K pada 30fps, video 4K pada 60fps (atau 30fps dengan kamera ultra lebar), video gerakan lambat dalam 4K pada 120fps, dan mengambil foto saat merekam video.

Berikut hasil jepretan dari ROG Phone 5:

P-20210621-181657

P-20210623-080552

P-20210623-073243

P-20210621-120113

P-20210623-080814

Bokeh

P-20210623-071934

P-20210621-080013

Lensa lebar

P-20210622-112651

Malam Hari

P-20210611-184937

Kamera depan

P-20210622-172646


Performa

ASUS membekali ROG Phone 5 dengan spesifikasi mumpuni. Memadukan chipset Snapdragon 888 yang merupakan terkencang saat ini dengan RAM LPDDR5 8 GB.

Tidak mengherankan kalau game berat pun mampu dilibasnya. Kami sempat memainkan game Among US, PUBG Mobile,AOV, Fire Fire dan Geshin Impact, semua lancar tanpa hambatan berarti.

IMG-20210705-10511487

Bahkan kami memainkan Geshin Impact dengan settingan rata kanan dan 60fps, ROG Phone 5 mampu melahapnya tanpa kendala. Namun bagian belakangnya terasa sangat panas, sempat menyentuh 45 derajat.

Sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber sepertinya belum begitu ampuh untuk game yang super berat seperti Genshin Impact. Sangat disarankan untuk memasang aksesori pendingin Aeroactive Cooler yang memang telah dijual ASUS.

Kami sempat melakukan pengujian dengan sejumlah aplikasi benchmark. Hasil yang ditorehkan ponsel ini cukup tinggi. Berikut sejumlah hasilnya:

- Antutu 812448

- Geekbench Single Core 972

- Geekbench Multi Core 3732

- PCMark Work 2.0 16399

Mode Gaming

Tak lupa tetap ada mode X di ROG Phone 5 yakni profil khusus pada perangkat yang meningkatkan kinerja dan mempertahankan kecepatan clock tinggi untuk pengalaman bermain game terbaik. Kalian dapat mengubah pengaturan Mode X yang tepat di aplikasi Asus Game Genie, di mana kalian juga dapat mengubah lampu latar RGB dari logo ROG di bagian belakang perangkat, mengubah pengaturan kecepatan kipas, dan bahkan menyesuaikan preferensi Pemicu Udara.

ASUS memberikan tingkat kontrol yang “gila” atas setiap aspek perangkat, bahkan memungkinkan kalian untuk mengubah kecepatan clock setiap core. Kalian dapat menganggap ini seperti konsol BIOS pada PC, memberikan kendali mendalam atas pengaturan.

Kebanyakan orang akan baik-baik saja menggunakan profil bawaan yang telah ditetapkan Asus untuk kinerja game. Bagi mereka yang suka mengutak-atik hal-hal, sungguh luar biasa betapa banyak kontrol yang ditawarkan ASUS.


Baterai

ASUS turut membekali ROG Phone 5 dengan baterai berkapasitas besar, yakni 6.000 mAh. Untuk menggunaan standar saja, ponsel ini bisa bertahan belasan jam.

Tapi begitu untuk bermain game secara intensif, baterai jadi mudah terkuras. Ditambah lagi jika layar di-setting 144 Hz dan mengaktifkan Always-on, ROG Phone 5 bertahan kisaran 7-12 jam saja. Ini seperti hasil benchmark menggunakan PCMark.

Untungnya ASUS membekali teknologi pengisian cepat 65W. Baterai 10- terisi 80% dalam waktu sekitar 30 menit dan terisi penuh sekitar sejam.


Kesimpulan

Tidak bisa dihindari dengan pandemi berkepanjangan saat ini, hubungan manusia dengan gawai menjadi kian erat. Aktivitas bermain dan bekerja pun harus dilakukan dilakukan di perangkat yang sama dalam urusan mobile. Dalam situasi ini, kombinasi  fitur gaming yang sekaligus bisa menunjang produktivitas menjadi sesuatu yang ideal!.

ASUS ROG Phone 5 yang dibandrol mulai Rp10 Juta ini menawarkan kenyamanan tanpa kompromi saat bermain gim; memiliki performa tingkat tinggi dan memiliki beragam aksesoris. Namun, artinya, ada kompromi untuk situasi penggunaan lain di luar gaming.

Semua pilihan kembali kepada Anda.

[inu]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Jurus Sehat Rasulullah, Mewariskan Kebiasaan Baik

Perubahan sehatnya seseorang bermula dari kesehatan qalbunya. 
berita-headline

Inersia

Deretan Laptop Chromebook ASUS untuk Sekolah

ASUS baru saja memperkenalkan laptop Chromebook Flip C214. Menurut ASUS, laptop ini dirancang khu
berita-headline

Viral

MK Tolak Uji Materi UU KPK, TWK Dinyatakan Sah

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi u